Select Page

Wajik (Bahasa Jawa :ꦮꦗꦶꦏ꧀) merupakan salah satu kuliner di indonesia. Kue wajik memiliki beberapa nama yang berbeda-beda di setiap tempat. Kue wajik sendiri lebih terkenal di kota Jawa Tengah. Kue wajik kalau di sumatra di sebut pulut manis. Jika wajik terbuat dari ketan disebut ketan wajik. Selain wajik memiliki nama yang berbeda-beda, dan di indonesia wajik bermacam-macam wajik. Wajik yang paling sering kita temui di warung terdekat adalah wajik ketan yang berasal dari beras ketan. Meskipun di kenal luas seluruh indonesia, kue ini pun sangat terkenal di negara tetangga, sehingga kue ini sering kali diakui sebagai kue khas negara tetangga indonesia. Cara membuat wajik kletik sangatlah mudah.

Seringkali saya mampir kewarung terdekat untuk membeli wajik yang dijual disana ,makanan ini merupakan makanan yang sering dijual diwarung terdekat dan banyak yang membeli nya karena murah dan enak untuk di makan saat sarapan. Enaknya rasa manis legit membuat kue ini masih diminati hingga sekarang walaupun jarang sekarang di jual di warung terdekat.

Wajik Kletik

Wajik kletik adalah kue yang diakui khas dari Blitar. Wajik kletik juga memiliki bahan utama yang sama dengan wajik ketan yaitu beras ketan. Bedanya wajik kletik dengan wajik ketan adalah, wajik kletik dibungkus kecil-kecil menggunakan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung akan disetrika supaya terbebas dari bakteri sehingga wajik menjadi lebih tahan lama.

Cara Membuat Wajik Kletik

Cara Membuat Wajik Kletik Sederhana

Cara Membuat Wajik Kletik

Bahan

  • 200 gram beras ketan
  • Parutan kelapa (dari 1 kelapa tidak muda ataupun tua)
  • 500 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar”
  • 1 buah nanas ukuran besar(parut pakai tangan)

Cara Membuat Wajik Kletik Sederhana

  1. Rendam beras ketan atau bisa juga langsung masak seperti masak nasi kemudian sisihkan, kalau masak di majic com  bisa kok
  2. Masak dulu kelapa parut diatas wajan aduk”sampai berbau harum,setelah masak/ kering masukkan semua bahan dari beras ketan yg sudah dimasak,gula pasir ma parutan nanas,kecuali agar”nya
  3. Campur dan aduk jadi satu,aduk”terus sampai agak kering baru masukkan agar”nya aduk terus sampai ada berwarna keputihan dipinggiran wajan berarti dah masak.
  4. Angkat diamkan 10 menit baru bungkus dngn kertas minyak dan siap disajikan.

Cara Membuat Wajik Kletik Bandung

Bahan

  • 250 gr ketañ putih
  • 1 butir kelapa parut setengah tua
  • 300 gr gula pasir (bisa dikurangi)
  • 1 buah nanas kecil, parut
  • 1 agar plain
  • 1 bungkus vanili
  • Secukupnya pasta/pewarna makanan
  • Secukupnya kertas roti, potong kecil sesuai selera

Cara Pembuatan Wajik Kletik Bandung

  1. Rendam beras ketan minimal 2 jam, cuci bersih lalu kukus. Bisa juga masukin ke rice cooker (cling jadi deh haha, next deh). Kelapa parutnya aku gongseng dahulu biar kering dan tahan lama (kukus juga bisa).
  2. Masukkan semua bahan, aduk² sekitar 1 jam hingga tidak ada air dan liat (tidak nempel di wajan dan tangan ketika sudah dingin).
  3. Bungkus dg kertas roti warna warni yg sudah dipotong sesuai selera.
  4. Jemur wajik yg telah dibungkus di bawah terik matahari. Memang setelah dijemur akan lengket, tapi insyaalloh besoknya penampilannya akan ciamik

Cara Membuat Wajik Kletik Pandan

Cara Membuat Wajik Kletik

Bahan

  • 120 gram beras ketan
  • 500 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa kering dan di tambah 100 ml air panas biar basah
  • 1/2 bungkus agar-agar bubuk (merk walet)
  • 1/2 sdm pasta pandan
  • 120 gram nanas(penambah rasa dan aroma

Cara Membuat Wajik Kletik Pandan

  1. Siapkan semua bahan yang ini dipakai
  2. Beras ketan di masak sampai matang
  3. Siapkan teflon supaya biar mudah saat mengaduk dan tidak lengket di wajan, lalu campurkan semua bahan termasuk ketan yang sudah matang dan diaduk terlebih dahulu sampai rata, dan kemudian nyalakan api ,selanjutnya masak dengan menggunakan api sedang ke kecil supaya tidak sampai gosong ,di aduk supaya biar bisa matang merata lalu aduk terus dan masak selama 50 menit sampai berasa berat & legit.
  4. Jika sudah matang bisa langsung dibungkus dengan kertas minyak atau kertas roti yang berukuran besar atau kecil sesuai wajik yang dibuat dan jika kalau tidak cepat di bungkus adonan wajik akan mengeras tapi jangan takut kalau mengeras bisa kukus adonan wajik lunak kembali tanpa rusak.

