Select Page

Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat bubur ketan hitam yang tentunya lezat banget nih untuk disantab bersama keluarga.

Siapa sih yang nggak tahu bubur ketan hitam?. Mungkin sebagian besar dari anda sudah banyak yang tahu apa itu bubur ketan hitam. Bubur ketan hitam ini dapat dibilang mirip dengan bubur kacang hijau.

Dapat dikatakan mirip sebab dilihat dari proses pembuatan dan tampilannya pun mirip. Bedanya olahan ini berbahan dasar beras ketan hitam.

Seiring dengan perkembangan waktu kini farian cara membuat bubur ketan hitam pun menjadi beragam. Simak dan jangan lupa anda mengunjungi mesin peras santan kelapa untuk mencoba beberapa cara untuk membuat bubur ketan hitam berikut ini.

Beberapa Cara untuk Membuat Bubur Ketan Hitam :

1. Bubur Ketan Hitam

cara-membuat-bubur-ketan-hitam

Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 100 grm Ketan Hitam. Rendam Semalaman
  • 1 sdt Garam
  • 3 lembar Daun Pandan
  • 1 lt Air
  • 100 grm Gula Jawa. serut
  • 3 sdm Gula pasir
  • 1 lt Santan Kental

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam :

  1. Siapkan ketan hitam yang sudah direndam selama kurang lebih semalaman. Kemudian cuci ketan hitam hingga bersih
  2. Rebuslah ketan hitam dengan air mendidih kemudian berikan irisan gula merah dan gula pasir
  3. Setelah itu panaskan santan masukan daun pandan masak hingga mendidih
  4. Setelah semua siap langsung saja anda dapat menyajikan bubur ketan hitam dengan siraman kuah santan sesuai keinginan anda

2. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Tape

Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 1/4 kg ketan hitam
  • Secukupnya tape
  • 1 bungkus santan kara
  • 1/4 kg gula aren

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Tape :

  1. Rebuslah ketan hitam
  2. Setelah itu bikin santan unutk campuran
  3. Kemudian buat juruh(rebus gula aren)
  4. Setelah semua siap anda bisa menyajikan sesuai dengan selera dan keinginan anda. Tentunya mudah dan gampang banget kan

3. Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Menggunakan Rice Cooker

cara-membuat-bubur-ketan-hitam

Bahan Bubur :

  1. 1/4 kg ketan hitam
  2. 5 butir gula merah kelapa (yang kecil2)
  3. 6 gelas air

Bahan Saus :

  • 1 bungkus santan kara (65ml)
  • 2 gelas air

Bahan Pelengkap :

  • Daun pandan
  • Garam

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam :

  1. Cuci bersih ketan hitam,masukkan ke rice cooker, tambahkan 4 gelas air,daun pandan dan sendok teh garam,masak sampai nasi matang.
  2. Jadi setelah matang, anda bisa mencabut kabelnya.(dianjurkan dibuat pada malam hari)
  3. Pada keesokan harinya, anda tinggal sisir gula merah,pindahkan bubur ketan ke panci lalu panasi,tambah 2 gelas air,gula merah,aduk rata,setelah gula larut,anda bisa matikan api
  4. Utuk membuat saus,panasi santan ditambah dengan 2 gelas air,tambahin sedikit garam dan daun pandan,selesai
  5. Anda dapat menyajikan semua sesuai dengan keinginan dan selera anda

4. Bubur Ketan Hitam Jahe Saos Santan

Bahan Bubur :

  • 500 gram beras ketan hitam kualitas terbaik, cuci bersih
  • 250 gram kelapa parut atau 1/4 kg
  • 4 gelas belimbing air bersih
  • 1/4 Kg Gula pasir
  • 150 gram gula merah
  • 1 Sdm garam dapur
  • 4 Ruas jari jahe, memarkan

Bahan Saos Santan :

  • 100 gram kelapa parut
  • 2 gelas belimbing air bersih
  • 3 Sdm tepung maizena
  • 1/2 Sdm garam dapur

Langkah untuk Membuat Bubur Ketan Hitam :

