Select Page

Cara Membuat Nasi Uduk – Beras suduk adalah salah satu varian beras yang kami temukan di banyak bagian negara. Rasanya gurih, membuat banyak lauk yang cocok untuk dipadukan dengan nasi uduk ini.

Tidak hanya gurih, nasi uduk memiliki banyak penggemar karena harganya yang cukup terjangkau. Bahkan di beberapa warung, Anda hanya perlu menghabiskan 5.000 rupiah untuk bisa digabungkan dengan lauk lainnya. Selain itu, cara membuat nasi uduk itu mudah.

Nasi suduk tentu berbeda dengan nasi biasa baik dari rasa maupun masakan. Pertanyaan tentang bagaimana membuat nasi uduk, jika nasi biasa hanya dimasak menggunakan air, maka nasi uduk dimasak menggunakan santan kental dan beberapa bumbu untuk menambah rasa pegal pada nasi biasa saja.

Beras sering disamakan dengan nasi kuning. Tetapi tentu saja dua variasi beras berbeda. Selain soal warna yang tentu saja berbeda, cara membuat nasi uduk juga berbeda dengan nasi kuning. Cara penyajiannya berbeda.

Jika nasi kuning biasanya identik dengan kerucut, maka untuk nasi uduk, Anda tidak perlu repot membuat kerucut. Ini sangat biasa seperti warung prasmanan.

Pada artikel Cara Membuat Nasi Uduk ini Akan saya bagikan Cara Membuat Nasi Uduk Praktis hingga Cara Membuat Nasi Uduk Spesial. Penasaran bagaimana Cara Membuat Nasi Uduk ? Simak Cara Membuat Nasi Uduk berikut ini

Cara Membuat Nasi Uduk

cara membuat nasi uduk praktis

Bahan untuk Cara Membuat Nasi Uduk

  • 300 g beras, cuci bersih.
  • 450 ml santan kental.
  • 2 lembar daun salam muda.
  • Cengkeh 2 butir.
  • Serai 2 batang, memarkan.
  • Kayu manis 2 cm.
  •  Merica secukupnya.
  • Garam 1 sdt.

Langkah dan Cara Membuat Nasi Uduk

  1. Rebus santan dan termasuk daun salam, cengkeh, serai, kayu manis, lada, dan garam.
  2. Aduk sampai mendidih.
  3. Campur santan dan nasi.
  4. Dikukus sampai nasi matang atau menjadi nasi.
  5. Nasi siap disajikan.

Rahasia Bumbu Nasi Uduk Spesial

Cara membuat nasi uduk betawi lengkap berbeda dengan resep nasi gurih yang biasa. Bumbu nasi uduk lebih lengkap dalam bumbu. Tidak hanya dengan santan dan garam, dan hanya daun salam. Resep nasi uduk betawi juga menggunakan laos, serai, kayu manis, cengkeh, pala dan lainnya.

Mungkin teman-teman sedikit terkejut dengan ramuan dan bumbu yang akan kita gunakan. Sebenarnya, ini adalah resep rahasia dari salah satu restoran nasi uduk khusus di Jakarta. Bumbunya lebih lengkap dari biasanya.

Mungkin karena nasi uduk mereka rasanya sangat khas dan legit. Berbeda dengan yang lain atau yang sering kita beli di sekitar rumah. Ini harus dimasak dengan dikukus, tetapi jika Anda ingin lebih praktis.

Cara membuat penanak nasi nasi uduk tidak apa-apa. Masukkan saja semua bahan ke penanak nasi, buat hidangan khusus untuk sarapan. Yang terpenting, santan yang digunakan harus menggunakan jus kelapa asli. Karena biasanya itu akan menimbulkan aroma khas yang lebih gurih dan menggugah selera.

Tidak hanya untuk orang dewasa, Anda juga dapat menikmati nasi uduk betawi lengkap untuk sarapan sebelum mereka meninggalkan sekolah.

Untuk hasil terbaik, jadikan beras jenis ini sebagai pengganti nasi kuning terbaik saat dikukus. Hasilnya lebih harum dan tahan lama. Terutama dimakan dengan sambal nasi uduk, saus kacang spesial.

Tetapi jika Anda ingin menjadi praktis, cara membuat nasi dan penanak nasi juga bisa dilakukan. Ini lebih praktis dan cepat karena seperti memasak nasi biasa di rumah.

