Select Page

selamat pagi, siang, sore, malam sahabat mesin parut kelapa, kali ini saya akan membahas cara memasak santan agar tidak pecah dengan tips yang mudah sekali. sebelumnya sahabat sudah tahu kah apa itu santan pecah?. oke, kita bahas dulu bersama-sama.

santan pecah adalah dimana kondisi masakan yangm enggunakan bahan santan kental, kenampakan santannya menggumpal dan tidak menyatu dalam (kuah) masakannya.banget terjadi untuk masakan yang hanya menggunakan santan encer. Bisa dibayangkan dong kalo misalnya opor ayam, lodeh, ataupun soto betawi hasil masakmu; santannya memisah dan tidak berpadu cantik dengan kuahnya, penampilannya pasti jadi tidak menarik.

Selain penampilan sajiannya menjadi sangat tidak menarik, cita rasanya sudah pasti terpengaruh. Dan yang pastinya aroma rasa santan tidak ada

Tips Mudah Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Pakai Api Kecil

Saat merebus santan, jangan pernah menggunakan suhu api yang terlalu tinggi, terlalu cepat mendidih akan membuat santan tidak akan tercampur dengan bahan lainnya. Oleh karena itu, gunakanlah api kecil setiap kali hendak memasak makanan berbahan dasar santan.

Terus Diaduk

Nah, yang satu ini juga sering diabaikan. Biasanya kita merebus santan itu hanya mengaduknya sesekali saja sembari menunggunya mendidih. Padahal, santan harusnya diaduk secara terus menerus supaya rasanya makin lezat dan mudah tercampur dengan bahan lainnya secara keseluruhan.

Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah di Masukkan Waktu Terakhir

Tiap kali memasak santan, pertama-tama rebus santan terlebih dahulu, setelah itu angkat dan dinginkan pada wadah terpisah. Jangan langsung mencampurkan santan dengan bahan lainnya, sebaiknya masukkan santan pada saat tahap akhir memasak. Dengan begitu masakan bersantan tidak akan pecah dan gurihnya pun merata.

Gunakan Santan Bubuk

Selain menggunakan santan cair, Sasa Cooks bisa juga menggunakan santan bubuk sebagai pengganti santan cair tersebut. nah, sasa menghadirkan varian santan bubuk yang memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan santan biasa. Seperti harganya yang jauh lebih murah, jauh lebih praktis, dan juga lebih tahan lama dibandingkan dengan santan cair. Dengan Sasa Santan Bubuk, dijamin makanan bersantan tidak akan pecah ^^.

itu tadi cara memasak santan agar tidak pecah. saya akan menambahkan bagaimana cara membuat santan dengan kental.

Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah Dengan Tekstur yang Kental

 

cara memasak santan agar tidak pecah

Bahan Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Langkah Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah

  • Masukkan kelapa parut dengan 250ml air panas dalam satu wadah. Diamkan sesaat hingga turun suhunya.
  • Remas-remas campuran tersebut hingga keluar sari dari kelapa.
  • Berikutnya peras kelapa parut di atas saringan. Pisahkan ampas di wadah lain. Remas terus hingga seluruh parutan kelapa terperas.
  • Siapkan mangkuk untuk menampung santan beserta saringan di atasnya.
  • Tuang kembali 250ml air panas ke mangkuk berisi ampas kelapa yang sudah diperas tadi. Diamkan sesaat lalu lakukan remas kembali seperti cara sebelumnya.

Kriteria cara memasak Santan Agar Tidak Pecah

Agar dapat menghasilkan sebuah santan kelapa yang baik seharusnya kalian juga dapat memilih beberapa kriteria kelapa-kelapa yang baik agar dapat menghasilkan santan yang bekualitas tinggi. Karena makanan sehat adalah idaman semua manusia, langsung saja berikut tips-tipsnya:

  • Tentukan keperluannya
  • Membedakan kelapa yang tua dan yang muda
  • Aroma dan bau
  • Proses pengolahan

5 Tips Menyimpan Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah Mudah Tanpa Basi

Jika pada pembahasan awal tadi saya sudah membahas tentang cara memasak santan agar tidak pecah maka kali ini saya akan membahas cara menyimpan santan yang sudah dibuat tadi agar tidak mudah basi jadi berikut langkah-langkahnya.

