Select Page

Strategi bisnis adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap pebisnis kelapa. Tanpa sebuah strategi maka tujuan bisnis tidak akan pernah tercapai. Tentunya setiap bisnis memiliki tujuannya masing-masing. Strategi bisnis kelapa adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan sasarannya. Hal ini nantinya akan mempengaruhi semua hal terkait pengambilan keputusan yang akan berdampak pada bisnis kelapa. Bagaimana sebuah strategi bisnis kelapa akan dijalankan bergantung pada strategi ini. Dari pemrosesan dengan mesin parut kelapa hingga menjual.

Strategi Bisnis Kelapa

Strategi Bisnis Kelapa

Bagi pengusaha Kelapa yang serius mengembangkan bisnis Penjualan Kelapa, mereka mengetahui bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Penjualan Kelapa harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan.

1. Pemasaran Strategi Bisnis Kelapa

Pemasaran adalah proses pembentukan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa. kaitannya dengan melayani kebutuhan dan keinginan manusia.

umumnya pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:

1. Faktor mikro, yaitu dengan pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi, ekonomi, politik, teknologi, dan sosial budaya.

Yang perlu diperhatikan untuk pemasaran dari sudut pandang penjual

  1. Tempat yang strategis = (place)
  2. Produk yang bermutu  = (product)
  3. Harga yang kompetitif  = (price)
  4. Promosi yang gencar   = (promotion)

Dari sudut pandang konsumen

  1. Segala kebutuhan dan keinginan konsumen = customer needs and wants
  2. Total Biaya konsumen                                   = cost to the customer
  3. Kenyamanan                                                = convenience
  4. Komunikasi                                                  = comunication

2. Promosi Strategi Bisnis Kelapa

Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharap tingginya angka penjualan. Ada beberapa tujuan promosi yang diantaranya adalah utnuk menyebar luaskan informasi produk kepada target pasar potensial, untuk mendapat kenaikan penjualan dan keuntungan.

Saat ini ada satu strategi bisnis pemasaran yang sangat menguntungkan dilakukan oleh banyak orang, yaitu berpromosi online melalui website, ini juga yang akan kita terapkan dalam strategi bisnis kelapa. Anggaplah website adalah markas besar untuk bisnis Penjualan Kelapa kamu. Maka dengan adanya website, semua orang satu dunia internet bisa melihat, membeli produk kelapammu. kamu akan mempromosikan di website sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Kelapa. di website nanti akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Karena sudah seharusnya website akan mendukung bisnis Penjualan bisnis Kelapa jika diintegrasikan antara promosi offline dan online.

1. Promosi Berbentuk Fisik

Promosi ini dilakukan secara langsung di lingkungan, dan biasanya dilakukan pada acara tertentu atau event khusus yang gelar di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya pemilik bisnis ataupun penjual akan membuka “stand” atau “booth” untuk menampilkan, memamerkan, dan menawarkan produk atau jasanya.

Kelebihan promosi ini adalah menjangkau secara langsung para calon konsumen. Di mana, mereka dapat langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung bertanya apapun tentang produk atau jasa tersebut. Selain itu, dari sisi penjual hal ini bisa dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar tertarik membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat itu juga.

Namun, acara promosi ini sangat terbatas. yang di mana, jumlah calon konsumen hanya ada di lingkungan atau area acara seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.

Promosi dalam bentuk fisik ini seperti dengan pembagian brosur ketika kamu memasuki mal, supermarket, dan lainnya. Pada brosur tersebut tertulis berbagai promo menarik dari produk yang dijual di tempat tersebut. Selain itu contoh promosi berbentuk fisik lainnya yaitu pemasangan banner di sepanjang jalan yang strategis, serta iklan di papan reklame.

2. Promosi Berbentuk Digital

Promosi ini dilakukan lewat media internet dan social media. Jenis ini adalah cara moderen untuk berpromosi karena memungkinkan semua orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi seperti ponsel atau laptop.

Banyak para pengusaha yang mulai memilih menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka. Di mana, media ni adalah salah satu cara paling efektif di era ini dan bisa menjangkau konsumen diseluruh dunia setiap hari, kapan dan di mana saja. Selain itu, kelebihan promosi ini adalah bisa menjangkau semua orang secara luas dengan waktu dan biaya yang efisien.

Namun, kekurangannya adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing yang ikut berpromosi didalamnya. Sehingga tugas yang cukup berat bagi kamu adalah harus berpikir lebih keras lagi dalam berpromosi di media digital ini agar lebih menarik bagi calon konsumen dibandingkan kompetitor.

