Select Page

Resep Sayur Brongkos Khas Yogyakarta mungkin masih banyak yang belum tahu, karena Kota Yogyakarta sudah terkenal dengan kota pelajar juga berbagai macam Seni, Budaya, Wisata, dan Kuliner.

Berbicara tentang kuliner di Yogyakarta pastinya yang paling terkenal adalah Gudeg, tapi ada lagi kuliner khas Yogyakarta yang tidak kalah lezat-nya yaitu Sayur Brongkos. Mungkin kalian belum mengetahui-nya bukan?.

Resep Sayur brongkos merupakan masakan yang menggunakan bahan dasar dari daging sapi, kacang tolo serta tahu putih. Cita rasa-nya yang gurih serta pedas karena memakai campuran santan dan cabe rawit bisa membuat kalian ketagihan.

Oleh karena itu saya akan membagikan Resep Sayur Brongkos pada kesempatan kali ini.

Untuk membuat masakan dari Resep Sayur Brongkos tidaklah sulit dan bahan-bahan nya pun mudah didapat. Untuk lebih jelas-nya lagi simak Resep Sayur Brongkos berikut ini.

Resep Sayur Brongkos

resep sayur brongkos

Tahap pertama sebelum kalian mulai memasak Resep Sayur Brongkos yaitu siapkan dulu bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan-nya. Unttuk bahan-bahan Resep Sayur Brongkos bisa kalian simak dibawah ini.

Bahan-bahan Resep Sayur Brongkos

  1. 150 gram kacang tolo.
  2. 200 gram daging sapi yang dipotong kecil-kecil.
  3. 150 gram tahu putih yang dipotong kecil-kecil.
  4. 10 buah cabe rawit merah.
  5. 750 ml santan kelapa.
  6. 2 batang sereh yang telah dimemarkan.
  7. 3 cm lengkuas yang telah dimemarkan.
  8. Daun salam 2 lembar.
  9. 4 sendok makan minyak sayur.
  10. 1 sendok makan gula merah.
  11. Daun jeruk purut 2 lembar.

Setelah bahan-bahan di atas telah siap, barulah sekarang siapkan juga bumbu-bumbu-nya. Berikut inilah bumbu-bumbu yang diperlukan.

Bumbu-bumbu Halus Resep Sayur Brongkos

  1. 5 butir bawang merah.
  2. 4 butit bawang putih.
  3. 8 buah cabe merah kriting.
  4. 3 buah kluwak yang telah direndam dengan air panas.
  5. 1 cm kencur.
  6. Kemiri 3 buah.
  7. ½ sendok teh ketumbar.
  8. Garam secukup-nya.

Setelah semua bahan dan bumbu-nya siap, mari kita bahas cara membuat Resep Sayur Brongkos dibawah ini.

Cara Membuat Resep Sayur Brongkos

  1. Didihkan air hingga panas kemudian masukan kacang brongkos dan masak hingga empuk, angkat dan sisihkan. Di wadah yang berbeda, rebus daging sapi hingga matang dan empuk, angkat dan tiriskan.
  2. Sediakan minyak lalu goreng tahu sambil di bolak balik hingga matang, angkat dan tiriskan. Sediakan penggorengan kembali lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga aromanya tercium wangi. Masukan lengkuas,serai, daun jeruk, daun salam gula serta cabe rawit, aduk rata hingga matang dan layu.
  3. Tambahkan kacang tolo, daging sapi, aduk agar tercampur rata. Tuangkan santan secara perlahan, jangan lupa sambil diaduk agar santannya tidak pecah. Masukan tahu, masak sebentar lalu angkat.
  4. Sayur Brongkos siap untuk dinikmati.

Karena Resep Sayur Brongkos diatas menggunakan daging sapi, kalian yang punya pantangan dengan daging sapi jangan khawatir karena ada Resep Sayur Brongkos Tanpa Daging Sapi.

Untuk kalian yang penasaran dengan resep-nya kalian bisa simak dibawah ini.

Resep Sayur Brongkos Tanpa Daging Sapi

resep sayur brongkos

Resep Sayur Brongkos Tanpa Daging Sapi ini mungkin bakalan jadi pilihan tepat untuk kalian yang mempunyai pantangan dengan daging sapi.

Untuk Resep Sayur Brongkos ini cara membuat-nya sangat mudah dan bahan-bahan nya juga mudah untuk kita dapatkan.

Berikut inilah bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan Resep Sayur Brongkos Tanpa Daging Sapi

  1. 1/2 kg kulit melinjo.
  2. 20 tahu Pong atau cokelat.
  3. 200 gram kacang Tolo atau kacang merah juga enak.
  4. 5 buah kacang panjang.
  5. 1 liter santan dari 1 butir kelapa.