1. Simpan Santan Di Wadah Tertutup

Salah satu bahan makanan yang rentan busuk bila disimpan di wadah terbuka adalah santan. Dengan memakai wadah yang sembarangan untuk menyimpan santan hanya akan meningkatkan risiko santan terkontaminasi kotoran, debu, serta bakteri yang akan mempercepat pembusukan.

Untuk proses penyimpanan santan lebih awet dan tahan lama, sebaiknya saring santan sebanyak dua kali hingga kotoran benar-benar hilang. Lalu, simpanlah santan di dalam wadah kedap udara yang sebelumnya sudah dicuci menggunakan air panas.

2. Rebus Santan Dengan Garam Sebelum Disimpan

Biasanya santan yang baik akan bertahan lama sampai dua hari setelah proses penyaringan yang untuk dijadikan bahan makanan. Jika ingin menyimpan santan dalam jangka waktu yang lama, salah satunya dapat dilakukan adalah merebusnya bersama beberapa jumput garam.

Taburkan setengah hingga satu sendok teh garam ke dalam santan, lalu biarkan hingga mendidih dan mengeluarkan letupan. Karena garam dapat meningkatkan rasa gurih dan lezat pada santan.

3. Simpan Di Dalam Freezer

Setelah proses perebusan, santan akan bertahan hingga empat hari bila disimpan di dalam kulkas. Bila disimpan di dalam freezer akan lebih tahan lama dibanding di simpan di dalam kulkas.

Dengan menyimpannya ke dalam sebuah freezer, santan akan tetap segar selama satu hingga dua bulan lamanya. Ketika akan diolah, pindahkan santan dari freezer lalu biarkan hingga santan benar-benar mencair.

4. Beri Lebel Tanggal Pada Wadah Pembungkus

Sebelum dibekukan ke dalam sebuah freezer, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal penyimpanan santan. Agar kamu dapat mengetahui masa kedaluwarsa santan buatanmu. Pencantuman masa kadaluwarsa akan menurunkan risiko dari santan, karena terlalu lama disimpan di dalam kulkas.

5. Hindari Penggunaan Wadah Berbahan Logam

Jangan menyimpan santan menggunakan wadah yang terbuat dari besi atau logam lainnya. Menggunakan wadah logam akan mempengaruhi rasa asli santan. BUkan hanya itu, bagian tutup pada wadah logam umumnya tidak serapat wadah kedap udara, sehingga bakteri lebih rentan menempel dan merusak santan.


Ciri-Ciri Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah yang Baik

Sahabat mesin tau bahwa santan yang temen-temen buat atau beli itu adalah santan yang sehat dan baik maka saat ini saya juga akan memberikan pembahasan sedikit tentang ciri-ciri santan yang baik.

1. Tidak Bau Tengik.

  • Kerusakan Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah Dari Segi Kimia

Penyebab lain santan cepat rusak adalah kandungan lemaknya yang tinggi, bahkan bisa mencapai 30%. Kandungan asam lemak jenuh rantai yang tinggi sehingga sangat riskan terkena kerusakan (secara ilmiah disebut kerusakan “hidrolitik”). Inilah yang menyebabkan santan cepat tengik.

  • Kerusakan Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah Dari Segi Mikrobiologi

Karena santan adalah bahan yang netral (tidak terlalu asam) dan berkadar air tinggi sehingga mikroba sangat suka dengannya. Sayangnya mikroba-mikroba ini punya aktivitas yang bermacam-macam, bahkan banyak pula mikroba yang justru mempercepat kerusakan santan. Kerugian dari mikroba ini menghasilkan penyakit dan beberapa dalam perubahan flavor. Juga bisa menyebabkan santan cepat tengik.

