Select Page

Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan minyak yang berasal dari daging kelapa yang sudah tua. Banyak orang memperkirakan bahwa cara membuat minyak VCO dan manfaatnya sama seperti minyak goreng pada umumnya, sebenarnya berbeda.Cara membuat minyak VCO sangat menarik kepada sejumlah orang.

Didalam beranda ini anda dapat menemukan proses membuat minyak VCO secara sederhana dan mudah dilakukan.Di daerah Bali minyak goreng dari kelapa sangat terkenal untuk keperluan memasak, apalagi terkadang untuk kesehatan dan kecantikan.Minyak goreng tersebut dikenal dengan istilah lengis tandusan (tanusan).

Minyak VCO dan minyak goreng kelapa, dari pembuatannya sudah memiliki perbedaan, yang mana hal itu akan mendorong kandungan yang ada didalam minyak tersebut sehingga manfaat dari VCO dan lengis (minyak) tandusan pun berbeda.Seperti ditemukan langkah-langkah atau cara membuat lengis tandusan, dilakukan dengan cara  sederhana.

Melalui metode pemanasan sehingga dapat menghasilkan minyak yang terdapat di atas santan. Sementara itu cara membuat minyak VCO ini dikerjakan menggunakan cara pemisahan dilakukan secara sederhana juga tapi butuh waktu lebih lama, dengan ketelitian dan kehati-hatian lebih.

 

Cara Membuat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil)

Cara Membuat Minyak VCO

Untuk langkah-langkah atau cara membuat  minyak VCO tersebut, maka dalam halaman ini kami kumpulkan info tentang cara sederhana proses membuat minyak VCO (Virgin Coconut Oil), yang bersumber dari air santan kelapa segar, yaitu melalui cara  ekstraksi yang memisahkan zat yang memiliki karakteristik yang berbeda.

Mesin parut kelapa merupakan salah satu produk mesin dari hasil teknologi yang berfungsi sebagai alat untuk menghaluskan daging buah kelapa menjadi butiran-butiran kecil yang bertujuan untuk memperoleh santan yang terkandung di daging buah kelapa.

Mesin parut kelapa yang sudah ada sekarang ialah mesin parut yang menggunakan motor bensin menjadi penggerak utamanya, dan bentuknya besar akhirnya membutuhkan tenaga untuk memindahkannya.

Bahan-bahan :

  • 3 (tiga) butir kelapa untuk menghasilkan kira-kira ⅓ cangkir minyak kelapa.

Cara Membuat Minyak VCO Alami :

  1. Kupas kelapa. Bawa kelapa menggunakan telapak menghadap ke atas dan banting tulang belakang pisau ke dalamnya hingga retak. Agar lebih mudah, anda bisa membungkus kelapa menggunakan handuk dapur. Dengan menggunakan palu, pukul secara perlahan beberapa bagian kelapa hingga kulit coklatnya retak. Ambillah cangkang yang tersisa dengan hati-hati.  Anda bisa menyisihkan air kelapa untuk diminum.
  2.  Parut Kelapa. Tindakan selanjutnya dalam cara membuat minyak kelapa, parut kelapa menggunakan tangan dan gunakan sisi parutan halus. Anda juga bisa menggunakan food processor atau blender untuk menghaluskan kelapa.
  3. Rendam dan Saring. Masukkan sekitar 1 sampai 3 gelas air ke kelapa parut (air tambahan akan membantu saat memeras santannya).
  4. Panaskan. Masukkan santan ke dalam panci besar dan biarkan hingga hangat. Tetapi jangan sampai santan mendidih. Cukup hangatkan dan matikan api  jangan aduk campurannya.
  5. Dinginkan. Biarkan santan dingin. Tetapi anda hanya bisa membiarkannya hingga sedikit hangat, kira-kira sampai suhu kamar. Anda juga bisa membiarkannya di lemari es untuk sementara waktu.
  6. Skim. Usai didinginkan,  akan terlihat bahwa lemak kelapa itu berlapis-lapis di atas air kelapa. Anda bisa menggunakan sendok untuk membuang lemak di atasnya dan di masukkan ke dalam wajan. Anda bisa menggunakan panci stainless steel untuk meletakkan lemak ini.
  7. Rebus. Aduk sebentar saja selama proses ini. Biarkan “puding” kelapa mendidih, lalu kecilkan api berubah menjadi sedang dan biarkan mendidih selama kurang lebih 45 menit (tergantung pada banyaknya sisa puding).Pada cara ini, tekstur akan berubah. Anda akan melihat bintik-bintik bening (minyak) dan limbah tebal berwarna keabu-abuan / kecokelatan. Minyak akan selalu terpisah dari limbah yang sudah dimasak. Akhirnya, anda bisa menggunakan sendok dan memisahkan keduanya.
  8. Saring dan Dinginkan. Saring minyak menggunakan saringan atau menggunakan kain katun tipis. Biarkan hingga benar-benar dingin dan digunakan untuk melembapkan kulit, rambut, atau untuk lulur.