  1. Pertama2 kita kukus dulu ketannya agar mudah lunak. 👍👍👍 jadi, panaskan kukusan dengan 4 gelas air belimbing
  2. Masukan ketan pada panci kukusan setelah air pada panci kukusan mendidih. Kukus ketan kurleb 10 menit.(api kompor sedang).
  3. Ambil air sisa kukusan tadi untuk membuat santan.
  4. Santan dr air kukusan ketan tadi modelnya seperti ini, sisihkan.
  5. Didihkan santan dr air kukusan tadi lalu masukan ketan yg telah di kukus tadi. Masukan jahe, gula merah, gula pasir dan garam dapur. Aduk terus hingga mendidih dan mengental.
  6. Setelah mengental seperti ini, matikan kompor. (Bubur ketan udah jadi..😉)
  7. Eksekusi Saos Santan
  8. Campurkan 500 ml santan kental dengan tepung maizena dan tambahkan garam dapur, aduk2 hingga rata lalu di masak dengan di aduk-aduk terus hingga meletup.
  9. Setelah santan di atas kompor meletup, matikan kompor. (Api kompor sedang) siap untuk disajikan sesuai selera anda.

Tips untuk Membuat Bubur Ketan Hitam :

1. Jenis Beras Ketan Hitam

Di pasaran ada dua jenis beras ketan hitam. Ada yang belum disosoh dengan warna ungu kehitaman gelap dan keras teksturnya. Ada juga yang sudah disosoh, dengan warna ungu muda ada sedikit sisa kulit ari di buliran beras ketan.

Selain itu juga ada beras ketan hitam lokal dan ada juga yang dari Thailand. Untuk mendapatkan bubur yang legit dan pulen, pilihlah beras ketan hitam yang sudah disosoh. Dilihat dari harganya kedua jenis beras ketan hitam ini hampir sama.

2.Perendaman

Agar beras ketan lebih mudah lunak dan lembut teksturnya sebelum direbus, sebaiknya rendam air dingin lebih dulu. Cuci bersih beras ketan hitam, tiriskan. Kemudian rendamlah beras ketan hitam yang sudah disosoh selama 2-3 jam.

Beras ketan akan sedikit mengembang dan air perendamnya berubah menjadi bening. Tiriskan beras ketan hingga agak kering.

 

3. Perebusan

Didihkan air secukupnya dalam panci. Beri 1-2 lembar daun pandan dan sedikit garam. Masukkan beras ketan hitam yang sudah ditiriskan.

Masak dengan api sedang sambil aduk sekali-sekali hingga beras ketan mekar dan air perebusnya menjadi kental. Kecilkan api dan lanjutkan mengaduk.

4.Penambahan Gula

Untuk memunculkan rasa yang manis yang enak, setelah beras ketan lunak, tambahkan gula pasir secukupnya. Masak kembali hingga bubur mengental. Bubur ini sudah mengeluarkan kanji yang membuat kuahnya menjadi kental kehitaman.

Karenanya tidak perlu menambahkan larutan kanji lagi. Setelah kental dan empuk, matikan api.

5.Saus Santan

Untuk melengkapi bubur yang legit, siapkan saus atau kuah santannya. Sebaiknya gunakan santan dari kelapa segar untuk mendapatkan rasa gurih alami. Rebus santan dengan api kecil bersama daun pandan dan sedikit garam hingga semua mendidih.

Angkat dan dingin. Saus santan siap disajikan bersama bubur ketan hitam. (odi/odi)

 

Manfaat Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam populer dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat alami penyakit diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin dalam darah maupun ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif dalam tubuh.

Adanya penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Biasanya, penyakit diabetes disebabkan karena kita kurang dalam berolahraga, gaya hidup yang buruk, merokok maupun konsumsi alkohol yang tinggi, kegemukan bahkan faktor keturunan.

Terkadang, untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah, anda perlukan melakukan perawatan dan obat-obatan yang terbilang mahal.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan obat alami yang berasal dari beras ketan hitam. Cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut.