Selain bahan-bahan diatas ada juga bumbu-bumbu halus yang diperlukan, dan berikut inilah bumbu-bumbu halus yang harus kalian siapkan terbidahulu.

Bumbu-bumbu Halus

  1. 6 butir bawang putih.
  2. 10 butir bawang merah.
  3. Kemiri secup-nya.
  4. 1/2 sendok makan ketumbar.
  5. Merica 1/2 sendok makan.
  6. 3 cabai besar merah.
  7. Garam secukup-nya.

Selain dari bumbu-bumbu halus diatas ternyata ada bumbu-bumbu pelengkap resep sayur brongkos tanpa daging sapi ini, berikut inilah bumbu pelengkap-nya.

Bumbu-bumbu Pelengkap

  1. 2 batang sereh yang telah digeprek.
  2. Jahe 2 cm yang telah digeprek.
  3. Lengkuas 2 cm yang telah digeprek.
  4. Daun jeruk 2 lembar.
  5. 2 lembar daun salam.
  6. 15 buah cabai rawit merah besar.
  7. Gula Jawa secukup-nya.

Setelah bahan-bahan, bumbu halus, dan bumbu pelengkap sudah kalian siapkan, baru kita mulai membahas cara membuat Resep Sayur Brongkos tanpa daging sapi. Berikut inilah langkah-langkah nya.

Cara Membuat Resep Sayur Brongkos Tanpa Daging Sapi

  1. Pertama tanah rebus kacang Tolo dulu ditempat lain.
  2. Tumis bumbu halus masukkan bumbu pelengkap kecuali cabai rawit tumis sampai harum.
  3. Masukkan kacang Tolo yang tadi direbus, kulit melinjo, tahu dan cabai rawit lalu tuang santan yang encer terakhir masukkan kacang panjang.
  4. Apabila air sudah agak menyusut masukkan santan kental aduk aduk koreksi rasa.
  5. Selesai, resep sayur brongkos tanpa gading sapi siap dihidangkan.

Bila kalian mau mencoba kreasi resep sayur brongkos lain-nya mungkin resep sayur brongkos buntet “buncis, tahu, tetelan”, bisa menjadi pilihan kalian.

Resep Sayur Brongkos Buntet

resep sayur brongkos

Seperti biasa kalian siapkan dulu bahan-bahan dan bumbu-nya, dan berikut inilah bahan-bahan yang harus kalian siapkan terbidahulu.

Bahan-bahan

  1. 250 gram tetelan(daging sapi).
  2. 150 gram buncis.
  3. 200 gram tahu putih yang dipotong dadu.
  4. 2 butir bawang putih yang dicincang halus.
  5. 4 butir bawang merah yang dicincang halus.
  6. 1 butir bombai kecil yang dipotong kasar.
  7. Cabe merah besar 1 buah yang dipotong kecil-kecil.
  8. 5 buah cabe rawit yang dipotong serong.
  9. Tomat merah besar 1 buah yang dipotong kecil.
  10. Daun salam 1 lembar.
  11. Lengkuas 1 ruas.
  12. 3 sendok makan saus saori.
  13. Kecap asin 2 sendok makan.
  14. 4 sendok makan kecap manis.
  15. 6 sendok makan minyak goreng untuk menumis.
  16. 500 ml air kaldu daging.

Setelah bahan-bahan diatas siap baru kita mulai bahas cara membuat-nya. Dan berikut inilah langkah-langkah membuat-nya.

Cara Membuat Resep Sayur Brongkos Buntet

  1. Rebus daging tetelan sampai empuk dan air rebusan pertama bisa dibuang, lalu rebus lagi dengan air yang bersih sampai empuk. Dan air kaldu-nya bisa di buat kuah, sisihkann500 ml. Setelah daging empuk lalu tiriskan dadu potong dadu. Kemudian goreng tahu yang di potong dadu tadi, setengah matang sisihkan, sisihkan juga potongn buncis-nya.
  2. Tumis semua bumbu dengan 6 sendok makan minyak goreng. Setelah harum masukkan buncis bertahap kemudian daging dan tahu nya. Lalu aduk sampai rata setelah selang 2 menit masukkan air kaldu. Kemudian tambahkan saus saori, kecap asin dan kecap manis, lalu masak sampai air agak menyusut, jangan terlalu menyusut agar ada sedikit kuah-nya. Angkat dan tiriskan.
  3. Resep Sayur Brongkos Buntet siap untuk disajikan dengan nasi hangat dan tambahan perkedel kornet.

