Select Page

Halo teman-teman kembali lagi nih bersama saya. Nah pada kali ini kita akan mengulas tentang sebuah Cara Membuat Es Doger Dengan Resep Yang Istimewa. Nah jadi mari cepat-cepat kita simak pembahasan kali ini tentang Cara Membuat Es Doger Dengan Resep Yang Istimewa.

Oke temen-temen sebelum saya memulai pembahasan tentang cara membuat wedang bajigur, apakah temen-temen tahu apa itu wedang bajigur?? Dan darimana asalnya?? Mari kita simak pembahasan berikut.

Apa Itu Es Doger?

Es doger, Anda mungkin sudah beberapa kali menikmatinya. Walaupun sudah terkenal, tahukah Anda asal muasal es doger?

Bicara tentang es doger, sebagian orang hanya tahu bahwa minuman ini berisi tapai, susu, santan, ketan hitam, dan pacar cina. Berawal dari sebuah es serut, es doger kini semakin dikenal.

“Dahulu, tempat lahirnya di Kota Cirebon, es doger hanya dijual pikulan. Namanya cuma es serut.

Tetapi dikarenakan sudah mulai memakai gerobak, makanya beruba nama menjadi es doger, singkatan dorong gerobak,” kata Rukhiyat, penjual es doger, di kawasan Kebon Sirih, Jakarta.

Dengan berubahnya nama dari es serut menjadi es doger, diakuinya berubah pula rupa es doger. Es doger kini ditambahkan banyak sekali bahan, bahkan termasuk buah.

Dulu, es doger tidak memakai alpukat, kelapa, atau nangka karena aslinya es doger hanya memakai ketan hitam, serta pacar cina.

“Es doger tadinya hanya dijajakan untuk pelega tenggorokan saja karena zaman dulu susah mendapatkan minuman dingin, makanya dikreasikanlah es doger,” tutupnya.

Nah jadi seperti itu asal mula dari nama dari sebuah minuman es doger. Jadi sekarang langsung saja kita mulai pembahasan kita tentang cara membuat es doger, berikut cara membuat es doger.

Cara Membuat Es Doger Dengan Resep Yang Istimewa

Cara Membuat Es Doger Dengan Resep Yang Istimewa

Bahan-Bahan:

  • Bahan kuah
  • 700 ml air
  • 65 ml santan kemasan
  • 3 sdm gula
  • 5 sdm krimer kental manis cocopandan (Tambahkan jika Suka manis)
  • 1 lembar daun pandan
  • Pendamping
  • Potongan roti tawar
  • Tape ketan
  • Tape Singkong
  • Biji mutiara
  • Daging kelapa muda
  • Es batu

Cara Membuat Es Doger:

  1. Rebus air,gula,daun pandan,krimer kental manis dan santan hingga gula larut dan mendidih,sisihkan, biarkan dingin.
  2. Penyajian : dalam mangkok, tuang kuah,beri es batu dan bahan pendamping lainnya. Jika kurang manis Tambahkan krimer kental manis cocopandan

Oke temen-temen cukup mudah bukan resep tadi tentang cara membuat es doger. Nah resep cara membuat es doger ini bisa kalian coba saat ini, dan saya jamin rasanya pasti enak.

Macam-Macam Resep Olahan Cara Membuat Es Doger

Dalam cara membuat es doger banyak sekali aneka resepnya dan pasti hasil cita rasanya juga bisa lebih enak. Berikut saya akan merekomendasikan beberapa resep cara membuat es doger yang cocok untuk kalian coba.

Resep Cara Membuat Es Doger Ketogenic

Resep Cara Membuat Es Doger Ketogenic

Bahan-Bahan:

  • tape secukupnya buang tengahnya
  • selasih rendam dulu
  • roti tawar keto 1 lembar potong kotak kotak kecil
  • gula jawa tropicana slim
  • cocopandan syrup tropicana slim
  • yogurt biokul rasa ceri
  • es batu secukup nya

Cara Membuat Es Doger Ketogenic:

  1. Ambil gelas lalu masukkan yogurt sebagai lapisan paling bawah
  2. Lalu di atasnya tambahkan selasih yang sudah direndam
  3. Lalu masukkan es batu sedikit lalu berikan potongan roti tawar dan tape lalu tambahkan lagi es batu
  4. Terakhir siram dengan gula jawa dan syrup coco pandan

Resep Cara Membuat Es Doger Buah

Resep Cara Membuat Es Doger Buah

Bahan-Bahan:

  • 400 ml santal kental
  • 50 gr gula pasir
  • 500 ml air
  • Sejumput garam
  • Secukupnya sirup cocopandan

Isian:

  • Blewah
  • Melon

Cara Membuat Es Doger Buah:

  1. Campur semua bahan, kecuali sirup cocopandan
  2. Masak hingga mendidih, aduk2 terus agar tidak pecah, matikan api
  3. Setelah agak dingin tuang sirup cocopandan secukupnya aja, sampai rata dan manisnya pas
  4. Masukkan isian kedalam wadah, beri SKM, kemudian tuang santannya dan masukkan kulkas.

es doger akan menjadi es krim yang nikmat bila diolah menggunakan mesin es krim.