 

Cara Membuat Minyak VCO Murni :

Cara Membuat Minyak VCO

Tafkala cara membuat minyak VCO (Virgin Coconut Oil) murni, memiliki perbedaan cara membuatnya. Seperti ini caranya :

  1. Cara membuat minyak VCO yang pertama, belah kelapa menggunakan pisau yang tajam. Anda bisa menggunakan kelapa tua yang berwarna coklat, bukan kelapa muda yang warnanya hijau.
  2. Bersihkan daging dari cangkangnya. Pakailah pengikis kelapa, pisau pengupas tajam, atau sendok logam yang kokoh. Mengkikir daging kelapa memang cukup rumit, jadi pisau mentega jauh lebih baik daripada pisau pengupas yang tajam.
  3. Anda bisa memotong daging dengan ukuran kecil-kecil atau suwir daging kelapa menggunakan alat pengerik.
  4. Masukkan potongan ke dalam food processor. Nyalakan food processor menggunakan kecepatan yang sedang dan haluskan sampai tercampur rata. Masukkan sedikit air untuk membantunya menyatu jika perlu.
  5. Saring Santan. Taruh filter kopi atau kain katun tipis di atas toples dengan mulut lebar. Masukkan atau sendokkan sedikit campuran kelapa ke atas kain. Tutuplah menggunakaan kain di sekitar adonan kelapa dan peras santan ke dalam toples. Peras kuat-kuat, untuk memastikan anda mendapatkan setiap tetesnya. Ulangi prosedur ini hingga semua campuran kelapa habis.
  6.  Dinginkan. Biarkan wadah tanpa pengawasan setidaknya selama 24 jam. Pada saat mengeras, santan dan minyak akan terpisah dan lapisan dadih akan muncul pada bagian atas stoples. Dinginkan wadah ke dalam kulkas supaya dadih mengeras lebih cepat jika diperlukan.
  7. Ambil dadih. Cara membuat minyak kelapa yang terakhir, setelah terpisah, anda bisa ambil dadih dengan sendok dan buang. Minyak VCO murni tertinggal di toples.

 

16 Manfaat Minyak VCO untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Cara Membuat Minyak VCO

Minyak VCO umumnya digunakan sebagai minyak pijat. Namun, minyak VCO murni khususnya juga dapat dikonsumsi. Integrasikan VCO dengan serangkaian cara untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut manfaat yang akan didapat:

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang banyak mengandung lemak jenuh, virgin coconut oil diperbanyak asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga menangkal penumpukan lemak pada arteri.

Hal ini terbukti beberapa warga di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini yang menggunakan minyak VCO dalam jumlah banyak memiliki kasus serangan jantung yang rendah.

2. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat minyak VCO yang diimbangi dengan olahraga ringan dapat mendorong pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi tambahan.Studi menunjukan makan 15 sampai 30 gram virgin coconut oil per hari dapat memajukan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya.

