Select Page

Baiklah teman teman, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu saya tentang bagaimana Cara Membuat Serundeng Kelapa, yang mana memang cukup sulit namun akan mudah jika anda baca artikel Cara Membuat Serundeng Kelapa saya dibawah ini.

Serundeng bersifat kering, agak renyah, tahan lama, dan berwarna kuning kecoklatan. Dibalik proses pembuatannya memerlukan pemantauan panas terus-menerus hingga proses pembuatan selesai.

Cara Membuat Serundeng Kelapa

langkah dan cara membuat serundeng kelapa

Oke, untuk Cara Membuat Serundeng Kelapa memang terbilang cukup lama, mungkin untuk persiapan 35 menit, masak 25 menit dan menyajikan 15menit.

Saya sarankan jika ingin menyajikan serundeng, setidaknya siapkan waktu kurang lebih 1 jam, karena jika tidak sesuai dengan jam masak maka Cara Membuat Serundeng Kelapa tidak akan berhasil.

Saya akan menunjukkan kepada Anda penggunaan bumbu favorit saya untuk Cara Membuat Serundeng Kelapa, dan satu hidangan yang dijamin akan membatalkan diet apa pun yang saya coba lakukan, bahkan lebih daripada cheesecake atau apa pun yang dilapisi cokelat.

Untuk membuatnya lebih mudah diatur dan sedikit memperpanjang umur simpannya, kelapa dipanggang terlebih dahulu untuk mengeringkan sebagian kelembapannya sehingga tidak terlalu gumpal dan lebih mudah bercampur dengan bumbu goreng.

Semakin lama Anda menggoreng serundeng, semakin kering dan semakin lama. Untuk mengeringkannya, aduk terus-menerus di atas api kecil sampai bakar dan hancur.

Ada satu ‘rahasia’ untuk Cara Membuat Serundeng Kelapa yang baik, itu menggunakan kelapa parut segar, berkulit, tidak diperas, masih jenuh dengan semua jus dan susu alami.

Kelapa yang dikeringkan, meski lebih mudah ditangani dan lebih cepat dimasak, akan menghasilkan versi yang jelas lebih rendah, jika Anda sudah mencoba yang dibuat dengan kelapa segar.

Ada jenis kelapa parut untuk memasak dan beberapa untuk taburan makanan (non-memasak). Untuk serundeng, pilih kelapa parut, yang sudah tua atau agak tua.

Kelapa tua mempunyai batok kelapa yang keras dan berat. Jika terguncang, tidak ada suara air dari kelapa. Sekarang agar rasa serundeng lebih stabil, beli kelapa dan masak hari itu.

Bumbu untuk Cara Membuat Serundeng Kelapa

  • 8 Cabe merah segar.
  • 3 Bawang, kupas dan potong.
  • 8 Siung bawang putih, kupas dan potong.
  • Kunyit segar ukuran 4 cm, dikupas dan dipotong.
  • 3 Irisan tebal lengkuas kupas, iris tipis.
  • 2 Batang serai, buang daun luar kasar dan iris tipis, inti pucat.
  • 1 Sdm ketumbar tanah.
  • 1 Sdt jintan tanah.
  • 6 Sdm krill kering, dibilas, diperas sekering mungkin.
  • 6 Kaffir (makrut) daun jeruk nipis.
  • 2 Iris asam (irisan garcinia yang benar-benar kering, bukan asam pulpa pod).
  • 600 g (6 gelas) Kelapa parut segar, kelapa tanpa kulit, panggang ringan sampai emas muda.
  • 1 Sdm gula merah lembut.
  • 1 Sdm gula merah.
  • 1/2 – 1 Sdt garam.
  • 2 Daun kunyit kecil, tulang rusuk dibuang, daun abon halus.