Cara Membuat Wajik Kletik Ijo

Cara Membuat Wajik Kletik

Bahan

  • 1/4 beras ketan
  • Gula
  • Perasa pandan
  • secukupnya Garam
  • Santan(saya pake fiber cream)
  • Pewarna makanan hijau tua

Cara Membuat Wajik Kletik Ijo

  1. Rendam ketan semalaman
  2. Masak ketan yang sudah yang sudah di rendam selama 30 menit kemudian tiriskan
  3. Buat adonan air garam santan dan gula lalu aduk sampai mendidih kemudian, masukkan ketan dalam wajan teflon selanjutnya aduk dan kasih pewarna perisa pandan lalu diaduk sampai meresap dan angkat taruh kedalam wadah.

Cara Membuat Wajik Kletik Gula Merah

Bahan

Untuk 2 loyang

  • 1 kg beras ketan
  • 2 bks santan kara
  • 7 butir gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 1 bks vanili bubuk
  • 1 lonjor jahe
  • 500 mili Air

Cara Membuat Wajik Kletik Gula Merah

  1. Rendam Ketan dengan Air panas selama 3 jam
  2. Kemudian tiriskan, lalu kukus 27-30 menit
  3. Masukan 2 santan 500 ml kedalam air, lalu masukan gula, garam, vanili, jahe geprek, dan daun pandan, selanjutnya diaduk-aduk sampai air lumayan menyusut dan meletup, dan kemudian masukkan ketan yang sudah dikukus tadi, aduk sampai air menyusut, dan ketan kluar minyak serta di aduk terasa berat.
  4. Setelah matang, taruh ketan di atas nampan / wadah yg sudah di olesi minyak agar tidak lengket, tekan jika sudah dingin baru di potong-potong.

Cara Membuat Wajik Kletik V2

Bahan

  • 1 kg gula pasir
  • 2 batok kelapa (kupas kulit yang diluarnya dan lalu diparut)
  • 100 gr tepung ketan
  • secukupnya Pewarna makanan
  • bungkus Kertas minyak warna-warni untuk

Cara Membuat Wajik Kletik V2

  1. Di baskom, campurkan semua bahan yang sudah disiapkan, diaduk-aduk sampai tercampur rata semuanya.
  2. Lalu pindahkan ke wajan, dan masak dengan api kompor paling kecil sambil diaduk terus supaya bahan membuat wajik tidak gosong.
  3. Jika mengaduknya sudah terasa lumayan berat dan ada yang berwarna putih di pinggir wajan berarti adonan wajik sudah matang dan selanjutnya angkat.
  4. Selanjutnya, ketika adonan lagi panas langsung dibungkus dengan kertas minyak yang berwarna dan harus segera dibungkus karena jika wajik tidak dibungkus terlebih dahulu ,wajik akan menjadi dingin dan mengeras.

Cara Membuat Wajik Kletik legit

 

Bahan

  • 250 gr ketan putih
  • 1 kg gula pasir
  • 2 bh kelapa parut
  • 1 bks vanili
  • Sejumput garam

Cara Pembuatan Wajik Kletik Legit

  1. Pertama rendam ketan selama 2 jam, kemudian tiriskan lalu masak sampai matang dinginkan.
  2. Kemudian campur semua bahan remas sampai lumer.
  3. Kemudian masukan wajan masak dengan api sedang cenderung kecil sambil diaduk trus, bila dipingiran wajan ada warna putih berarti udah matang, Kalau saya msaknya 1 jam..
  4. Angkat wajik dan lalu bungkus dengan menggunakan kertas roti yang berwarna sebelum dingin dan bisa dibungkus jika masih panas.

Cara Membuat Wajik Kletik Beras Ketan Tanpa Kukus

Bahan

  • 500 gr beras ketan
  • 2 bks santan kara + air 600 ml
  • 200 gr gula merah
  • daun pandan

Cara Pembuatan Wajik Kletik Beras Ketan Tanpa Kukus

  1. Cuci bersih beras ketan rendam 2 jam.
  2. Masukkan semua dlm panci serbaguna (saya pake Hakasima Ovencook) aduk2 terus jika masih kurang manis tambahkan gula pasir sampai keset.
  3. Cetak di mapan stlh dingin potong sesuai selera.