Selain menghasilkan energi, pembakaran lemak dapat menanggulangi obesitas atau permasalahan berat badan yang berlebih.

3. Meredakan Kejang

Memperpendek asupan karbohidrat dan meninggikan asam lemak memberikan efek peningkatan kadar keton dalam darah. Para peneliti mempelajari diet ketogenik ini dapat menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan.

Salah satunya mengurangi kejang terhadap anak-anak epilepsi yang resistensi terhadap obat-obatan. Biarpun perlu dikaji lebih dalam lagi, tetapi beberapa peneliti mempercayai minyak VCO dapat mencegah kejang pada epilepsi.

4. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Barangkali kamu pernah menjumpai kandungan minyak VCO pada beberapa produk kecantikan meliputi sabun mandi, pembersih wajah atau make-up.

Hal ini tidak menakjubkan mengingat minyak VCO mempunyai kandungan antimikroba untuk membunuh kuman. Jika digunakan dengan benar minyak VCO juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, pada penelitian tabung reaksi juga menunjukan hasil virgin coconut oil efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi jamur tehadap manusia.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu manfaat menarik minyak kelapa murni ialah dapat mencegah rasa lapar. Hal ini berjalinan dengan peningkatan konsentrasi keton yang memberikan efek samping penurunan nafsu makan secara signifikan. Akhirnya secara tidak langsung juga berdampak terhadap penurunan berat badan. Anda bisa menyampurkan minyak VCO ini pada menu diet harian kamu.

6. Meningkatkan Kadar HDL (Kolesterol Baik)

Tidak hanya mendorong pembakaran lemak dan meningkatkan kesehatan jantung, mengkonsumsi minyak kelapa dapat menambah kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Hal ini dilakukan dengan cara mengurangi kadar Low Density Lipoprotein (LDL) atau kadar kolesterol jahat. Tentunya efek ini dapat optimal jika dibarengi dengan konsumsi makanan yang bergizi dan sehat serta olahraga teratur.

7. Melindungi Kulit dan Rambut

Bekala dapat dimakan saja, mengoleskan minyak VCO pada kulit dapat membuatnya lebih halus dan lebih bersinar. Virgin coconut oil diandalkan dapat mengangkat sel kulit mati,bisa menyamarkan noda hitam, dan dapat memudarkan stretch mark.

Menggosok rambut menggunakan minyak kelapa juga dapat membuatnya terlihat lebat berkilau, menutrisi akar rambut, dan  dapat melindungi dari kerusakan akibat panas.

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Proses penuaan menngakibatkan penurunan fungsi tubuh salah satunya kemampuan fungsi otak. Tidak heran orang tua sangat rentan mengalami demensia atau Alzheimer. Para penyelidik memberi saran kepada lansia agar mengkonsumsi makanan yang meningkatkan jumlah keton dalam darah.

Keton memiliki fungsi sebagai sumber energi alternatif untuk regenerasi sel-sel otak yang telah rusak. Selain itu, penyakit Alzheimer juga dapat dicegah dengan melakukan terapi.

9. Mencegah Perut Buncit

Penimbunan lemak merupakan penyebab utama perut buncit. Peristiwa ini tentunya sangat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Beberapa ahli kebugaran menyarankan untuk konsumsi minyak VCO agar membantu proses pembakaran lemak perut di samping berolahraga dan menjaga makan.

10. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang jadi jarang buang air besar atau kurang dari tiga kali dalam seminggu. Tentunya keadaan ini sangat mengganggu karena menyebabkan perut terasa begah.

Jika anda mempunyai masalah pada pencernaan, cobalah mengkonsumsi minyak kelapa murni sekitar satu sampai dua sendok makan setiap hari.

11. Membantu Mengatasi Stres

Lelah dan bad mood yang menumpuk dapat membuat seseorang mudah stres. Penelitian yang dilakukan pada tikus yang dipublikasikan oleh Experimental and Therapeutic Medicine, minyak kelapa terbukti mampu membantu mengurangi stres akibat flu kronis. Selain itu, para penyelidik juga percaya bahwa manfaat minyak VCO juga bisa diandalkan untuk mencegah depresi.

