Select Page

Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat olahan yang identik dengan jajanan anak yaitu cara membuat agar agar santan gula merah yang lezat.

Siapa sih yang nggak tahu olahan agar agar. Mungkin diluaran sana banyak jenis olahan yang berbahan dasar agar-agar. Jika anda merasa bosan dengan olahan yang begitu begitu saja. Anda bisa mencoba olahan yang satu ini.

Dengan perkembangan waktu banyak lah farian cara membuat agar agar santan gula merah. Olahan ini cocok untuk dibuat dirumah untuk cemilan putra putri anda karena terjamin tingkat kebersihannya.

Ini nih ada beberapa cara untuk membuat agar agar santan gula jawa yang bisa anda coba dirumah. Di baca, di pahami dan jangan lupa dicoba.

6 Cara Membuat Agar Agar Santan Gula Merah

1. Agar-Agar Santan Gula Merah

cara membuat agar agar santan gula merah

Bahan yang Disiapkan :

  • 1 bks agar2 swallow globe rasa plain
  • 200 grm gula merah
  • Santan kara 1 bks uk.65 ml
  • 800 ml air putih (air minum)
  • Gula putih secukupnya

Cara Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah :

  1. Langkah pertama anda iris gula merah sampai halus
  2. Campurkan semua bahan yang telah disiapkan ke dalam panci
  3. Masak diatas api sambil dan terus diaduk, setelah mendidih angkat dan tuangkan ke wadah sambil dinginkan.. Setelah dingin potong dan sajikan sesuai selera anda.

2. Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah

Bahan Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah :

  • air 500 ml
  • gula merah 180 g iris kasar
  • bubuk putih agar-agar 3 sdt
  • daun pandan 1 lembar ( dibuat bersimpul )
  • santan kental 300 ml
  • garam secukupnya

Cara Membuat Agar-Agar Lapis Santan Gula Merah :

  1. Masukan gula merah, air, agar agar serta daun pandan ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga mendidih lalu kecilkan apinya. Masak sekitar 20 menit hingga agar agar larut.
  2. Campurkan garam dan santan kemudian pisahkan daun pandan dari agar agar, tuangkan santan kedalam larutan agar agar. Masak kembali sampai mendidih, lalu angkat.
  3. Tuangkan agar agar ke dalam cetakan atau loyang, dinginkan hingga mengeras. Jika sudah dingin, anda dapat menyimpan didalam kulkas agar lebih enak.
  4. Saat sudah dingin secara otomatis santan akan berada diatas dan lapisan gula jawa berada dibawahnya.
  5. Olahan agar agar lapis santan gula merah siap dinikmati.

3. Resep Agar-Agar Santan Gula Merah

Bahan yang Perlu untuk Disiapkan :

  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sdt pasta moka
  • 600 ml air
  • Gula merah 100 gram
  • santan kental 200 ml  (saya pake kara)

Cara Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah :

  1. Campur agar-agar, santan, gula dan 300 ml air, aduk sampai tercampur rata.
  2. Masak gula merah dengan 300 ml air, lalu saring dan campurkan dengan adonan agar-agar. Masak sambil diaduk sampai mendidih
  3. Tuang ke dalam cetakan puding. Buang busanya. Dinginkan

4. Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah

Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 1 agar-agar swallow globe yang merah (aku pake seadanya di rumah)
  • Gula jawa dua buletan sedang
  • 1/2 cangkir teh gula pasir (sesuaikan selera)
  • 70 ml Santen sun kara
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air 700 ml
  • Loyang/mangkuk unik untuk mempercantik agar-agar buatan kita
  • 1 jari kayu manis atau vanili (pilih salah satu)

Langkah Pembuatan :