2. Rasanya Gurih dan Sedikit Manis

Dengan rasa yang manis akan membuat makanan yang menggunakan santan lebih tambah enak, dan pilih kelapa yang tidak tua banget

3. Tidak Pecah atau Memisah Ketika Dimasak.

Memasak menggunakan api yang tidak terlalu besar supaya santan yang dimasak tidak terlalu cepat matang karna akan menimbulkan santan yang pecah pecah.


Manfaat Dari Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Nah dari tips-tips tersebut dan cara membuat santan kental tadi saya juga akan memberikan informasi tentang berbagai macam manfaat santan yang dapat kamu ketahui, dengan demikian hal ini juga dapat memberikan sedikit pengetahuan lagi untuk kalian semuanya.

Nutrisi

Santan mengandung vitamin, mineral, elektrolit, potasium, kalsium, dan khlorida. Hanya pada satu jenis bahan makanan, Anda bisa memperoleh berbagai nutrisi di dalamnya. Jadi santan sangat meiliki banyak sekali nutrisi yang dikandungnya.

Lemak Jenuh

Santan memiliki kandungan lemak jenuh yang tersusun dari asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai sedang. Lemak tersebut lebih mudah menjadi energi dan tidak menumpuk di dalam tubuh. Maka dari itu meski santan mengandung lemak jenuh, Anda tetap bisa mengkonsumsinya ketika sedang diet.

Asam Laurat

Setengahnya dari sebuah asam lemak jenuh yang terdiri atas asam laurat memiliki fungsi sebagai anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-jamur. Dalam arti lain, santan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meredakan Sakit

Jika anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul,cobalah untuk mengkonsumsi santan.Santan dipercaya dapat meredakan penyakit tersebut.Jadi disamping untuk bahan makanan santan juga bisa digunakan sebagai obat.

Perawatan Kulit

Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Dan bisa juga digunakan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.

Karena sifatnya yang melembapkan, santan dapat menenangkan gejala psoriasis, dermatitis dan eksim. Asam lemak alami dalam santan ini dapat membantu mengobati iritasi serta menangkal bakteri dari permukaan kulit.

Anti Penuaan

Konsumsi santan atau aplikasi di kulit akan meningkatkan elastisitas kulit, karena kandungan vitamin C dalam santan akan menjadikan kulit lebih elastis dan memperlambat proses penuaan kulit.

Santan kelapa tak hanya berguna sebagai bahan masakan, seperti sayur lodeh atau rendang yang sedap, namun bisa dimanfaatkan untuk merawat rambut. Apa saja, sih, manfaat santan untuk kecantikan rambut?


Manfaat Santan Untuk Kesehatan Rambut

 

cara memasak santan agar tidak pecah

Kondisioner Alami

Karena teksturnya yang licin dan berminyak, santan dapat difungsikan sebagai kondisioner alami. Di dalam minyak alami, santan menjadikan rambut lebih lembut dan mudah diatur. Caranya, oleskan santan pada rambut setelah keramas, seperti menggunakan kondisioner.

Selain itu, jika rambut kusut, Anda bisa meneteskan sedikit santan dan menyisirnya. Rambut akan terurai tanpa menjadi patah.

Memperbaiki Rambut Rusak

Santan sangat ampuh untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak. Santan kelapa memiliki kandungan minyak dan nutrisi yang sangat tinggi, sehingga mampu memberi kelembapan alami dari akar hingga ujung rambut. Penggunakan santan untuk creambath yaitu teteskan santan pada kulit kepala dan pijat selama 3 sampai 5 menit.

Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas rambut Anda seperti biasa. Cara ini akan memulihkan rambut yang rusak, kering, rapuh, dan bercabang, serta meningkatkan kesehatan folikel rambut.

Menyuburkan Rambut

Jangan khawatir, santan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan rambut sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Santan yang kaya protein mampu menyehatkan kulit kepala. Lakukan creambath dengan santan seminggu sekali. Dengan cara santan kental di oleskan pada kulit kepala dan rambut, serta pijatlah kepala untuk memperlancar peredaran darah agar nutrisi santan terserap sempurna.

Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut Anda.