12. Mencegah Penyakit Lever

Manfaat VCO berikutnya yang bisa anda rasakan adalah untuk melindungi organ hati. Journal of The Science of Food and Agriculture meyakinkan uji penggunaan minyak VCO kepada tikus yang memiliki penyakit hati.

13. Mengatasi Sakit Lambung

Minum obat merupakan perawatan asam lambung yang sering dilaksanakan, tetapi ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan asam lambung, seperti mengonsumsi minyak VCO.

14. Membantu Meringankan Luka Bakar

Minyak kelapa murni atau minyak VCO terpercaya efektif untuk membantu penyembuhan luka. Namun demikian, penyembuhan luka bakar tersebut efektif kalau penggunaan minyak VCO dikombinasikan dengan antibiotik oles pada kulit.

15. Mencegah Kulit dari Dehidrasi

Belakangan ini, kita memang lebih sering mencuci tangan dan mandi setelah mlakukan kegiatan.Hal ini akan memengaruhi kondisi kulit. Kulit menjadi lebih mudah kering dan mengalami dehidrasi karena stratum corneum sebagai bagian dari lapisan kulit epidermis, bisa jadi ikut terkikis.

16. Melembapkan Kulit Wajah yang Kering

Manfaat minyak VCO berikutnya adalah untuk melembabkan kulit yang kering karena cuaca, paparan sinar matahari, hingga kebiasaan seseorang untuk selalu berada di ruang AC.

Minyak VCO kaya akan kandungan asam lemak yaitu asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat yang mampu menembus beberapa lapisan kulit.

 

Cara Pakai/Konsumsi Minyak VCO

Cara Membuat Minyak VCO

Minyak VCO (Virgin coconut oil) dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai bahan pelengkap alami pada smoothie atau salad. Berikut ini cara menggunakan atau konsumsi minyak VCO berdasarkan tujuannya:

  • Memajukan metabolisme dan kesehatan pencernaan: mengkonsumsi minyak VCO secara langsung atau campurkan 1 sdm virgin coconut oil dengan granola dan buah atau sayur kesukaan kamu.
  • Menyuburkan rambut: Oleskan minyak VCO (virgin coconut oil) pada batang rambut dan kulit kepala, kemudian pijat dan bersihkan dengan air.
  • Makeup waterproof: Tuangkan di atas kapas dan usap lembut area wajah yang ingin dibersihkan.

 

5 Manfaat Minyak VCO untuk Kucing dan Cara Penggunaannya

1. Menghilangkan Bau

Walaupun kucing selalu menjilat badannya sendiri sebagai caranya ‘mandi’ (kecuali jika kucing sakit parah), tetapi ada kalanya kucing Anda berbau tidak sedap. Memandikan kucing pun alangkah baiknya tidak boleh terlalu sering, sekitar 2-3 minggu sekali saja. Anda bisa mengoleskan minyak VCO pada tubuh kucing agar terhindar dari bau tidak sedap.

Bau alami dari minyak kelapa murni memberikan bau yang menenangkan. Selain diolleskan pada tubuh kucing, minyak VCO juga dapat digunakan untuk membersihkan gigi  dan mulut kucing agar bersih dan tidak berbau. Anda tidak perlu khawatir jika minyak VCO tertelan oleh kucing karena minyak VCO aman, bahkan untuk konsumsi oral.

2. Melebatkan dan Melembabkan Bulu Kucing

Minyak VCO dikenal sebagai bahan untuk melembabkan kulit dan melebatkan beserta merawat rambut pada manusia. Tidak hanya terbatas di manusia, efek melembabkan minyak VCO juga bermanfaat pada bulu kucing.

Minyak VCO mengandung asam lemak jenuh yang berupa asam laurat yang mudah diserap oleh bulu kucing dan dapat membantu menyuburkan dan melembutkan bulu kucing.