Nasi Uduk

nasi uduk

Nasi uduk adalah nama sejenis makanan yang terbuat dari bahan dasar nasi putih diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang diparut, dan dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, rumput lemon dan daun lada.

Makanan ini kemudian disajikan dengan keripik goreng, tahu goreng, irisan telur goreng / telur goreng, nasi parut, tempe kering, bawang goreng, ayam goreng, mentimun dan saus kacang.

Makanan ini biasanya dijual lebih sering di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam. Pada malam hari, biasanya nasi uduk dijual di warung lele pecel, yaitu warung yang menjual nasi uduk dan lauknya, seperti lele, gurame, ayam bakar dan goreng, dan lainnya.

Nasi Uduk Ungu

nasi uduk ungu

Beras uduk ungu adalah varian beras yang berasal dari kota Sukabumi. Warna ungu nasi uduk dihasilkan dari bahan-bahannya, yaitu bit dan ubi ungu.

Ada juga warna alternatif lain seperti nasi uduk hijau, di mana hijau dihasilkan dari bahan-bahan seperti bayam dan cabai hijau. Uduk hijau terasa lebih pedas karena penggunaan cabai hijau sebagai bahan pewarna.

Nasi Uduk Becek

nasi becek

Nasi putih atau dalam bahasa Belanda De trieste rijst, adalah hidangan khas yang berasal dari Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia. Di tempat asalnya hidangan ini dikenal sebagai sego becek. Nasi busuk adalah hidangan yang telah ada sejak periode 1915-1920, mirip dengan kari kambing.

Isi nasi lumpur hampir mirip dengan soto babat, tetapi daging yang digunakan adalah daging kambing, yang diberi beberapa kubus atau irisan. Jangan lupa diberi irisan bawang merah atau bawang yang menambah kelezatan.

Secara keseluruhan, rasanya cenderung mirip dengan sebagian besar makanan serupa yang berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah; manis dan tidak asin, berbeda dengan hidangan utama kebanyakan gaya Jawa Timur yang cenderung asin.

Pada tahun 2018 M, sebagian dari hidangan ini dijual di pulau Jawa berharga antara 10.000 dan 14.000 rupiah, sedangkan di berbagai hotel di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi harganya bisa mencapai 24.000 rupiah.

Para penjual beras berlumpur biasanya dapat dengan mudah ditemukan di daerah sekitar Dr. Soetomo di kota Nganjuk, atau di hotel-hotel di kota Balikpapan, Kalimantan dan Makassar.

Nasi Gandul

nasi gandul

Atau Sego Gandul adalah hidangan khusus yang berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah, Indonesia, yang agak mirip Semur Daging dan Gulai.

Nasi Lemak

nasi lemak

Adalah jenis makanan Melayu yang umum ditemukan di Malaysia di mana ia dianggap sebagai salah satu hidangan nasional, dan Indonesia (terutama di Riau dan Kepulauan Riau).

Hidangan ini juga dapat ditemukan di Singapura dan Brunei. Makanan ini biasanya disajikan untuk sarapan. Nasi lemak mengacu pada nasi yang dimasak menggunakan santan untuk memberikan rasa gurih.

Terkadang daun pandan dimasukkan saat nasi dimasak untuk menambah aroma. Istilah lemak dalam bahasa Melayu atau Lamak dalam bahasa Minangkabau mengacu pada rasa berminyak dan tekstur gurih yang dihasilkan oleh santan yang melepaskan kandungan lemak dari lemak dalam nasi yang sedang dimasak. 

Kreasi Nasi Uduk

Seperti yang saya bilang tadi, pada artikel Cara Membuat Nasi Uduk ini Akan saya bagikan Cara Membuat Nasi Uduk Praktis hingga Cara Membuat Nasi Uduk Spesial. Penasaran bagaimana Cara Membuat Kreasi Nasi Uduk ? Simak Cara Membuat Kreasi Nasi Uduk berikut ini

Cara Membuat Nasi Uduk Praktis Dengan Rice Cooker

Cara Membuat Nasi Uduk Praktis Dengan Rice Cooker

Nasi Uduk adalah salah satu hidangan yang membangkitkan selera. Apalagi jika nasi uduk dimakan dengan ayam goreng lengkuas yang gurih, bumbu ketumbar tempe dan tahu dan sambal pedas sangat lezat.