Langkah dan Cara Membuat Serundeng Kelapa

  1. Campurkan semua bahan pasta bumbu dan proses atau tumbuk menjadi pasta halus.
  2. Panaskan 5 sdm minyak dalam wajan atau wajan dan jika agak panas, tambahkan krill, daun jeruk dan asam. Goreng selama 3 menit atau sampai krill berwarna keemasan dan mulai garing.
  3. Tambahkan pasta bumbu dan goreng, aduk terus, sampai minyak merembes keluar dan campurannya harum. Tambahkan gula kelapa, coklat dan merah dan garam.
  4. Aduk terus menerus di atas api sedang sampai rendah sampai kelapa berwarna merata, ringan dan halus. Jangan berhenti mengaduk lebih dari setengah menit karena kelapa berminyak dan mudah terbakar.
  5. Jangan memasak terlalu lama atau kelapa akan terlalu kering dan berbutir. Jika disiapkan sebagai topping untuk camilan gurih, biarkan kelapa agak lembab sehingga akan melekat dan tidak mudah hancur. Ketika kelapa hampir selesai, tambahkan daun kunyit parut dan aduk selama sekitar 2 menit.
  6. Matikan api dan aduk terus sampai dasar wajan tidak lagi panas untuk mencegah kelapa di atas kecoklatan. Saat dingin, simpan dalam wadah yang bersih, kering, kedap udara dan simpan di lemari es sampai dikonsumsi.

Serundeng (Kelapa Parut Berbumbu)

Serundeng (Kelapa Parut Berbumbu)

Salah satu aspek yang paling menyenangkan dari makanan Asia, bagi saya, adalah susunan bumbu dan lauk yang memusingkan yang sering kali memakan banyak ruang di meja makan, seperti hidangan utama itu sendiri.

Seperti penggunaan tanda baca yang terampil, aksen kuliner kecil ini, biasanya jenuh dengan warna, rasa dan tekstur, menambahkan hanya pukulan yang tepat, di tempat yang tepat, ke makanan dan membuatnya jauh lebih berkesan.

Dari antara jajaran luas yang akan Anda temukan di wilayah Asia Tenggara, salah satu favorit saya adalah serundeng, lauk parut pedas manis dan aromatik segar, yang sayangnya tidak disiapkan atau dilihat seperti biasa hari ini, kecuali sekitar Hari Raya (Idul Fitri).

Sekali waktu, tidak ada penjual lontong yang menghargai diri sendiri akan melayani lontongnya tanpa taburan serundeng yang berlimpah di atas melange kue beras yang kaya dan lezat dan sayur-sayuran lembut yang direbus dalam santan berbumbu.

Rona emasnya yang kaya, berbintik-bintik hijau dan merah, membuatnya seindah kelezatannya. Saya tidak yakin apakah serundeng berasal dari Malaysia atau Indonesia, meskipun kebanyakan percaya itu harus dikreditkan ke Indonesia.

Anda akan menemukannya di kedua negara, dan juga di Singapura, dalam setiap kasus, dengan sedikit variasi.

Serundeng di Indonesia

Serundeng adalah salah satu dari banyak masakan khas Indonesia yang terkenal yang biasanya digunakan sebagai topping untuk lauk. Jenis makanan ringan ini terbuat dari kelapa parut sebagai bahan utamanya.

Kemudian diberi bumbu tambahan seperti bawang tumbuk, bawang putih, cabai, kunyit, gula, ketumbar dan bahan pelengkap lainnya yang kemudian digoreng atau dipanggang hingga kekuningan.

Serundeng yang biasa disajikan dengan daging sapi panggang atau goreng sering disebut dengan daging serundeng. Serundeng juga biasanya sering ditaburkan di atas sup atau nasi ketan gurih sebagai penambah rasa dalam masakan.

Menariknya, orang Indonesia juga memasukkan kacang dalam versi kelapa. Semuanya lezat dan layak untuk dijelajahi, jika Anda menikmati makanan Asia Tenggara.

Serundeng di Malaysia

Di negara tetangga seperti Malaysia, mereka menyebut kata serundeng serunding.

Namun serunding memiliki bahan utama berupa daging sapi atau daging olahan seperti abon ayam, sedangkan di Indonesia serundeng bahan utama terbuat dari kelapa parut.

Di Malaysia, serundeng mengacu pada versi abon sapi sedangkan serundeng kelapa menunjukkan versi parutan kelapa.

Orang Indonesia di sisi lain mengatakan serundeng ketika mereka berarti kelapa parut dibumbui (seperti kita) tetapi menyebut versi daging sapi abon sapi.

Serundeng di Singapura

Ketika Anda meminta serundeng di Singapura, Anda akan mendapatkan kelapa parut berbumbu dengan krill kering atau belacan yang ditambahkan untuk rasa.

Beberapa koki lokal juga akan menambahkan daging sapi cincang, ayam atau ikan, meskipun komponen utama tetap kelapa parut.