Bahan-Bahan :

  • Beras ketan hitam murni tanpa ada campuran, kemudian cuci bersih
  • Sendok makan dan gelas belimbing
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat Ramuan :

  1. Masukkan 2-3 sendok beras ketan hitam ke dalm gelas
  2. Seduh beras ketan hitam dengan air panas hingga gelas penuh, tutup dan biarkan hingga dingin (kira-kira 1 jam lamanya)
  3. Minum air seduhan beras ketan hitam sebanyak 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam sebelum makan
  4. Biarkan ampas beras ketan hitam tetap berada dalam gelas dan gunakan untuk seduhan berikutnya sebanyak 2 kali.
  1. Setelah gula darah dirasa kembali normal, Anda masih dapat mengkonsumsi seduhan beras ketan hitam sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kestabilan gula darah Anda.

Selain sebagai obat alami penyakit diabetes, mengkonsumsi beras ketan hitam juga memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan bagi tubuh anda sebagai berikut :

1. Sebagai Bahan Olahan Makanan

Beras ketan hitam memang tidak populer untuk digunakan serta merta sebagai bahan makanan lansung konsumsi seperti beras lainnya.

Namun beras ketan hitam dapat diolah menjadi berbagi penganan lezat yang tidak kalah menarik seperti bubur ketan hitam, tape ketan hitam, bugis ketan hitam, martabak ketan hitam maupun bolu ketan hitam.

2. Sebagai Cadangan Bahan Makanan Bagi Tubuh

Kandungan energi dan karbohidrat yang tinggi pada beras ketan hitam dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dikarenakan makanan ini dapat dijadikan sebagai cadanga bahan makanan yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh tubuh.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Beras ketan hitam dapat digunakan untuk menjaga kelembabab kulit seperti jenis beras lainnya karena bersifat mendinginkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus dan cerah.

Cara memanfaatkannnya adalah dengan cara dijadikan sebagai lulur maupun masker wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati guna menggantikan sel mati tersebut dengan sel-sel kulit yang baru.

4. Membantu Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam beras ketan hitam dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya penyakit anemia. Anda dapat mendapatkan manfaat ini dengan cara mengkonsmsi beras ketan hitam sesekali sebanyak 2-3 kali dalam dalam seminggu.

Hal ini dikarenakan zat besi yang terkandung dalam beras ketan hitam dapat berfungsi untuk membantu produksi hemoglobin dalam darah yang dibutuhkan oleh penderita penyakit anemia.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Banyak yang mengatakan bahwa mengkonsumsi beras ketan hitam dapat membantu fungsi otak agar tetap baik dan berguna dalam pertumbuhan kognitif dan perkembangan otak.

Kekurangan fosfor dalam tubuh dapat menimbulkan resiko terjadinya masalah kognitif dan masalah neurologis lain yang pemicu timbulnya penyakit alzhemeir dan dimensia pada tubuh kita.

6. Membatu Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Fosfor dan kalsium yang terkandung pada beras ketan hitam dapat berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Fosfor dan kalsium ini memiliki peranan penting dalam membantu menjaga tulang dan gigi menjadi kuat, bahkan kekurangan fosfor dalam menyababkan penyakit tulang keropos atau yang sering disebut osteoporosis yang menyerang pada tulang orang dewasa.

7. Membantu dalam Proses Penyembuhan Luka

Konsumsi beras ketan hitam dapat membatu tubuh dalam mencukupi kebutuhan protein sehingga dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka maupun regenerasi sel dalam tubuh,

8. Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan yang ada pada beras ketan hitam dapat berfungsi dalam tubuh manusia untuk menjaga daya tahan tubuh serta mengobati tubuh dari beberapa macam penyakit yang ada.

Selain itu kandungan antioksidan ini juga dapat berguna untuk menangkal radikal bebas dan membantu tubuh anda untuk mencegah tumbuhnya sel-sel dalam tubuh yang memicu penyakit kanker dan penyakit tumor.

Ohya, antioksidan juga sangat membantu dalm mencegah terjadinya penuaan dini pada seseorang. Segitu banyaknya manfaat beras ketan hitam bagi kesehatan tubuh kita meskipun memang belum begitu populer namun manfaatnya tiada terkira.

Resiko Terlalu Sering Mengkonsumsi Santan :

Santan mungkin pada awalnya dapat memberikan cita rasa yang khas pada makanan. Selain itu konsumsi santan sebenarnya tidak memiliki dampak.