Tidak hanya membangkitkan nafsu makan, menu ini pasti akan membuatnya ketagihan. Berbicara tentang nasi uduk, waria memiliki resep cara memasak nasi uduk menggunakan penanak nasi yang sangat praktis. Seperti apa resepnya? Lihat yang berikut ini.

Bahan untuk Cara Membuat Nasi Uduk Praktis

  • 2 gelas nasi.
  • 200 ml santan kental.
  • 100 ml air.
  • 1 batang serai.
  • 1 daun salam.
  • Garam secukupnya.

Langkah dan Cara Membuat Nasi Uduk Praktis

  1. Cuci beras sampai bersih dan airnya cukup jernih.
  2. Cuci daun salam dan serai kemudian sebarkan serai.
  3. Campur semua bahan dalam penanak nasi lalu nyalakan tombol masak, masak selama sekitar 30 menit.
  4. Setelah tombol penanak nasi menunjukkan posisi matang, aduk nasi dalam penanak nasi kemudian panaskan kembali sebentar.
  5. Nasi sudah dimasak dan siap disajikan dengan lauk yang sudah tersedia.

Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Gurih

Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Gurih

Berdasarkan sumber asli orang Betawi, resep lengkap uduk nasi betawi sebenarnya dimakan bersama dengan semur jengkol dan tahu.

Tetapi karena tidak mudah dan membutuhkan waktu lama untuk membuat jengkol semor, kami akan memberikan cara untuk membuat jengkol semur waktu berikutnya.

Untuk saat ini, kami akan menyediakan rempah-rempah beras uduk khusus dalam gaya restoran terkenal. Tentu saja metode pembuatan dan sambal nasi uduk dan tempe kering juga bisa dilihat di bawah ini.

Bahan untuk Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah beras berkualitas baik, sekitar 400 gram.
  • Daun salam cukup atau kurang lebih 3 lembar.
  • Santan asli yang diambil dari jus 1/2 kelapa adalah sekitar 625 ml.
  • Lengkuas yang telah dihancurkan sebelumnya memiliki panjang sekitar 2 cm.
  • Biji pala berukuran sekitar 1/2 pcs.
  • Panjang kayu manis sekitar 3 cm.
  • Jahe memiliki panjang sekitar 2 cm.
  • Batang sereh yang sudah dihancurkan sebelumnya sekitar 1 batang.
  • Cengkeh hanya sekitar 5 pcs.
  • Garam dapur beriodium secukupnya.
  • Bawang goreng ditaburi di atasnya secukupnya

Langkah dan Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi

  1. Langkah pertama adalah mencuci beras yang sudah disiapkan sebelumnya 2x hingga 3x sampai bersih lalu rendam sebentar dan tiriskan air.
  2. Masak nasi yang sudah dicuci di atas sampai setengah matang (nasi aron) atau sekitar 25 menit.
  3. Siapkan wajan yang cukup besar dan tuangkan santan bersama lengkuas, daun salam, pala, kayu manis, jahe, garam dan bumbu lainnya.
  4. Aduk santan bersama bahan lainnya sampai mendidih. Ingat, menjaga agar santannya tidak pecah.
  5. Tuang santan dan bumbu sedikit demi sedikit ke dalam wadah nasi setengah matang dan aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Jangan terlalu lunak, jadi aduk sambil memeriksa.
  7. Jika sudah cukup, Anda tidak perlu menggunakannya juga. Beras yang berbeda berbeda dari tingkat kelembaban. Jika Anda dapat mengambil bumbu mengisi.
  8. Tambahkan campuran nasi uduk di atas ke dalam nasi kukus kemudian kukus hingga nasi matang dan matang.
  9. Angkat lalu sajikan dengan bahan pelengkap seperti tempe kering, kue, bacam telur atau lainnya.

Sambal Kacang Spesial Nasi Uduk Betawi

Sambal Kacang Spesial Nasi Uduk Betawi

Meskipun sepiring nasi uduk yang lezat juga dinikmati bersama dengan saus tomat atau saus cabai lainnya. Tetapi bagi orang Jakarta atau Betawi rasanya tidak enak jika Anda tidak menggunakan saus kacang spesial yang lezat. Cara membuat nasi sambal kacang uduk betawi bisa dilihat di bawah ini.