  1. Rebus air, sembari itu potong tipis gula jawa. Setelah air mendidih masukkan gula jawa yang sudah dipotong tipis dan gula pasir.
  2. Masukkan kayu manis bersama dengan gula jawa, aduk sampai gula jawa larut (aku pakai kayu manis karna aroma dan rasanya lebih alami aja aja sih)
  3. Saring air gula dan buang kayu manis
  4. Agar lebih efisien, sebelum menyalakan api kompor ke proses selanjutnya, masukkan garam dan bubuk agar-agar swallow kedalam air gula yang sudah disaring
  5. Nyalakan api kompor kecil aja, tuangkan santan kara kental kedalam campuran air gula, lalu aduklah. Setelah santan sudah tidak ada yang menggumpal baru besarkan api dengan nyala sedang. Tunggu sampai mendidih.
  6. Tuangkan ke loyang atau tempat seadanya hehe

5. Agar Santan Gula Merah

cara membuat agar agar santan gula merah

 Bahan yang Perlu Disiapkan :

  • 200 gram gula merah (sesuai dengan selera)
  • gula pasir 50 gram
  • 2 bungkus agar-agar swallow (putih/coklat)
  • air bersih 800 gram
  • 1 butir telur utuh kocok lepas
  • air santan 200 gr (boleh pakai santan instan atau 1/2 btr kelapa)
  • garam halus 1/4 sdt (opsional)
  • Secukupnya kayu manis/daun pandan

Cara Membuat Agar Agar Santan Gula Merah :

  1. Pertama larutkan gula merah, gula pasir dan garam tambahkan air sebanyak 400 gram. Masak dengan api sedang hingga semua gula larut, jika sudah sisihkan dan tunggu dingin.
  2. Setelah air gula dingin. Siapkan panci lalu masukkan agar2 dan vanili. Saring air gula ke dalam panci dan masukkan sisa air yaitu 400 gram. Campurkan semua hingga rata lalu masak dengan api sedang sambil terus di aduk2 hingga mendidih.
  3. Kemudian masukkan air santan, lalu aduk rata dan tambahkan telur yang sudah di kocok terlebih dahulu.  Hingga mendidih dan matang.
  4. Jika sudah mendidih. Matikan segera kompor. Aduk2 terus hingga uap panas dan busa hilang. Setelah itu, tuang ke dalam loyang secara perlahan. Diamkan hingga dingin lalu masukkan ke dalam lemari pendingin. Setelah dingin lalu keluarkan dari loyang dan siap di hidangkan. Selesai.

6. Resep Agar Agar Santan Gula Merah

Bahan :

  • 1/4 kilo gula aren(atau sesuai selera)
  • 1/2 biji  buah pala
  • 4 cm kayu manis
  • 1 lembar daun pandan
  • 6 gelas santan
  • 1 gelas air putih
  • 2 bungkus bubuk agar-agar merk favorit Anda
  • 1/4 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1  butir telur diambil kuningnya, kocok lepas

Langkah Pembuatan :

  1. yang pertama masukkan air putih, gula aren, kayu manis, biji buah pala, daun pandan dan campur seluruh bahan tersebut, panaskan sambil sebentar diaduk sampai gula aren menjadi larut. Setelah itu disaring
  2. Campurkan  larutan gula aren tadi dengan santan yang sudah dipersiapkan.
  3. kemudian masukkan bubuk agar – agar, tambahkan garam, dan gula pasir. Jika dirasa masih kurang manis, anda dapat menambahkan gula sesuai selera anda.
  4. Masak sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  5. Apabila agar-agar sudah mendidih, ambil sedikit dan masukkan kedalam kuning telor yang sudah dipersiapkan, aduk dengan cepat. Setelah itu masukkan ke dalam agar-agar.  Lakukan hingga semua tercampur dengan rata.
  6. Masukkan agar-agar ke dalam loyang atau cetakkan, kemudian dinginkan.
  7. Siap dinikmati, atau simpan kedalam kulkas.

Oh iya nih selain pemaparan mengenai cara membuat agar agar santan gula merah. Ada juga nih sedikit ulasan mengenai manfaat mengkonsumsi agar agar bagi kesehatan tubuh anda. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anda. Walau hanya sedikit namun semoga saja bermanfaat secara optimal.

Manfaat Mengkonsumsi Agar Agar Bagi Kesehatan Tubuh :

Agar-agar atau yang sering disebut dengan agar, yang sering kita makan diperoleh dari hasil pengolahan rumput laut merah tertentu.

