Select Page

Cara Membuat Kue Putu Ayu – Siapa yang tidak kenal kue tradisional khas Indonesia ini ? iya, Kue Putu Ayu. Kue ini dikukus dan ditempatkan dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual saat matahari terbenam hingga larut malam.

Sama seperti Dadar Gulung yang menggunakan kelapa, putu ayu ini tidak kalah enaknya lho. Ingin tahu Cara Membuat Kue Putu Ayu di rumah anda sendiri ? Artikel Cara Membuat Kue Putu Ayu saya kali ini adalah jawaban dari keinginan anda.

Cara Membuat Kue Putu Ayu

Cara Pembuatan Kue Putu Ayu

Kue tradisional yang satu ini benar-benar enak. Perpaduan kelapa parut yang manis dan gurih memberi rasa yang begitu khas. Membuatnya sendiri di rumah cukup mudah. Bagaimana cara membuatnya? Simak Cara Membuat Kue Putu Ayu berikut ini :

Bahan untuk Cara Membuat Kue Putu Ayu

  • Seperti resep kue basah pada umumnya, saat ini kita membutuhkan tepung yang memiliki kandungan protein sedang sekitar 200 gram. Ayak tepung sampai halus sehingga tidak ada benjolan di produk jadi.

  • Pengemulsi kue untuk melembutkan tekstur kue putri selama sekitar satu sendok kecil. Dapat menggunakan merek TBM, Ovalet atau SP.

  • Berkualitas baik telur ayam besar sedang sekitar 2 butir.

  • Gula bersih sekitar 200-210 gram sehingga kemanisannya benar dan tidak menjadikannya eneg.

  • Pewarna makanan pasta hijau secukupnya. Tetapi jika Anda bisa menggunakan pewarna hijau alami dari air rebusan daun pandan atau daun suji.

  • Parutan kelapa diambil dari kelapa yang tidak terlalu tua untuk membuatnya terasa lebih gurih dan mudah dipadatkan di kue nanti.

  • Santan kelapa dari sari kelapa sekitar 200 ml saja.

  • Garam halus beryodium yang cukup sesuai selera atau sekitar setengah sendok kecil saja.

Langkah dan Cara Membuat Kue Putu Ayu Lembut dan Enak

  1. Langkah pertama adalah membuat campuran. Ambil satu wadah yang cukup besar atau Anda juga bisa menggunakan mangkuk pengaduk mixer roti.
  2. Tambahkan 2 telur ayam, gula pasir dan kue pelembut / kue emulsifer kemudian kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai semua bahan tercampur rata dan diperluas lalu matikan mixer.
  3. Setelah mengembang, tambahkan tepung terigu sedang dan aduk sampai semua bagian tercampur rata dan tidak ada benjolan benjolan.
  4. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk, aduk hingga rata dan santan kental tercampur rata.
  5. Tambahkan pewarna makanan atau air, daun suji beberapa tetes sambil diaduk, aduk sampai rata sampai Anda mendapatkan tingkat hijau yang diinginkan.
  6. Ambil satu wadah kecil dan tambahkan kelapa parut yang sudah disiapkan dan garam beryodium. Aduk untuk mencampur kedua bahan sampai halus.
  7. Ambil campuran kue putu ayunya dan masukkan kelapa parut ke dalamnya (di bagian bawah) kemudian tekan sampai padat sehingga hasilnya tidak akan pecah setelah dimasak.
  8. Masukkan putri adoanan putri ayunya di atas kelapa parut ke sekitar 3/4 cetakan. Ulangi sampai semua adonan dan kelapa parut habis.
  9. Siapkan wajan pengepul dan masukkan cetakan kue ke dalamnya, lalu masak dengan api sedang, jangan terlalu besar sampai matang (kira-kira membutuhkan waktu 20-30 menit).
  10. Setelah memasak, keluarkan dari cetakan dan kue putri, itu akan disajikan kepada keluarga.

Tips Cara Membuat Kue Putu Ayu

  1. Pastikan untuk mengocok campuran telur sampai benar-benar mengembang dan kaku, sehingga campuran tersebut tidak tenggelam atau hancur ketika dicampur dengan tepung dan larutan cair santan-pandan.
  2. Cetakan untuk putu ayu memiliki banyak variasi. Ada mawar, donat, kotak, dan bintang.