Contoh promosi digital melalui sosial media, yaitu menggunakan fitur Instagram seperti InstaStories, yaitu format promosi dalam bentuk video singkat perihal perkenalan suatu produk yang menggunakan sebutan Selebgram dengan jumlah pengikut yang paling banyak.

3. Promosi lewat media tradisional

Pmelalui media tradisional yang dimakasud ini adalah promosi melalui media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan televisi, serta media luar seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.

Bagi kamu yang menggunakan kedua promosi ini, kamu bisa menarik lebih banyak calon konsumen daripada promosi fisik, di mana media promosi ini memilki jangkauan media yang cukup luas. Namun, kekurangannya, media promosii ini membutuhkan modal biaya yang sangat besar, karena menggunakan media-media besar seperti televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya.

Jika kamu menanyakan seputar promosi terbaik saat ini yang bisa kamu lakukan, hanya bisa menjawab semua media promosi yang dilakukannya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan promosi, sebaiknya kamu lakukan dulu memahami terhadap pelanggan yang kamu ingin target berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, atau lainnya. Dengan strategi ini kamu bisa dengan mudah menentukan segmentasi pasar mana yang ingin kamu target, ini juga menjadi strategi penting ketika kamu ingin menggunakan media promosi terbaik untuk produkmu tersebut.

2. Strategi Bisnis Kelapa Target Pasar

berikut ini strategi bisnis kelapa agar kamu dapat mengetahui cara menentukan target pasar, dan agar tidak terjadi kegagalan dalam menentukan target pasar, berikut  ini adalah penjelasanya :

1. Kejelasan Produk atau Jasa yang ditawarkan

Kamu harus dapat memastikan jika produk atau jasa yang kamu miliki bisa diterima oleh targer pasar.

Tunjukkan aspek keunggulan, manfaat, nilai lebih, kelemahan dan potensi dari produk kelapa yang kamu ditawarkan, dan juga keunikan atau inovasi yang hanya dimiliki oleh kamu dan tidak dimiliki pihak kompetitor lain.

Lalu pastikan poin tadi bisa membuat produk kamu diterima dengan baik dan menjadi target konsumen akan membeli atau memakai produk kelapa kamu.

Keunggulan dari produk dan jasa kamu jadi sebuah keunggulan. tentu menjadi sebuah pembeda dengan produk yang sejenis harus dapat membuat brand atau merek kita muncel di benak target pasar tujuan. Saat ini terdapat bidang usaha yang menawarkan produk kelapa serupa tapi dengan konsep yang berbeda. Hal tadi berhubungan juga dengan product knowledge, kenali dan pelajari dulu produk atau jasa sebelum memasarkanya. Ketika mengetahui betul kegunaan baru suatu produk seperti kelapa kita akan mudah untuk menawarkannya kepada target pasar. Itulah strategi bisnis kelapa untuk mencapai target pasar.

2. Pilih satu Target Pasar Spesifik

Terdapat banyak sekali usaha-usaha yang mengalami kegagalan dan tidak berkembang karena memfokuskan pada satu target pasar saja, jadi fokuslah pada target pasar tertentu. Pada dasarnya target pasar sangatlah banyak, kita akan merasa kesulitan bila berusaha mengejar semua target pasar dengan ambisi yang berlebihan, kebutuhan dan selera yang bermacam-macam.

Yang sebaiknya kamu lakukan yakni menentukan satu saja target pasar yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk dan memenangkan persaingan pasar. Misalnya produk kelapa yang akan kita pasarnya membidik kalangan ibu rumah tangga dengan status  ekonomi menengah kebawah.

Dengan cara mengoptimalkan kualitas produk sesuai dengan selera pembeli, kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi bukan menjadi masalah asalkan kualitas dari kelapa tersebut sanggat bagus.

Bisa saja ada beberapa pengusaha yang mengklaim produknya yang dapat dipakai oleh kalangan, tapi ini pastinya sangat luas. Untuk seluruh kalangan, artinya mulai dari anak-anak sampai dewasa, kalangan status ekonomi bawah sampai atas. Belum tentu semua produk kelapa akan cocok untuk kalangan dewasa. Incarlah target pasar yang lebih spesifik lagi, fokuslah pada satu kalangan saja. Agar dapat optimalkan keunggulan produk kelapa dan mampu memuhi keinginan dan keperluan konsumen.

Dari strategi bisnis kelapa yang sudah dijalankan pun dapat disesuaikan dengan target pasar spesiifik yang dituju. Ketika memperkanalkan merek dari produk kamu, Strategi bisnis kelapa kamu harus dapat menjangkau mereka. Sebuah strategi yang jelas misalnya karakteristik dari produk yang ditawarkan dan sebuah alasan mengapa konsumen harus memilikinya.