Selain untuk dikonsumsi, agar-agar juga dapat dimanfaatkan dalam bidang kedokteran gigi seperti untuk membuat cetakan gigi.

Di pabrik agar juga dapat digunakan sebagai bahan dalam emulsi, suspensi, gel, dan supositoria tertentu. Yang tak kalah mengejutkan, agar-agar diduga memiliki efek yang menyehatkan tubuh kita.

Sebab olahan ini dapat menyehatkan kita jika kita menderita susah buang air besar, diabetes, dan obesitas.

1. Obesitas

Mengkonsumsi agar-agar setiap hari selama 12 minggu dan memilih diet rendah lemak diduga mampu mengurari berat badan dan indeks massa tubuh pada pasien obesitas yang juga menderita diabetes tipe 2.

Tapi, penelitian ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

Bila dilihat dari sebuah teori, bahwasannya mengkonsumsi agar-agar membuat kita cenderung merasa kenyang. Kita pun jadi tidak banyak mengonsumsi makanan lain atau berhenti makan setelah hanya beberapa suap.

Namun sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung teori penurunan berat badan ini.

2. Diabetes

Menurut penelitian yang sama pun, mengkonsumsi agar-agar selama 12 minggu didukung denngan diet rendah lemak diduga dapat menghasilkan penurunan berat badan pada tubuh kita.

Karena asupan kalori yang berkurang dan perbaikan parameter metabolik yaitu  penurunan kadar kolesterol dan indek massa tubuh. Namun, penelitian ini pun juga masih membutuhkan studi yang lebih lanjut untuk mengetahui kebenarannya.

3. Susah Buang Air Besar

Pada agar-agar mengandung zat seperti gel yang menumpuk pada usus kita. Hal tersebut merangsang usus dan membuat usus menjadi lebih aktif dari biasanya sehingga dapat memperlancar gejala susah buang air besar.

Itulah sebabnya agar-agar biasa digunakan sebagai pencahar. Tapi, pernyataan tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Yuk, rasakan manfaat agar-agar mulai dari sekarang. Namun jika Anda bosan membuat olahan agar-agar yang biasa aja, resep berikut ini bisa dicontoh dan dipraktekkan.

Bahan :

  • 200 gram biskuit gandum, hancurkan
  • 1 buah lemon, peras airnya dan parut kulitnya
  • 75 gram mentega, cairkan
  • 3 sendok makan agar-agar putih
  • 400 gram tahu putih
  • 1 sendok makan krim keju
  • 400 gram krim kelapa atau santan kental
  • Beberapa tetes ekstrak vanilla
  • Buah beri segar atau saus beri
  • 115 gram gula kastor atau gula pasir

Cara membuat :

  • Masukkan biskuit yang sudah dihancurkan dengan mentega hingga rata. Taruh adonan dalam loyang kue berdiameter 20 cm. Tekan-tekan dan ratakan hingga menutup seluruh permukaan loyang.
  • Kemudian masak air, agar-agar, dan air perasan lemon menggunakan api kecil. Aduk sampai agar-agar larut.
  • Campur tahu, krim keju, krim kelapa, ekstrak vanila, gula, dan kulit lemon dalam food processor. Giling sampai halus.
  • Tuang dan ratakan adonan tahu ke atas adonan biskuit. Dinginkan di lemari es selama satu jam sampai memadat. Sajikan dengan buah beri segar atau saus beri jika tersedia.

Yuk, makan agar-agar mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan  tubuh kita. Tapi ingat, tidak ada cara mengurangi berat badan yang instan.

Untuk mendapatkan efek kurus dari agar-agar, Anda juga perlu menjalani diet rendah lemak dan rutin berolahraga

Selain manfaat olahan agar agar kali ini saya juga akan sedikit mengulas mengenai khasiat santan bagi kesehatan tubuh anda. Semoga dengan sedikit pemaparan saya berikut ini dapat menjadi suatu ilmu yang bermanfaat bagi anda semua.