3. Menyembuhkan Luka

Walaupun luka pada kucing tidak terlalu parah, tetapi jika tidak segera diobati, luka tersebut akan menjadi sarang bakteri dan jamur yang akan menginfeksi dan dapat memperparah luka. Minyak VCO dapat menjadi solusi untuk mengobati luka pada kucing.

Dengan cara membersihkan luka pada kucing terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan air hangat, air campuran antiseptik, atau dengan rivanol. Selanjutnya, olesi minyak VCO pada luka kucing. Lakukan hal ini secara rutin, misalnya 2 – 3 kali dalam sehari hingga luka pada kucing membaik.

4. Mencegah dan Mengobati Jamur

Kulit kucing sangat rawan ditumbuhi jamur dan diinfeksi bakteri jika tidak dijaga kebersihannya. Masalah jamur merupakan salah satu masalah paling lumrah jika memelihara kucing. Minyak VCO dapat digunakan untuk membantu mencegah dan mengatasi penyakit kulit pada kucing.

Kandungan asam laurat dan turunannya, monolaurin, dapat  membunuh patogen seperti bakteri, virus, dan jamur.Caranya, oleskan minyak VCO secara rutin 2x sehari selama 3 hari di bagian yang berjamur. Biasanya, bulu yang berjamur akan mulai rontok pada 2-3 hari pemakaian.

Lakukan hingga 2 minggu-1 bulan ke depan hingga jamur hilang dan bulu kucing tumbuh kembali. Minyak VCO juga dapat membantu melebatkan bulu kucing sehingga membantu bulu kucing tumbuh lebih cepat dan lebat.

5. Mengobati Mencret

Selain dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, minyak VCO juga dapat mengobati mencret pada kucing. Berikan 1 ml (kurang lebih 1/2 sendok teh) minyak VCO untuk dikonsumsi oleh kucing. Jika mulut kucing susah untuk dibuka, Anda dapat membeli suntikan kecil tanpa jarum atau pipet di apotek, lalu memberikan minyak VCO lewat suntikan/pipet tersebut ke mulut kucing.

Setelah itu, jangan memberikan makanan pada kucing selama 12 jam. Untuk mengakali agar kucing tidak kelaparan, Anda bisa memberikan minyak VCO di jam kucing banyak tidur/minim aktivitas. Tetap beri kucing minum agar tidak kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Jika mencret tidak sembuh lebih dari 3 hari, kemungkinan kucing menderita sakit tertentu. Sebaiknya, segera periksakan kucing ke dokter hewan agar mendapat penanganan yang tepat.

 

15 Manfaat Minyak VCO untuk Ibu Hamil

1. Sebagai Suplemen Kesehatan

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil juga mempunyai sifat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mendukung perkembangan otak pada bayi, dan memengaruhi kualitas ASI di masa mendatang.

Menggunakan dua sendok minyak kepala sehari dipercaya dapat memberikan kekebalan tubuh selama kehamilan. Ibu hamil dan bayi terhindari dari sakit flu, pilek, dan penyakit umum lainnya.

2. Memiliki Sifat Anti Infeksi

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil sangat baik untuk melawan sebagian besar infeksi jamur, virus, dan bakteri. Sekitar dua sendok makan sehari dapat meningkatkan kekebalan selama kehamilan dan melindungi bayi Anda yang belum lahir dari gejala pilek, flu, dan penyakit umum lainnya.

3. Mencegah Stretch Mark dan Menenangkan Kulit Gatal

Selama kehamilan, kulit di sekitar perut meregang. Akhirnya, kulit menjadi gatal dan garukan meninggalkan stretch mark. Minyak VCO digunakan untuk mencegah pembentukan stretch mark dan dapat membantu menghilangkannya di kemudian hari.