Versi yang lebih mewah, yang disebut Serundeng Daging dibuat dari daging sapi, dimasak panjang dan lambat, kemudian ditumbuk dan diparut halus.

Sobekan berdaging kemudian akan dimasak lagi dengan rempah-rempah dan santan hingga cukup kering dan meresapi bumbu-bumbu tersebut.

Butuh beberapa waktu dan usaha untuk menyelesaikan Cara Membuat Serundeng Kelapa yang baik tetapi ketika Anda menghirup aroma yang indah, bahkan sebelum Anda mencicipi ambrosial ini, kelelahan apa pun akan lenyap.

Ini juga sangat serbaguna dan dapat membuat makanan paling sederhana hanya nasi putih dan telur goreng atau ikan, tak terlupakan.

Saya menyebutnya debu peri, karena semua yang disentuhnya menjadi emas kuliner, dan saya tidak akan makan lontong tanpanya! Ini menambah kilau pada nasi lemak, rendang, paru goreng bergedel (kroket kentang) melengkapi acar dan sambal belacan, dan merupakan surga yang cocok dengan nasi ketan.

Di Indonesia, itu juga hiasan untuk hidangan seperti mee soto selain menjadi topping favorit untuk nasi.

Seperti yang terjadi dengan begitu banyak hidangan, itu benar-benar bermanfaat membuat batch besar. Bahkan jumlah yang saya buat untuk artikel Cara Membuat Serundeng Kelapa ini, bertahan hampir 4 hari di rumah saya.

Anak-anak lelaki saya menuangkan semuanya, dan suka dipukuli menjadi telur untuk omelet serundeng. Ini akan dengan mudah disimpan selama 2 minggu, dalam wadah kering dan tertutup rapat di lemari es.

Manfaat Kelapa

manfaat kelapa

Kelapa sangat lezat dan bergizi, dan Anda harus mengkonsumsinya jika Anda ingin tetap sehat dan menikmati makanan dalam prosesnya. Manfaat kesehatan buah kelapa sangat banyak. Yang paling penting dari kelapa adalah:

Kelapa dapat dianggap sebagai makanan lengkap karena sangat kaya akan vitamin, mineral, dan kalori. Satu buah dapat memberi Anda dosis harian hampir semua nutrisi penting.

Ini menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda dan membantu menjaga arteri Anda bersih dan sehat. Air kelapa tidak hanya merupakan minuman yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan elektrolit, enzim, dan mineral.

Karena itu, ini membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme Anda. Ini adalah salah satu alasan mengapa kelapa baik untuk menurunkan berat badan meskipun jumlah kalorinya tinggi.

Sitokinin, salah satu unsur yang ditemukan dalam air kelapa, memiliki khasiat anti-karsinogenik dan anti-penuaan.

Buah kelapa juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis olahan. Seperti Serundeng di atas, dengan cara membuat nya yang cukup simple, anda dapat mendapatkan khasiat kelapa yang banyak.

Kernel kelapa kaya akan tembaga, besi, mangan, dan seng, yang menjadikannya salah satu sumber terbaik mineral esensial ini.

Makan kelapa memperkuat kekebalan Anda karena buah-buahan ini memiliki sifat anti-virus yang kuat. Tidak masalah bentuk apa yang Anda pilih karena setiap bagian dari buah ini sama efektifnya dalam memerangi bakteri.

Kelapa tidak hanya memberi Anda nutrisi tetapi juga meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap magnesium dan kalsium, dua elemen penting untuk kesehatan tulang.

Karena itu, makan kelapa secara teratur mengurangi risiko terkena osteoporosis. Tidak ada yang membantah fakta bahwa kelapa mengandung banyak lemak jenuh, tetapi ini adalah alasan yang membuat mereka sangat bergizi dan memungkinkan buah ini memberi Anda dorongan energi yang kuat yang akan bertahan beberapa saat.

Cara Memilih Kelapa yang Segar dan Bagus

cara memilih kelapa yang bagus

Untuk mendapatkan khasiat dan manfaat yang maksimal dari buah kelapa, tentunya anda harus pintar – pintar menyeleksi dan memilih buah kelapa yang terbaik.

Berikut ini saya bagikan beberapa cara memilih buah kelapa yang baik untuk Cara Membuat Serundeng Kelapa :

Rasakan berat kelapa. Seharusnya terasa berat untuk ukurannya. Kocok kuat-kuat. Anda harus mendengar suara guncangan yang dikeluarkan.