Namun ketika santan tersebut sudah dipanaskan maka dapat membentuk lemak trans dan asam lemak jenuh. Akibatnya dapat memberikan dampak yang bahaya bagi kesehatan tubuh seperti pemapaaran berikut :

1. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat terjadi karena tubuh kita terlalu sering mengkonsumsi santan. Santan memiliki kandungan minyak dan lemak.

Kelebihan konsumsi minyak dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan, dimana perut kita terasa kembung dan tidak nyaman. Selain itu juga bisa terjadi gangguan pencernaan.

2. Kolesterol

Mengkonsumsi santan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, santan memiliki kandungan lemak trans dan juga asam lemak jenuh.

Itu terbentuk ketika santan telah dipanaskan apalagi dalam jangka waktu lama. Ketika santan yang telah dipanaskan kemudian kita konsumsi, maka lemak tadi akan menyebabkan kadara kolesterol darah akan meningkat.

Kolesterol dalam darah merupaka lemak yang memilik dampak butuk bagi tubuh sehingga biasa digolongkan sebagai lemak jahat.

3. Iritasi Tenggorokan

Mengkonsumsi santan ternyata dapat mengiritasi tenggorokan. Pada banyak orang, mengkonsumsi santan mungkin hal biasa atau lumrah dan tidak menimbulkan efek apapun pada tenggorokan.

Namun pada orang-orang tertentu dengan sifat tenggorokan yang sensitif dan mudah terjadi iritasi, mengkonsumsi santan justru akan menambah gejala dari kondisi tenggorokan tersebut.

Kandungan lemak ataupun minyak dalam santan dapat memeperparah perasangan atau iritasi pada kulit tenggorokan yang sensitif tadi.

Akibatnya tidak sedikit orang yang akan mengalami penyakit seperti batuk, nyeri tenggorokan dan leher yang terasa berlendir.

4. Penyakit Jantung

Salah satu yang menjadi dampak karena sering mengkonsumsi santan adalah terkena penyakit jantung. Dengan itu maka membuat kadar kolesterol naik disebabkan oleh lemak jenuh dari santan.

Akibat kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung koroner. Kolesterol akan membentuk plak-plak pada pembuluh darah kita sehingga memperlambat atau menghalangi aliran darah.

Jika plak terbentuk berada di arteri koroner jantung, maka dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner pada tubuh kita.

5. Kram Otot

Mirip pada pembahasan sebelumnya, kram otot merupakan dampak dari seringnya mengkonsumsi santan. Kram otot terjadi disebabkan karena tingginya kolesterol dan membentuk plak-plak pada pembuluh darah kita.

Plak-plak yang terbentuk itu kemudian setelah terbentuk dan akan menempel pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah kecil yang menuju ke jaringan otot tubuh kita.

Otot merupakan jaringan yang membutuhkan kelancaran aliran darah agar memenuhi kebutuhan oksigen utnuk berjalannya proses metabolisme.

Namun, akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah menyebabkan aliran darah dan pasokan oksigen tersebut terganggu sehingga mengganggu fungsi otot, salah satunya menyebabkan rasa kram.

6. Stroke

Stroke merupakan damapk dari tingginya kolesterol akibat banyak mengkonsumsi santan. Sebenarnya hampir mirip dengan proses terjadinya serangan jantung koroner dan kram otot.

Stroke juga terjadi akibatnya terhambatnya aliran darah menuju otak oleh sumbatan plak-plak pada pmebuluh darah. Jika terjadi sumbatan menuju otak maka itu dapat menyebabkan terjadinya penyakit stroke.

Itu tadi beberapa pemaparan mengenai beberapa cara membuat bubur ketan hitam yang mudah untuk anda coba. Selain itu tadi juga sempat mengulas secara singkat mengenai manfaat beras ketan hitam bagi tubuh kita.

Selain itu saya juga sedikit memaparkan mengenai resiko yang akan muncul jika kita sering mengkonsumsi masakan yang mengandung santan. Jika teman-teman kesulitan dalam mengolah kelapa agar menjadi santan yang kental jangan khawatir teman-teman dapat menggunakan mesin santan kelapa.

Ehhh ada juga nih olahan yang mungkin dari anda yang penasaran dan ingin mencobanya

Resep Jenang Grendul Manis dan Lezat Mudah untuk Dibuat

Selamat mencoba.

× Whatsapp Kami!