Bahan untuk Cara Membuat Sambal Kacang Nasi Uduk Betawi

  • Bahan utama hanya sekitar 1/4 kg kacang.
  • Gula secukupnya sesuai selera atau sekitar 1 sendok makan.
  • Buah cabai merah dan atau cabai rawit secukupnya sesuai selera.
  • Daun jeruk secukupnya atau hanya sekitar satu lembar.
  • Buah jeruk nipis secukupnya atau kira-kira 1 buah ukuran sedang.
  • Kecap kental yang cukup sesuai dengan selera atau sekitar 1 sendok makan.
  • Garam dapur beriodium secukupnya.
  • Air rebusan secukupnya sesuai selera.

Langkah dan Cara Membuat Sambal Kacang Nasi Uduk Betawi

  1. Panggang atau digoreng tanpa minyak kacang, irisan cabai dan daun jeruk yang telah disiapkan sebelum dimasak.
  2. Hancurkan semua bahan dengan kecap manis, garam, kecap manis hingga tercampur rata.
  3. Campur dengan air matang lalu sajikan.

Bahan Tempe dan Bumbu Kering Nasi Uduk

Sepiring nasi uduk yang gurih tidak benar-benar terasa tempe manis dan pedas tanpa itu. Perpaduan rasa ketiga inilah yang membuat para penggemar resep nasi uduk selalu kecanduan dan ingin menambahkan lebih banyak.

Bahan untuk Membuat Tempe dan Bumbu Kering Nasi Uduk

  • Bahan utama berupa tempe ukuran sedang sudah cukup secukupnya.
  • Bawang merah besar sedang sekitar 4 siung. Kupas kulitnya lalu potong tipis-tipis.
  • Bawang putih ukuran besar sedang sekitar 2 siung. Kupas dan cincang terlalu tipis.
  • Kecap manis sesuai selera atau sekitar 2 sendok makan.
  • Gula merah halus yang disisir sekitar 2 sendok kecil.
  • Daun salam secukupnya atau kurang lebih 2 potong.
  • Buah cabai merah besar secukupnya sesuai selera. Cuci bersih, buang bijinya dan iris irisan kecil.
  • Lengkuas ukuran sedang sekitar 2 cm. Cuci lengkuas dan taburkan.
  • Air asam Jawa sekitar 0,5 sendok kecil. Larutan ini dihasilkan dari campuran 1 sendok makan air bersih dengan 1 sendok kecil asam.
  • Garam dapur beriodium sesuai selera sesuai selera atau sekitar 0,5 sendok kecil.
  • Minyak goreng yang cukup untuk menggoreng tempe dan menumis bumbu kering tempe.

Langkah dan Cara Membuat Tempe dan Bumbu Kering Nasi Uduk

  1. Langkah pertama adalah mengiris tempe menjadi ukuran persegi panjang kecil kemudian menggorengnya dengan minyak sampai berubah warna dan menghilangkan tiriskan.
  2. Siapkan wajan dengan sedikit minyak, lalu tambahkan irisan bawang, irisan bawang putih, irisan lengkuas dan cabai.
  3. Aduk semua bahan di atas hingga berbau harum bumbu harum.
  4. Tuang air asam bersama 1/2 sendok garam dan gula merah, lalu aduk hingga tercampur rata dan kental.
  5. Tambahkan irisan tempe goreng beserta kecap manis ke dalam rasa, lalu aduk untuk mencampur semua bahan menjadi satu.
  6. Periksa rasanya dan tambahkan kecap asin atau garam jika perlu. Aduk lagi sampai semua bahan matang dan Angkat.

Bagaimana? Sudah tahu cara membuat nasi uduk? Mudah kan? Sangat cocok untuk tidak makan untuk sarapan atau makan malam.

Bahkan banyak penjual ayam goreng dan lele goreng juga memasukkan resep nasi uduk ini sebagai salah satu menu andalan mereka.

Padahal di tempat asalnya, resep nasi uduk lengkap ini hanya disajikan bersama tahu bacem, bacem tempe, perkedel, semur jengkol, tempe kering, dan telur ayam goreng.

Mungkin sekian dahulu artikel cara membuat nasi uduk dari saya. Bagaimana mudah bukan? Atau mungkin anda juga ingin tahu Cara Membuat Gulai Kambing atau mungkin Cara Membuat Nasi Kuning yang tentunya uenak banget dan mudah. Maaf bila artikel ini banyak salah karena saya masih belajar.

Mari Belajar Bersama, Terimakasih.