4. Sumber Asam Laurat yang Hebat

Setelah ASI, minyak kelapa adalah sumber asam laurat terbaik kedua. Inilah manfaat minyak VCO untuk ibu hamil lainnya. Asam laurat dapat membantu memproduksi ASI selama dan setelah kehamilan sehingga si kecil bisa mendapatkan ASI berkualitas tinggi yang akan membuatnya tetap sehat.

5. Mencegah Lingkaran Bawah Mata

Minyak VCO juga bisa membantu mengatasi lingkaran hitam di bawah mata akibat kurang tidur saat hamil. Apalagi setelah bayi lahir.

6. Dapat Mengganti Susu dan Produk Olahannya

Semua jenis susu diberkati dengan kebaikan. Tetapi, tidak semua orang bisa memiliki semuanya selama kehamilan tua. Kehamilan dapat menghasilkan keinginan makan yang sangat aneh serta keengganan.

Ketidaksukaan tentang makanan terhadap jenis susu yang cukup umum, dan bagi mereka yang melewatkan susu dan jenis olahannya, minyak kelapa bisa menjadi alternatif yang bagus dengan kualitas yang hampir sama.

7. Memerangi Jerawat Kehamilan

Sifat antibakteri minyak VCO dapat membantu mengobati jerawat hormonal pada ibu hamil. Caranya pun sangat sederhana, cukup oleskan tipis-tipis pada kulit berjerawat setiap habis mandi.

8. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Anda harus mengkonsumsi sekitar dua sendok makan minyak kelapa murni setiap hari. Manfaat minyak VCO pada ibu hamil dapat berkontribusi pada perkembangan kekebalan, dan kekebalan bayi akan menjadi lebih kuat. Selain itu, minyak kelapa membantu mengatasi gejala terkait kehamilan lainnya seperti mual di pagi hari, mulas, dan sembelit.

9. Mengobati GERD

GERD adalah suatu kondisi di mana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Jika Anda memiliki penyakit asam lambung saat hamil, minyak VCO adalah solusinya.

10. Digunakan Sebagai Minyak Pijat

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil 6 bulan ke atas bisa digunakan sebagai pengganti lotion biasa atau minyak pijat. Terlepas dari fakta bahwa kelembapan itu baik untuk kulit, rasa sakitnya juga mereda.

11. Mengurangi Resiko Keguguran

Penggunaan minyak kelapa untuk 6 bulan kehamilan ke atas dapat mengurangi resiko keguguran hingga 50 persen. Minyak kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-jamur yang sangat kuat. Oleh karena itu, efektif dalam mencegah pilek, flu, dan infeksi virus yang  lainnya. Pada saat kehamilan, ini mungkin merupakan perlindungan penting bagi janin dalam menangkal berbagai penyakit.

12. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil usia 12 minggu ke atas juga dapat dirasakan. Kasiat elektrolit yang tinggi dalam minyak kelapa berkontribusi pada sirkulasi darah yang lebih baik di dalam tubuh. Akhirnya dapat mencegah nyeri pada kaki yang umum dialami sebagian besar ibu hamil seiring bertambahnya usia kehamilan.

13. Mengobati Sariawan

Minyak VCO sudah dipoduksi dengan baik, dapat membantu mengobati bakteri yang dapat menyebabkan sariawan dan kandida. Anda hanya cukup mengoleskan minyak kelapa pada tempat yang sakit. Bahkan minyak kelapa juga bisa mengatasi peradangan di area paydara ketika sedang menyusui.

14. Menyamarkan Kerutan Wajah

Mengatasi kerutan atau garis di bawah mata dengan menggunakan minyak kelapa untuk dijadikan pelembab. Oleskan setiap hari sebelum tidur malam.

15. Mengurangi Rambut Rontok

Minyak kelapa sangat bagus untuk kesehatan kulit, salah satunya eksim. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bisa dimanfatkan sebagai rangkaian haircare. Ragam minyak kelapa sebagai kondisioner rambut dalam mencegah rambut kering dan rontok. Manfaat minyak kelapa untuk ibu hamil tua ini efektif dalam membuat rambut lebih sehat dan subur.

× Whatsapp Kami!