Selain Resep Sayur Brongkos makanan khas dari Yogyakarta ada juga nama-nya Lele Mangut dan resep-nya telah saya bagikan pada postingan sebelum-nya dengan judul Resep lele mangut nikmat khas Yogyakarta.

Ada yang kurang rasa-nya jika kalian tidak mengetaui kandungan manfaat dari sayur brongkos ini, oleh karena itu berikut inilah manfaat dari bahan-bahan sayur brongkos bagi kesehatan.

Manfaat Dari Bahan Sayur Brongkos

Manfaat Kacang Tolo

1.Baik Untuk Pencernaan

Manfaat kacang tolo yang pertama untuk tubuh kalian adalah dapat menjadi sumber makanan yang baik untuk pencernaan. Kacang yang satu ini mengandung sejumlah serat yang akan membuat pencernaan kalian menjadi lancar.

2.Anti Sembelit

Salah satu khasiat kacang tolo dengan kandungan serat-nya dapat menjadi kacang anti sembelit yang menyehatkan. Kacang ini cukup mudah untuk dicerna dan tidak akan membuat usus kalian mengalamiu kesulitan untuk menyerap makanan.

3.Nutrisi Usus Besar

Manfaat kacang tolo salah satu-nya adalah menutrisi usus besar. Usus yang sehat akan membantu tubuh kalian dalam mendapat nutrisi yang cukup sehingga kesehatan tubuh kalian juga akan ikut terjaga.

4.Mengatasi Kolestrol Tinggi

Khasiat kacang tolo juga mampu untuk mengatasi kolesterol yang tinggi. Walaupun makanan yang satu ini berupa kacang, namun tubuh kalian tidak akan mengalami penambahan kadar kolesterol yang signifikan.

5.Menyehatkan Jantung

Manfaat kacang tolo untuk jantung kalian bisa digunakan untuk menutrisi jantung agar tetap sehat. Kandungan alami dalam kacang yang satu ini akan membuat jantung kalian berfungsi lebih optimal dalam bekerja di tubuh.

6.Mencegah Penyakit Hipertensi

Kegunaan kacang tolo ternyata mampu mencegah penyakit hipertensi. Makanan sehat yang satu ini mengandung banyak nutrisi baik untuk mencegah tekanan darah kalian menjadi naik sehingga hipertensi dapat dicegah dengan alami.

7.Baik Untuk Kesehatan Otot

Kesehatan otot kalian dapat lebih terjaga dengan kacang tolo. Kacang dengan banyak gizi ini mampu menjadi asupan yang baik untuk kesehatan otot kalian. kalian tidak akan mudah merasa kram maupun kaku ketika melakukan kegiatan.

8.Menguatkan Tulang

Kacang Tolo juga memiliki kandungan kalsium yang mampu menguatkan tulang. Kacang ini akan menyehatkan tulang kalian dan membuatnya senantiasa kuat tanpa mudah diserang penyakit pengeroposan tulang, yaitu osteoporosis.

9.Makanan Diet

Jika kalian ingin diet sehat tanpa merasa kelaparan, kacang tolo adalah makanan yang tepat. Kacang ini berguna untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan sesuai. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan mengonsumsi sayur dan buah.

10.Protein Tinggi

Kandungan protein dalam kacang tolo cukup tinggi, itulah mengapa jika kacang yang satu ini bisa menjadi sumber protein yang mudah untuk kalian konsumsi. Protein dapat memberikan efek yang baik pada kesehatan tubuh kalian.

Manfaat Daging Sapi

1 . Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam daging sapi terdapat berbagai kandungan nutrisi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh kamu menjadi lebih sulit terserang penyakit. Untuk itu perbanyak konsumsi daging sapi supaya tubuh lebih sehat dan kuat.

2 . Zat Besi Untuk Mencegah Anemia

Mengkonsumsi daging sapi dapat membuat kamu terhindar dari penyakit kurang darah atau anemia. Pada daging sapi terdapat kandungan zat besi yang menjadi penyusun utama sel-sel darah merah pada tubuh. Konsumsi daging sapi yang cukup dapat mencukupi sel darah merah yang dibutuhkan tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan anemia dapat teratasi. Selain itu zat besi dalam kandungan daging sapi juga memberi nutrisi kepada anak sehingga dapat tumbuh dengan baik dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

3 . Sumber Energi

Konsumsi daging sapi yang cukup dapat memenuhi kebutuhan energi kamu untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini karena dalam setiap 100 gram daging sapi dapat memberi asupan energi sekitar 250 kkal. Untuk itu daging sapi segar dapat dijadikan sajian yang membantu kebutuhan energi harian.