Anda mencari jumlah jus maksimum, seharusnya terasa seperti setidaknya ada secangkir cairan di dalam bergerak bebas. Kelapa memiliki tiga mata.

Lihatlah ‘mata lembut’. ‘Mata lunak’ adalah mata yang tidak memiliki cangkang yang sedikit terangkat di satu sisi. Anda juga dapat mengetahui dengan menemukan tiga “garis” pada shell.

Garis-garis ini menyatu di antara tiga mata. Sudut antara dua garis yang paling dekat dengan mata lunak jauh lebih lebar daripada dua sudut lainnya. Setelah Anda menemukan ‘mata lunak’ untuk memeriksanya, apakah itu akan terlihat bersih.

Secara keseluruhan kelapa akan terlihat coklat tanpa nada abu-abu. Periksa keseluruhan buah untuk melihat tanda-tanda pewarnaan di mana mungkin ada fraktur yang memungkinkan kelembaban merembes keluar.

Membuka kelapa: Menggunakan palu dan obeng, tusuk mata lembut pada tempurung kelapa. Keringkan jusnya. Jika menyimpan jus, saring untuk menghilangkan flek kulit. Bungkus kelapa dengan handuk.

Pilih daging putihnya. Kulit gelap bisa dilepas dengan pengupas sayuran. Untuk membuatnya lebih mudah membebaskan daging putih dari cangkangnya, panggang kelapa dalam oven 350 derajat selama 15 menit.

Manfaat Lain dari Buah Kelapa

Manfaat Lain dari Buah Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu tanaman dari keluarga palem yang mudah ditemukan di tempat Anda berada, terutama di pantai yang sering Anda temui tanaman ini.

Dengan bentuk batang dengan tinggi yang menjulang tinggi, batangnya sedikit melengkung dan memiliki akar serat, ternyata pohon kelapa memiliki beragam manfaat yang dapat digunakan manusia mulai dari daun hingga akar.

Karena manfaatnya yang sangat besar membuat pohon ini kerap disebut sebagai pohon seribu manfaat.

Selain buahnya yang dapat dibuat makanan seperti Serundeng Kelapa yang cara membuat nya sudah saya berikan diatas, ternyata Tempurungnya pun bisa kita buat kerajinan.

Kerajinan dari tempurung kelapa adalah salah satu bentuk penggunaan kembali limbah tempurung atau tempurung kelapa. Kerang atau batok kelapa dapat diolah secara kreatif menjadi karya yang menarik. Tentu saja itu juga memiliki nilai jual.

Cara pembuatan kerajinan dari tempurung kelapa pun terbilang cukup mudah, dengan modal niat dan berani mencoba mungkin anda bisa mengubah limbah kelapa ini menjadi suatu benda yang memiliki nilai jual.

Salah satunya adalah gantungan kunci dari tempurung kelapa, Gantungan kunci dari tempurung kelapa cukup umum di pasar, terutama di tempat-tempat wisata. Banyak yang menjual gantungan kunci dengan gambar, binatang dan bentuk lucu lainnya.

Juga cocok untuk hadiah kepada teman pembaca, sebagai pertanda persahabatan yang sederhana namun berkesan. Akan lebih mudah diingat jika gantungan dibuat oleh pembaca sendiri. Nah, agar cara membuatnya bisa disimak dalam teks di bawah ini.

Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Membuat Kerajinan dari Tempurung Kelapa

Bahan dan alat :

  • Tempurung kelapa kering
  • Pisau
  • Ampelas
  • Cat cokelat (bisa berupa pernis atau yang lain)
  • Gantungan besi
  • Bor tangan kecil

Proses pembuatan

  1. Batok kelapa kering dipotong sesuai kebutuhan menggunakan pisau.
  2. Bentuk pola gambar yang diinginkan pembaca pada potongan batok.
  3. Potong sesuai dengan pola menggunakan pisau secara perlahan dengan hati-hati
  4. Bor pada bagian di mana gantungan akan masuk
  5. Haluskan dengan amplas sampai halus
  6. Lukis dengan warna favorit Anda.
  7. Setelah pengeringan, gantungan besi dapat dipasang dan menjadi gantungan kunci dari tempurung kelapa.

Yah, mungkin itu sedikit artikel dari Saya, jika masih ada kurang harap dimaklumkan karena saya juga masih belajar. 

Mari belajar bersama, Terima Kasih.

× Whatsapp Kami!