3. Kenali Pangsa Pasar

Kamu harus bisa memahami berbagai karakter, kesukaan, selera kebutuhan dan keinginan target pasar untuk memenangkan persaingan pasar. Sebelum itu kamu juga harus dapat melakukan survey pasar supaya lebih mengenali pangsa pasar yang akan dituju. Dan akan menjadi lebih mudah lagi bila sebelumnnya kamu sudah lebih pham target  pasar yang akan dituju.

Apabila yang menjadi pangsa pasar kamu adalah ibu rumah tangga, cukup dengan mengenali semua kebutuhan yang diinginkan oleh ibu rumah tangga. Contohnya, produk yang ditawarkan adalah kelapa santan, jadi harus disesuaikan jenis produk dan alat masak yang seperti apa yang dibutuhkan oleh ibu rumah tangga yang akan menjadi target pasar kamu.

Hal lain juga yang harus menjadi perhatian yaitu dalam penentuan harga dimana harga akan menjadi lebih mudah dikenali pada saat kita sudah mengenali pasar tujuan. Dengan menawarkan produk bermanfaat dengan harga yang lebih rendah tanpa mengurangi kualitasnya kepada ibu rumah tangga. Dapat juga memberikan penawaran dengan sebuah produk kemasan kecil dengan harga yang terjangkau, dari pada kemasan besar tetapi harga yang sangat mahal.

4. Mengutamakan target pasar yang terjangkau

Memilih sebuah target pasar yang lebih mudah untuk dijangkau sangatlah diutamakan, seperti pembeli lokal. Ketika akan melakukan perluasan jangkauan pasar yang dengan nasional ataupun internasional. Dengan begitu keuntungan yang akan kamu dapat lebih besar karenna ongkos transportasi atau distribusi dapat lebih rendah.

Internet memang sangat mempermudah para pengusaha dalam menjangkau sebuah pasar yang luas mungkin dengan melakukan ini yang terbilang mudah dan murah, tetapi malah sebaliknnya dengan kesabaran sampai dengan pasar lokal kamu dapat dikuasai terlebih dahulu.

3. Meningkatkan Profit Bisnis kelapa

Berikut ini beberapa strategi bisnis kelapa yang akan meningkatkan profit yang dapat kamu jadikan referensi :

1. Menambah Produk atau Layanan

Salah satu strategi bisnis kelapa untuk meningkatkan profit atau keuntungan adalah dengan cara menambah produk atau layanan dari bisnis kamu.

Jika kamu sudah memiliki bisnis yang berjalan dengan baik, maka menambah produk atau layanan merupakan cara yang sanggat mudah untuk meningkatkan profit. Namun, sebelum memutuskan untuk menambahkan produk, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Carilah produk atau layanan yang paling disukai atau memiliki banyak permintaan oleh konsumen-konsumen kamu sehingga dengan bertambahnya produk atau layanan akan tetap laku.

Jika kamu salah dalam memutuskan produk atau layanan yang akan ditambah, kamu akan memiliki risiko besar untuk merugi. Hal ini karena produk atau layanan yang ditambah tentu saja akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jika biaya tersebut sudah dikeluarkan tetapi penjualan produk kelapa kamu tidak meningkat berarti beban periode tersebut lebih besar, akibatnya pemasukan akan berkurang. Oleh sebab itu, untuk menambahkan produk atau layanan, tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

2. Tingkatkan Nilai Jual kepada Pelanggan

Cara lain meningkatkan profit bisnis kelapa kamu adalah dengan meningkatkan nilai jual bisnis kamu kepada pelanggan sehingga konsumen atau pelanggan merasa mendapatkan nilai lebih jika membeli pada toko kamu. Dengan kata lain, pelanggan akan loyal dan lebih sering melakukan pembelian kepada produk kamu.

Untuk meningkatkan nilai jual, kamu dapat memperpendek siklus penjualan, di mana pembeli merasa mudah, mudah dan tidak mengalami banyak kendala untuk melakukan pembelian.

3. Perluas Bidang Industri

Cara berikutnya untuk meningkatkan profit dan pendapatan dalam memperluas aarea industri yang telah kamu kuasai sehingga kamu dapat meminimalisasi risiko gagal. Sebagai contohnya, kamu sudah berhasil membangun bisnis kelapa.

Dari bisnis kelapa tersebut dapat kamu kembangkan industri yang masih berhubungan seperti kuliner, cafe atau agen perjalanan wisata.

4. Mencari Target Konsumen Baru

Setiap pebisnis umumnya memiliki pembeli atau pangsa pasar yang berbeda-beda.