4 . Meningkatkan Massa Otot

Daging sapi cocok dijadikan menu harian sehat ketika Sobat Shopee sedang melakukan proses pembentukan tubuh. Hal tersebut karena pada daging sapi terdapat kandungan protein cukup tinggi yang dapat membantu meningkatkan massa otot tubuh. Konsumsi daging sapi dibarengi dengan olahraga teratur dapat membuat tubuh kamu lebih berbentuk.

5 . Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Bagi Sobat Shopee yang sedang luka dapat mencoba konsumsi daging sapi yang cukup. Karena protein dalam kandungan daging sapi dapat menjadi senyawa yang bermanfaat untuk membantu penyembuhan luka lebih cepat. Hal tersebut tentu dapat mencegah terjadinya infeksi dari luka.

Manfaat Tahu Putih

1. Nilai Gizi Tinggi

Tahu merupakan makanan rendah lemak namun tinggi protin. Tahupun memiliki kandungan sumber yang baik dari berbagai mineral, seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, seng, kalium. Dalam tahu juga memilki kandungan yang kaya akan vitamin-nya, seperti vitamin D, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat.

2. Mengurangi Kolesterol

Tahu mampu mengurangi kolesterol yang ada dalam tubuh dikarenakan tahu akan menyerap kandungan minyak goreng serta cairan lain yang telah terakumulasi dalam tubuh yang akan menyebabkan penyakit. Bahkan, apabila dibandingkan dengan daging-dagingan, tahu memiliki asam lemak yang jauh lebih rendah.

3. Anti Kanker

Adanya kandungan selenium pada tahu menjamin fungsi ideal dari sistem antioksidan dan melindungi dari kanker usus besar. Salah satu manfaat-nya yaitu sebagai pencegah kanker payudara karena kandungan isoflavon pada tahu. Orang yang biasa mengkonsumsi tahu sampai 25 persen akan megalami peningkatan terbentuk-nya hormone esterogen, yang akan mencagan timbulnya kanker payudara. Bahkan karena kandungan isoflavon ini juga mampu menurunkan resiko kanker prostat.

4. Baik Untuk Wanita Menopause

Tahu putih juga memiliki kandungan zat isoflavon yang dapat meniru erterogen yang akan membantu tahap pra menopause yang mana tubuh cenderung mengalami ketidakseimbangan esterogen. Isoflavon juga berfungsi meringankan rasa sakit saat menopause.

5. Bagus Untuk Kulit

Manfaat tahu putih salah satu-nya adalah bagus untuk kulit kita. Salah satunya adalah untuk meregenerasi kulit. Hal itu desebabkan karena kandungan protein pada tahu yang mampu meregenerasi kulit. Selain dari itu kandungan nutrisi yang terdapat pada tahu mampu mengurangi garis halus kulit dan sebagai anti aging untuk kulit. Kandungan zat saponin yang terdapat dalam tahu juga bermanfaat untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-poi kulit dan membantu pada pengelupasan sel kulit mati. Disisi lain kandungannya berupa vitamin E dan isoflavon sangat baik untuk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit. Pada jaman sekarang bahkan sudah banyak dijumpai penggunaan tahu sebagai masker wajah untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

Berbicara tentang kulit yang sehat dan cantik, kita bisa mendapatkan nya dengan sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung santan seperti es campur santan, resep sayur tahu santan, bubur kacang ijo, air kelapa muda dan makanan atau pun minuman yang lain nya.

6. Menjaga Kesehatan Darah

Tahu putuh juga memiliki zat besi yang sangat berguna untuk menjaga fungsi darah. Zat besi adalah bagian utama dari hemoglobin yang dapat membantu dalam produksi energy dan pelepasan oksigen dalam tubuh.

7. Bermanfaat bagi Kardiovaskular

Dengan mengkonsumsi tahu putih secara teratur produk kedelai seperti tahu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Dengan ini maka resiko penyakit kardiovaskular dapat diminimalisir.

8. Mencegah Anemia

Sebuah penelitian yang dilakukan di Cina menyelidiki tentang hubungan antara anemia dan tahu, dan hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa tahu terbukti menurunkan resiko anemia pada orang dewasa.

9. Membantu Pertumbuhan Rambut

Protein tahu yang sangat banyak bagus untuk suplemen alami bagi rambut. Kandungan keratin dalam tahulah yang menjadi sesab pertumbuhan rambut yang sehat.

Nah sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.