Khasiat Santan Bagi Tubuh

1. Menjadi Sumber Lemak yang Baik

Santan mengandung lemak jenuh yang terbilang tinggi, tapi jenisnya tidak berbahaya karena termasuk trigliserida rantai pendek hingga sedang, bukan termasuk pada trigliserida rantai panjang.

Jenis ini berbentuk molekul yang sederhana, sehingga mudah larut dalam air.

Lemak ini juga lebih cepat dalam menghasilkan energi dan mempercepat metabolisme, karena perpindahan dari usus kecil menuju hati lebih mudah. Jadi hanya sedikit residu lemak yang terbentuk di dalam jaringan lemak.

Selain itu, santan mengandung asam lauric yang lebih mirip dengan lemak baik dalam ASI, bukan lemak jahat yang terdapat pada daging.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar LDL atau kolesterol baik dalam tubuh bisa meningkat jika anda mengkonsumsi santan dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.

Ada suatu rekomendasi yang mengatakan baiknya santan dikonsumsi tak lebih dari seperempat hingga setengah cangkir sehari.

Lebih baik lagi jika kita mengkonsumsi santan yang dikombinasikan dengan bahan-bahan seperti sayuran, ayam, serta tofu.

3. Terdapat Vitamin dan Mineral yang Diperlukan Tubuh

Berbagai jenis vitamin mineral penting juga terkandung didalam santan. Di antaranya kaya zat besi, magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, dan folat.

Terdapat pula vitamin A, D, E, K, dan B16 juga bisa ditemukan. Selain itu, satan juga mengandung thiamin, niacin, kolin, asam pantothenic, dan kalsium.

4. Mencegah Penuaan karena Kaya Antioksidan

Zat antioksidan dipercaya mampu membantu mencegah penuaan dan menangkal radikal bebas.

Bukan hanya itu, santan juga mengandung asam yang terbukti dapat membunuh tiga organisme aterogenik utama, yakni penyebab pembentukan plak pada arteri dan pemicu penyakit jantung.

5. Upaya Menjaga Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat yang bisa kita dapat dari santan adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti kita tahu, vitamin C bisa membantu menjaga daya tahan tubuh kita dari penyakit.

Selain itu asam laurat, antimikroba, dan asam kaprat yang terdapat dalam santan tersebut berfungsi sebagai antibakteri, antifungi, dan antivirus pada tubuh kita.

Berbagai kandungan tersebut juga mampu  menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus berbahaya, seperti influenza hingga herpes.

6. Memelihara Keindahan Rambut

Santan dapat menjadi salah satu alternatif untuk merawat rambut anda yang tidak sehat, seperti rambut kering, rambut rontok, mengatasi ketombe, mempercepat penumbuhan rambut, dan menutrisi kulit kepala.

Caranya hanya dengan membalurkan santan ke rambut anda hingga merata ke kulit kepala sambil dipijat dengan perlahan.

Selanjutnya bilas lalu cuci rambut menggunakan sampo seperti biasa. Untuk anda yang memiliki masalah dengan rambut mengembang, bisa juga diatasi dengan mennggunakan masker campuran santan dan lemon.

7. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Sebab santan tersebut bermanfaat sebagai pelembab alami, santan baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda.

Mulai dengan mencegah timbulnya garis halus di wajah anda, mencegah kekeringan, mengencangkan, hingga mencerahkan kulit wajah.

Santan juga bisa berfungsi sebagai makeup remover yang ampuh, lho! Caranya hanya dengan mencampurkan minyak kelapa dan santan dengan perbandingan 1:2, tuang atau celup kapas ke campuran tersebut, lalu usapkan pada wajah.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai farian beberapa cara membuat agar agar santan gula merah. Selain itu saya juga sedikit menyinggung mengenai manfaat agar agar bagi kesehatan tubuh kita. Sedikit juga ada sedikit uraian mengenai khasiat yang terkandung pada santan bagi kesehatan tubuh kita.

Bagi anda yang gemar dengan berbagai macam olahan santan dan anda ingin mencobanya dirumah jika anda ingin membaca

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam yang Mudah dan Lezat selamat mencoba dan semoga berhasil yang jelas kenyangnya.