Biasanya mereka membedakan berdasarkan jenis kelamin, usia, demografi, lokasi. Dari bisnis kamu yang saat ini coba cari target konsumen yang berbeda. Untuk melakukan strategi ini, kamu dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti internet memiliki kemampuan untuk menyebarkan keseluruhan dunia internet dengan cepat dan masyarakat kini memiliki akses internet maka tepat membidik konsumen melalui internet dan social media merupakan hal yang sangat mudah.

5. Jual Produk dalam Ukuran Lebih Besar

Meningkatkan profit juga dapat kamu lakukan dengan cara menjual produk atau layanan dalam ukuran pembelian yang lebih besar.

Caranya kamu dapat menambahkan jumlah atau kuantitas per produknya, mengganti ukuran bungkus yang lebih besar atau membuat paket-paket dari produk atau layanan sehingga kamu dapat meningkatkan harga rata-rata dari setiap penjualan produk kelapa.

6. Gunakan Kemasan Ekonomis

Walaupun sebelumnya kamu membaca tentang memperbesar produk atau layanan, mengubah kemasan menjadi kecil juga merupakan strategi bisnis kelapa meningkatkan profit. Trik ini biasanya dilakukan oleh perusahaan makanan, kosmetik, sabun atau minuman.

Semua perusahaan tersebut membuat produk dengan kemasan yang tidak hanya terbuat dari kaleng tetapi juga dengan kemasan sachet. Meskipun pada kenyataannya kemasan kecil lebih boros dibandingkan dengan kemasan yang lebih besar, tetapi konsumen tidak akan merasa mahal. Hal tersebut karena ukuran yang kecil sehingga harga pun ikut terlihat lebih murah. Selain itu, kelebihan pada kemasan produk juga dapat menjadi cara meningkatkan popularitas merek‎ bisnis kelapa kamu.

7. Hindari Kompetisi Harga

Untuk meningkatkan profit, hindarilah antara persaingan atau kompetisi harga. Kamu dapat mencari cara lain seperti mengurangi berbagai biaya operasional yang kurang efektif.

Jika kamu menerapkan strategi ini, maka tinjaulah pengeluaran-pengeluaran bisnis kelapa kamu, seleksilah biaya atau pengeluaran yang tidak memberikan keuntungan pada produk kelapa atau perusahaan kamu.

Fungsi Strategi Bisnis Kelapa

Strategi Bisnis kelapa menmpunyai fungsi yang perlu kamu ketauhi. Berikut penjelasannya :

1. Membantu Perencanaan

Tujuan ini adalah layaknya sebuah visi. Cara mewujudkan sebuah visi adalah dengan membuat berbagai misi yang bisa dilakukan. Strategi ini ibaratkan misi yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut berhasil.

2. Membedakan dengan Bisnis Lain

Sebuah bisnis kelapa sudah seharusnya memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dan lebih istimewa dibandingkan dengan bisnis lain. strategi bisnis kelapa ini yang nantinya akan membuat pelanggan lebih tertarik dengan bisnis kelapa kita dibandingkan dengan bisnis lain.

3. Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan

Ketika membangun sebuah strategi, sebuah pengusaha harus lebih dulu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya. Selanjutnya baru bisa dibentuk strategi yang mengunakan kekuatan tersebut dan mengatasi kelemahan tersebut.

Pembentukan strategi ini jelas ampuh untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan strategi bisnis kelapa kita sekaligus cara mengatasi dan memanfaatkannya.

4. Membuat Bisnis Jadi Lebih Efisien

Memiliki tujuan yang jelas memungkinkan kita untuk langkah yang efisien. Dengan adanya strategi bisnis ini akan memungkinkan perusahaan untuk mengunakan sumber dayanya secara efektif sehingga bisnis menjadi lebih efisien.

Baca Juga: Berbagai Keuntungan Usaha Santan Kelapa

5. Mengontrol Bisnis

Ketika kita sedang berjalan untuk mencapai tujuan, bukan tidak mungkin kita tidak melewati berbagai kendala. Terkadang ada keputusan sulit yang harus diambil. Adanya strategi ini adalah untuk menjalankan perusahaan tepat pada jalan yang seharusnya. Keputusan yang diambil pun harus sebisa mungkin tidak semakin menjauhkan bisnis pada tujuannya.

Menjalankan suatu bisnis sebenarnya tidak susah, apalagi bisnis kelapa mudah dikembangkan. jadi tetap lah pada visimu dan buatlah semua orang atau bahwa denganmu bisnis kelapa menjadi sukses.Itulah strategi bisnis kelapa yang bisa kamu buat refrensi

× Whatsapp Kami!