Cara Membuat Wajik Kletik Hitam Manis

Bahan

  • 1 kg beras ketan
  • 1 kg gula jawa (pilih yg warna kehitaman)
  • 1 ruas jahe
  • 1000 ml air santan

Cara Membuat Wajik Kletik Hitam Manis

  1. Rendam beras ketan selama 3 jam
  2. Kukus beras ketan 1/2 jam
  3. Rebus santan bersama gula dan jahe sampai mendidih lalu mengental.
  4. Sisihkan jahe dan masukkan beras ketan yg sudah dikukus dalam keadaan masih panas/hangat lalu aduk terus sampai air habis dan kalis.
  5. Ambil tampah kecil/ atau nampan alasi dengan plastik bersih kemudian tuangkan wajik selagi panas lalu ratakan dan diamkan dalam suhu ruangan.

Cara Membuat Wajik Kletik Bandung Anti Galau

Bahan

  • 1 mug susu putih lalu masak di magic com biar menghemat waktu dan bisa bersantai sementara lalu sisihkan.
  • 2 buah kelapa parut harus dikukus terlebih dahulu, dan supaya lebih hemat tenaga saat aduk daripada ketimbang menggunakan kelapa di sangrai dan langsung sisihkan
  • 1 kg gula putih
  • 1 bungkus agar-agar (aq pakek merk satelit yang warna putih, asal jangan menggunakan agar-agar nutrijen)
  • 1 buah nanas yang sudah masak lalu diparut
  • secukupnya Vanili
  • secukupnya Garam
  • Kertas minyak untuk membungku

Cara Membuat Wajik Kletik Bandung Anti Galau

  1. Masak nanas hingga sedikit airnya.
  2. Masukkan gula halus,lalu dimasak sampai mencair, kemudian masukan bubuk vanili dan garam secukupnya.
  3. Masukan pulut yang telah dimasak tadi. Aduk hingga merata, setelah pulut merata(tidak ada yang mengumpal) masukan kelapa parut, aduk.
  4. Gunakan api yang sedang supaya adonan masak dengan sempurna dan bisa menghemat gas
  5. Adonan diaduk hingga tidak lengket lagi didalam kuali, jika dilakukan dengan menggunakan tangan dan apabila di tangan tidak lengket berarti adonan sudah selesai.
  6. Matikan kompor, angkat. Setelah dingin bungkus dengan kertas minyak.
  7. Jemur di bawah terik Matahari

Cara Membuat Wajik Kletik Bandung Kenangan Manis

Bahan

  • 300 gr beras ketan putih
  • 1 kg gula pasir
  • 400 gr kelapa parut (putihnya aja ya)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bks agar2
  • Seperlunya daun pandan/ pewarna/vanilli (saya pake daun pandan)

Note : untuk takaran bisa saja kurang atau lebih disesuaikan dengan selera

Cara Membuat Wajik Kletik Bandung Kenangan Manis

  1. Kukus beras ketan hingga matang dan sebelum dikukus lalu rendam sekitar 30 menit.
  2. Oseng kelapa sebentar dengan daun pandan kemudian masukan semua bahan juga beras ketan yg sudah mateng sampai menyatu dan gula sudah mengeluarkan buih/meletul letup.
  3. Bungkus wajik dgn kertas minyak sesuai ukuran dan selera kemudian angin2kan dirumah selama 2 hari.

Wajik Kletik Gula Jawa (Solo)

Bahan

  • 1 kg beras ketan
  • 1/2 kg gula jawa
  • 1 butir kelapa utuh (untuk santan)
  • 3 lembar daun pandan
  • secukupnya garam

Cara Membuat Wajik Kletik Gula Jawa (Solo)

  1. Beras ketan direndam satu malam, dibersihkan, kemudian di kukus selama 1/2 jam.
  2. Diangkat, campur dengan air sedikit demi sedikit (kurang lebih satu gelas) sambil di aduk-aduk (dikaru)
  3. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian ketan dikukus lagi selama 15-20menit.
  4. Rebus air santan (kental) 4 gelas cukup, campurkan dengan 1/2 kg gula jawa, beri garam secukupnya dan 4 lembar daun pandan. Rebus sampai menjadi seperti menggulali.
  5. Setelah ketan matang, dan rebusan gula jawa sudah seperti gulali, masukkan ketan kedalam gula jawa sambil diaduk-aduk dengan api paling kecil.
  6. Setelah tercampur rata, ketan dengan air gula jawa tuangkan kedalam loyang yang sudah disiapkan. Dinginkan baru kemudian potong-potong sesuai selera. Wajik ketan siap disajikan.