Mengatasi Ketombe

Musuh besar rambut adalah ketombe. Munculnya dipicu oleh bakteri atau ketidak seimbangan pH pada kulit kepala dan rambut. Jangan khawatir tentang kandungan yang terdapat pada santan kelapa karena dapat mengusir ketombe. Lakukan campur santan, jus nanas, dan air kelapa di oleskan di rambut anda.

Porsi sesuai kira-kira sendiri. Pakai campuran ini untuk mencuci rambut 3-5 hari sekali. Setelah itu, jangan lupa membilas rambut dengan air.

Bukan hanya santan sendiri yang bisa menjaga kesehatan untuk rambut, lebih baik. Jika ada bahan campurannya seperti dibawah ini akan lebih indah, dan mempesona untuk tampil lebih percaya diri.

Santan dan Madu

Rebus potongan kelapa dengan api kecil selama 5-10 menit. Saring dan biarkan hingga dingin. Tambahkan beberapa tetes madu dan aduk hingga merata. Usapkan santan yang telah dicampur madu tersebut pada rambut Anda dan biarkan selama 35 menit. Madu dan santan dapat memelihara rambut dan juga membantu merawat rambut rontok.

Santan, Yogurt dan Jus Lemon

Siapkan santan segar dan campurkan dengan yogurt, tambahkan juga beberapa tetes jus lemon. Jus lemon dapat merawat rambut rontok, juga membunuh bakteri dari kulit kepala yang dapat menyebabkan infeksi. Jus lemon juga dapat membantu menghilangkan ketombe.

Sementara yogurt adalah bahan yang sangat bagus untuk perawatan rambut. Lakukan cara merawat rambut ini dua kali dalam seminggu untuk mengobati rambut rontok dan ketombe.

Santan dan Minyak Amla

Untuk mengobati rambut rontok secara alami, Anda dapat mencoba perawatan rambut yang satu ini. Gunakan santan segar yang telah dipersiapkan memang untuk merawat rambut. Campur santan dengan minyak amla hangat dan pijat pada kulit kepala.

Lakukan hingga ujung rambut. Biarkan selama 25 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan lanjutkan dengan menggunakan shampo.


Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendirikan Peluang Usaha Cara Memasak Santan Agar Tidak Pecah

Jika setelah membaca artikel tadi temen-temen ingin mendirikan sebuah peluang usaha untuk memproduksi santan. Maka sebelum memulai peluang usaha tersebut temen-temen harus mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan peluang usaha tersebut.

Jadi ini adalah penjelasan sebelum memulai peluang usaha ini, dan akan saya paparkan hal-hal yang harus temen-temen perhatikan dalam memulai peluang usaha ini, agar temen-temen juga memiliki sebuah dasar yang cukup memumpuni selain dari cara membuat santan kental.

Modal

Hal pertama yang harus temen-temen perhatikan adalah modal karena hal ini akan memiliki pengaruh dalam proses produksi, banyak barang yang diprodduksi, dan pasti temen-temen akan sangat membutuhkan mesin.

Cara memasak santan Agar Tidak Pecah Jenis Santan Kelapanya

Kalau temen-temen berfikir jika santan itu hanya ada dalam bentuk cair maka hal itu sangatlah salah karena santan memiliki beberapa jenis ada santan cair, santan bubuk, dan santan kental,jadi kalian perlu memahami jenis santan yang sangat cocok dalam proses pembuatan santan yang kalian inginkan tadi.

Pasokan Kelapa Untuk Cara memasak santan Agar Tidak Pecah

Dalam hal ini temen-temen harus memperhatikan daerah sekitar kalian karena jika daerah sekitar temen-temen adalah termasuk salah satu daerah pemasok kelapa maka modal yang anda keluarkan bisa lebih menurun,kecuali jika sebaliknya.

Target Market

Untuk yang terakhir ini kalian harus mengetahui dimana hasil produksi kalian akan dipasarkan karena hal tersebut juga akan mempengaruhi dari modal dan penghasilan yang akan temen-temen dapat juga.

 

resep bolu kukus pandan santan