Untuk Cara Membuat Kue Putu Ayu yang lebih praktis, tentu membutuhkan mesin pendukungnya. Salah satunya adalah Mesin Parut Kelapa.

Diantaranya mesin parut kelapa ini dibuat dengan bahan berkualitas, garansi mesin dijamin, ribuan pengguna di Indonesia lainnya. Tentunya investasi Mesin Pemarut Kelapa ini tidak boleh anda lewatkan.

Kue Putu Ayu

cara membuat kue putu ayu

Di Indonesia, sebagian besar disebut Putu Ayu tetapi di Malaysia dan Singapura, itu disebut Puteri Ayu secara harfiah diterjemahkan sebagai putri yang cantik, menawan dan menarik. Ini adalah putri cantik di Singapura, adalah putri cantik dalam sejarah Singapura tidak diketahui.

Nah, itu yang paling bisa saya ceritakan tentang kue ini. Saya tidak hanya kagum dengan nama kue yang tidak biasa ini, saya juga sangat terkejut menemukan kue Melayu atau Indonesia dalam bentuk ini. Itu terlihat seperti sifon mini cantik yang memiliki irisan di sisinya.

Kenapa bentuk ini? Apakah ada kebutuhan kue untuk memiliki bentuk seperti sifon? Saya tidak punya jawaban. Kuih muih tradisional atau kue yang memiliki bentuk yang tidak biasa ini disiapkan menggunakan cetakan khusus benar-benar membuat saya kagum.

Kue tradisional Putu ayu memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut, sehingga tidak mengherankan bahwa sampai sekarang masih sangat populer di kalangan masyarakat.

Meskipun memiliki nama yang mirip dengan kue putu, bahan dasar yang digunakan sangat berbeda. Untuk putu ayu, gunakan beberapa bahan yang biasa digunakan untuk membuat spons kukus.

Kemiripan antara kedua kue tersebut hanya penggunaan kelapa parut sebagai baluran luar atau topping. Manisnya gula dan parutan kelapa gurih adalah campuran yang lezat. Warna-warna indah dengan taburan kelapa parut putih adalah kombinasi yang sangat menarik.

Kue Putu Ayu di Indonesia

Kue Putu Ayu – (dari bahasa Jawa, puthu yang berarti cucu) adalah jenis makanan Nusantara dalam bentuk kue yang mengandung gula Jawa dan kelapa parut, tepung beras kasar.

Putu Ayu ini dikukus dan ditempatkan di tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual saat matahari terbenam hingga larut malam. Suara khas uap yang berasal dari alat ini juga merupakan alat promosi untuk pedagang yang menjual.

Sebagian besar warna kue putu berwarna putih dan hijau. Sejumlah pedagang saat ini mengganti bambu dengan pipa PVC untuk alasan praktis, meskipun dari segi kesehatan penggunaan PVC berbahaya.

Putu versi Bugis (Sulawesi Selatan) menggunakan beras hitam tanpa gula. Kue ini dimakan dengan taburan kelapa parut dan sambal. Putu Bugis hanya dijual di pagi hari sebagai pengganti sarapan praktis.

Kue putu sendiri telah menyebar ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia, meskipun nama dan bentuk untuk kue ini sedikit berbeda, tetapi rasanya sama dengan kue putu tradisional Indonesia.

Kue Putu Ayu di Era Modern

Kue Putu Ayu di Era Modern

Di era modern seperti ini, ada begitu banyak variasi resep dan kue dari luar yang masuk ke negara kita. Tidak hanya di mal besar, penjual pun tiba di tengah pemukiman masyarakat. Meski begitu, kue-kue tradisional tradisional Indonesia sebenarnya tak kalah enaknya dengan kue atau roti dari luar.

Resep Kue Putu Ayu atau yang biasa dikenal dengan princess ayu cake atau putu mayang memang sangat enak. Teksturnya sangat lembut dengan bungkus kelapa parut di atasnya, sangat cocok untuk segala usia. Tapi kamu tahu temanmu Cara Membuat Kue Putu Ayu, empuk dan gurih ternyata sangat mudah.

Tidak hanya terkenal dan disukai oleh orang Indonesia, Cara Membuat Kue Putu Ayu juga disukai oleh orang-orang dari negara tetangga kita, yaitu Malaysia, lho. Mungkin itu karena bersekutu sehingga rasanya hampir sama dengan kita.