Wajik Kletik Magic com

Bahan

  • 1 gelas megicom beras ketan (masak dlu d dlm megicom smp matang)
  • 5-6 gelas gula pasir,(gelas megicom)
  • 6-7 gelas klapa parut kering, gelas megicom kelapa basah lebih bagus ,karena saya tidak ada kelapa basah, jadi pakai kelapa kering
  • 1/2 bungkus bubuk agar” walet
  • sedikit nanas untuk mnambah aroma
  • sejumput garam

Cara Membuat Wajik Kletik Magic com

  1. Aduk terus menerus biar tidak lengket terlalu banyak di wajan, aduk aduk saya kemaren aduk sampai 1 jam lebih hingga tidak mengering tapi jangan sampai kering.
  2. Pas masih panas begitu siapkan kertas roti saya pakai kertas roti yg udah di potong bulat dan bungkus 1 sendok makan lalu ditekan
  3. Biarkan tertiup angin 1 hari 1 malam diluar biar hasilnya bagus lalu siap di simpan di dalam toples.

Wajik Kletik Hijau

Bahan

  • 60 gr beras ketan
  • 300 gr gula (asli 400gr)
  • 1 kelapa parut agak muda
  • Sejumput vanili bubuk
  • Secukupnya pewarna manakan (saya pakai pasta pandan)
  • Secukupnya kertas

Cara Membuat Wajik Kletik Hijau

  1. Rendam 1-2 jam beras Ketan.lalu kukus sampai matang angkat
  2. Campur kentan kelapa parut Dan gula pasir aduk rata lalu Masukan pewarna makanan aduk rata masak diatas kompor
  3. Masak sampai pingiran wajan putih dan agak kering lalu bungkus sajikan

Wajik Kletik Lebaran

Bahan

  • 250 gr ketan yg sdh matang
  • 1 butir kelapa muda
  • 300 gr gula pasir
  • 1 buah nanas parut
  • 1 agar agar walet
  • 1 vanili
  • secukupnya Pewarna ijo /panda

Cara Membuat Wajik Lebaran

  1. Siapkan bahan, dan masak bahan jadi satu ,lalu berikan pewarna secukupnya saja, dan aduk sampai bener tidak lengket. Masak dengan api kecil dikompor selama 1 jam.
  2. Bungkus Wajik selama masih hangat menggunakan kertas roti yang berwarna, bungkus sesuai  yang diinginkan.
  3. Jemur di tempat panas agar sedikit kering.
  4. Selamat anda sudah berhasil

Wajik Kletik Saudara

Bahan

  • 1 cup beras ketan
  • 5 cup gula pasir
  • 6 cup kelapa kering
  • 1/2 bungkus agar-agar bubuk
  • 1 cup nanas
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat Wajik Kletik Saudara

  1. Rendam ketan selama 3 jam. Lalu masak dalam magic com sampai matang dan kemudian parut nanas.
  2. Letakkan nasi ketan, gula, kelapa, bubuk agar-agar dan nanas parut dalam panci atau menggunakan wajan besar.
  3. Masak dengan api kecil di kompor dan selama kurang lebih 1 jam. Sambil diaduk-aduk dan adonan semakin lama semakin berat. Jika pinggiran wajan sudah ada berkerak putih tandanya sudah matang. Angkat dan pindahkan ke wadah lain tunggu sampai hangat.
  4. Ambil satu lembar kertas roti. Taruh adonan di tengah dan tutup lalu sedikit ditekan

Wajik Kletik Mertua

Bahan

  • 1 butir kelapa jangan terlalu tua
  • 500 gr gula pasir
  • 60 gr beras ketan
  • Secukupnya Pasta pandan
  • Secukupnya pasta strawberry

Cara Membuat Wajik Kletik Mertua

  1. Rendam beras ketan min 2 jam,cuci lalu kukus hingga tanak dan empuk.
  2. Setelah empuk bagi menjadi 2 bagian lalu campurkan kelapa dan gula beri masing masing pasta pandan dan pasta strawberry aduk aduk hingga rata.
  3. Masak dengan api kecil sambil di aduk aduk agar tidak gosong.Jika diaduk sudah terasa berat dan pinggiran wajan ada putih putihnya berarti sudah matang,angkat diamkan beberapa menit.Siapkan kertas minyak untuk membungkus.
  4. Bungkus sampai selesai

Sekarang Kamu Sudah Tau Kan Cara Membuat Wajik Kletik

Semoga sudah ya. Kan, saya sudah memberikan bahan dan pembuatannya apa saja hal yang penting bagi pembuatan wajik adalah harus siap untuk membuat maupun itu wajik apa yang penting bisa di buat menarik mungkin. Selain itu anda juga bisa membaca artikel tentang Cara memasak tengkleng enak dengan beragam resep

 

× Whatsapp Kami!