Seperti resep kue basah tradisional lainnya, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Resep Putu Ayu semuanya mudah tersedia di sekitar kita. Harganya sangat terjangkau bagi kebanyakan orang Indonesia.

Tentu saja, untuk membuat kue ini lunak dan lembut serta enak saat dimakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan.

Pandan Sebagai Pewarna Alami

Pandan Sebagai Pewarna Alami

Dalam Cara Membuat Kue Putu Ayu, anda dapat menggunakan rebusan daun pandan. Jenis pewarna teraman adalah pewarnaan alami dari bahan-bahan segar. Sedangkan untuk pewarnaan hijau, kita bisa menggunakan daun suji.

Membuat pewarnaan hijau alami dari daun suji juga ternyata ada cara untuk melakukannya. Untuk mendapatkan warna yang indah dan terkonsentrasi, ada beberapa langkah yang perlu kita ikuti. Ingin tahu cara membuat pewarna dari daun suji ? Ini dia :

Di sini kita membutuhkan dua jenis daun pandan, yaitu daun pandan harum dan daun suji. Rasio antara daun pandan harum dan daun suji pandan adalah 1: 2. Jadi jika kita menggunakan 10 lembar daun pandan harum, kita akan membutuhkan 20 daun suji. Kemudian siapkan 250 cc air.

Langkah-langkah untuk membuatnya cukup mudah. Setelah daun pandan dicuci, Anda bisa memotongnya langsung dan haluskan sampai halus. Setelah itu, jus daun pandan segera disaring. Ini adalah pewarna alami yang dapat langsung digunakan untuk membuat berbagai kue atau kue.

air daun pandan untuk pewarna makanan

Pewarna alami ini dapat disimpan dalam botol atau wadah yang tertutup rapat. Simpan di kulkas, sehingga bisa bertahan lama. Ketika disimpan untuk waktu yang lama, deposito dapat terjadi kemudian. Deposisi adalah esensi dan lebih terkonsentrasi. Jika Anda menginginkan warna hijau yang tebal, endapan dapat digunakan.

Mudah bukan ? Pewarna dari daun pandan diatas dapat anda gunakan sebagai pewarna dalam Cara Membuat Kue Putu Ayu tadi. Selain mudah, sehat, tapi juga hemat pengeluaran anda.

Bahaya Pewarna Makanan untuk Kesehatan

Bahaya Pewarna Makanan untuk Kesehatan

Meskipun sebagian besar pewarna makanan yang digunakan adalah pewarna yang diizinkan dan sah, bahaya kesehatan yang mungkin ditimbulkan tidak dapat diabaikan. Warna permen, permen, dan jenis makanan menarik lainnya benar-benar membodohi kita.

Tapi tahukah kita bahwa pewarna makanan bisa menyebabkan tumor otak, kerusakan ginjal, kanker atau gondok. Selain itu, pewarna makanan juga bisa menyebabkan reaksi alergi.

Alergi pewarna makanan dapat menyebabkan masalah kulit, pernapasan seperti batuk berkelanjutan atau asma, masalah pencernaan seperti mual, muntah, sakit perut, hingga sakit kepala.

Dengan pengetahuan ketahanan pangan yang baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat dapat terhindar dari berbagai bahaya yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak aman.

Orang-orang dapat menghindari bahaya keracunan makanan karena mengonsumsi makanan yang tidak bebas dari kontaminasi logam berat, pestisida, bahan tambahan makanan, dan racun. Hindari konsumsi makanan yang terkontaminasi oleh kontaminan biologis seperti bakteri, virus, jamur, parasit, protozoa.

Hindari konsumsi makanan yang terkontaminasi. Kontaminasi fisik seperti pecahan kaca, potongan tulang, kerikil, kawat dan sebagainya.

Cara Mengenali Makanan yang Menggunakan Pewarna Sintetis

Cara Mengenali Makanan yang Menggunakan Pewarna Sintetis

Ada banyak orang di luar sana yang tidak tahu cara membuat makanan dan minuman yang baik tetapi masih putus asa untuk melakukannya untuk bertahan hidup. Mereka memutar otak mereka tentang cara membuat makanan dan atau minuman yang rasanya enak, modalnya kecil, mudah dibuat, tahan lama, bisa dijual dengan harga murah dan disukai banyak orang.

Saya tidak tahu apakah mereka tahu bahwa produk yang mereka buat tidak cocok untuk konsumsi manusia atau tidak. Yang paling penting bagi mereka adalah produk mereka laris manis dan mendapat banyak uang.

Siapa pun akan tertarik mencoba makanan yang disajikan dengan tampilan penuh warna. Ini berkat pewarna buatan, yang membuat makanan biasa terlihat lezat dan mewah.

Bagaimana Cara membedakan Pewarna Alami dan Pewarna Buatan ? Begini caranya :

Cara Membedakan Pewarna Alami dan Pewarna Buatan

Ciri-ciri makanan yang mengandung zat-zat Rhodamin B antara lain warna mengkilap terang dan lebih mencolok, kadang-kadang warnanya terlihat tidak merata, ada gumpalan warna pada produk, dan jika dikonsumsi rasanya sedikit lebih pahit.

Biasanya produk makanan yang mengandung zat-zat ini tidak termasuk kode, label, merek, atau identitas lengkap lainnya.

Karakteristik makanan yang mengandung Methanil yellow adalah produk makanan kuning cerah dan bercahaya. Selain itu, ada titik-titik warna karena pewarna tidak tercampur secara homogen, misalnya dalam kerupuk.

Bahaya akut jika tertelan dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Jika terkena bibir bisa menyebabkan bibir pecah-pecah, gatal, bahkan kulit bibir tertutup. Bahaya kronis akibat konsumsi dalam jangka panjang menyebabkan disfungsi hati, gangguan kandung kemih, dan bahkan kanker.

Cara Menghindari Makanan yang Menggunakan Pewarna Tekstil

  1. Kenali dan hindari makanan yang mengandung pewarna tekstil dengan karakteristik di atas.
  2. Konsumen harus lebih pintar dan selektif dalam memilih produk makanan.
  3. Konsumen harus melihat label kemasan untuk produk makanan yang akan dibeli.
  4. Perhatikan komposisi makanan olahan dengan membaca label pada paket.

Pilihlah Menggunakan Pewarna Alami dalam Membuat Makanan

Pilihlah Menggunakan Pewarna Alami dalam Membuat Makanan

Saat membuat kue, rasanya bukan satu-satunya pertimbangan apakah penikmat kue tertarik atau tidak. Penampilan kue juga penting untuk mendukung rasa dan rasa. Menyiasati tampilan kue agar menarik dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengemasan, bentuk, hingga permainan warna.

Dalam mengaplikasikan warna pada kue, kita harus memastikan bahwa zat pewarna aman untuk dikonsumsi. Karena itu, alangkah baiknya memilih pewarna alami. Selain bisa menampilkan warna yang menarik, bahan-bahan alami yang wangi menambah minat makan kue. Berikut adalah daftar pewarna alami yang aman digunakan.

Seperti pada Cara Membuat Kue Putu Ayu tadi, yang kita gunakan adalah pewarna alami.

  1. Hijau – Suji – Daun pandan – Bayam. Daun hijau yang mengandung klorofil menghasilkan warna yang menarik. Caranya, cukup haluskan beberapa helai daun, beri sedikit air, lalu peras. Pewarna ini dapat dipraktekkan pada Cara Membuat Kue Putu Ayu diatas.
  2. Kuning – Kunyit Parut kunyit dan peras airnya. Dalam mengolah kunyit, Anda harus berhati-hati karena noda kunyit sulit hilang. – Labu kuning – Mangga Blender labu atau mangga, lalu peras airnya.
  3. Merah – Stroberi Blender stroberi dan saring. – Buah naga Blender buah naga merah dan saring agar bijinya tidak ikut campur.
  4. Biru – Kubis Rebus potongan kol dan saring. Rebus air mendidih lagi sehingga warnanya kental dan airnya berkurang. Tambahkan sedikit baking soda sehingga ungu yang dihasilkan berubah menjadi biru.
  5. Jingga – Wortel Blender wortel dan peras airnya. Air wortel juga menghasilkan rasa yang manis.
  6. Cokelat – Gula kelapa Rebus gula kelapa dengan air. Rebusan ini menghasilkan rasa manis dan harum.

Sekian dahulu informasi Cara Membuat Kue Putu Ayu dari saya. Mudah bukan? Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan juga ada di sekitar kita. Jadi tunggu apa lagi? Semoga berhasil.Bila ada kekurangannya mohon maaf karena saya disini masih belajar.

Mari Belajar Bersama, Terima Kasih.