Resep Cara Membuat Es Doger Ekonomis

Resep Cara Membuat Es Doger Ekonomis

Bahan-Bahan:

  • 200 ml santan cair
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdm perwarna merah makanan
  • 1 sdt garam (resep asli gak pake)

Cara Membuat Es Doger Ekonomis:

  1. Panaskan gula dan santan cair dalam panci hingga agak mendidih.
  2. Masukkan perwarna sambil terus diaduk hingga berbuih
  3. Pindahkan ke dalam wadah lalu masukkan ke frezer hingga membeku -/+ 6-8 jam
  4. Keluarkan es lalu tunggu hibgga es bisa dikeruk.
  5. Siap disantap. Lebih mantap jika dimakan dengan nangka, daging kelapa, roti tawar,dll. Bisa diberi susu kental manis, taburan kacang, sesuka selera.

Resep Cara Membuat Es Doger Spesial Ramadhan

Resep Cara Membuat Es Doger Spesial Ramadhan

Bahan-Bahan:

  • 400 ml santan kental
  • Secukupnya sirup cocopandan
  • 50 gr gula
  • 500 ml air
  • Sejumput garam
  • 2 lbr daun pandan

Isian:

  • Secukupnya cincau potong kotak
  • 2 sdm tape singkong
  • Secukupnya kelapa muda
  • 2 sdm susu kental manis

Cara Membuat Es Doger Spesial Ramadhan:

  1. Campur air, santan, gula, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih. Aduk – aduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api.
  2. Setelah dingin, beri sirup cocopandan secukupnya aduk sampai rata dan sampai manisnya pas. Disini saya tidak menggunakan pewarna dan gula pasir yg banyak, krn pewarna dan rasa manisnya sudah dari sirup coco pandan.
  3. Kemudian tuang ke dalam wadah. Masukkan freezer sampai beku kurleb 6 jam.
  4. Tatalah pelengkap es doger ke dalam gelas atau batok kelapa.Beri es yg sudah dikerok2 dengan sendok atau sendok es krim. Beri susu kental manis. Sajikan

Resep Cara Membuat Es Doger Warna Warni

Resep Cara Membuat Es Doger Warna Warni

Bahan-Bahan:

  • 6 gelas santan
  • secukupnya Gula pasir
  • secukupnya Pewarna makanan merah
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • Secukupnya gula
  • 4 1/2 gelas air
  • sesuai selera Pewarna makanan

Cara Membuat Es Doger Warna Warni:

  1. Masak santan dan gula sampai mendidih. Angkat. Beri pewarna merah. Biarkan dingin. Masukkan di freezer sampai beku. (Aku semalam).
  2. Masukkan air, gula dan agar-agar masak sampai mendidih. Angkat. Bagi agar-agar jadi 3 mangkok. Beri pewarna yang berbeda di setiap mangkuknya. Biarkan dingin dan keras. Setelah keras parut agar-agar dengan parutan keju.
  3. Penyajian : taruh agar_agar digelas (digelas ada 3 warna agar-agar). Serut santan yang sudah beku dengan sendok. Agar mudah menyerutnya, taruh santan yang sudah beku kira_kira 30 menit di suhu ruang. Baru di serut.

Resep Cara Membuat Es Doger DEBM

Resep Cara Membuat Es Doger DEBM

Bahan-Bahan:

  • Nutrijell orange (potong dadu)
  • 1 1/2 pcs sun kara uk 65 ml
  • 1 tetes Pewarna buatan warna merah
  • 2 sachet gula diebetasol ukuran 1gr
  • 1 tetes Pewarna buatan warna hijau muda
  • 1 tetes pewarna buatan warna orange
  • Es batu

Cara Membuat Es Doger DEBM:

  1. Masukan kara kedalam 3 buah gelas.
  2. Masukan pewarna yang berbeda beda kedalam gelas tersebut.
  3. Beri air secukupnya (posisi warna tergantung pada kekentalan kara, jika meninginkan warna santan tersebut di atas maka santan harus lebih encer dibanding dibawah.
  4. Tambahkan masing-masing gelas dengan sedikit gula diabetsol (1sachet untuk 3 gelas santan) kemudian aduk aduk.
  5. Masukan santan warna hijau, terlebih dahulu, kemudian warna merah muda, kemudian warna orange.
  6. Beri esbatu secukupnya, sajikan.

Resep Cara Membuat Es Doger Ketan Hitam

Resep Cara Membuat Es Doger Ketan Hitam

Bahan-Bahan:

  • 1/2 buah mangga mateng
  • 6 buah strawberry
  • Secukupnya ketan hitam
  • Secukupnya tape singkong

Kuah:

  • 150 ml air
  • 5 sendok fiber creme
  • secukupnya Es batu

Cara Membuat Es Doger Ketan Hitam:

  1. Potong mangga kotak-kotak, strawberry belah menjadi 4 sisihkan
  2. Bikin kuah: larutkan fiber creme bersama air sisihkan
  3. Ambil gelas, susun ketan hitam di dasarnya, lapisan selanjutnya tape singkong, ketan hitam, yg paling atas taruh potongan mangga Dan strawberry
  4. Kemudian siram dengan larutan fiber creme
  5. And enjoying

Resep Cara Membuat Es Doger Sukabumi

Resep Cara Membuat Es Doger Sukabumi

Bahan-Bahan:

  • santen kental
  • gula pasir
  • garam uyah
  • alpukat mentega
  • sirop cocopandan merah
  • kelapa muda
  • susu kental manis
  • bubur ketan hitam
  • peuyeum sampeu
  • jelly

Cara Membuat Es Doger Sukabumi:

  1. Campurkan santan, gula pasir, garam, alpukat mentega,Aduk hingga rata
  2. Masukan ke priser
  3. Lalu diserut

Resep Cara Membuat Es Doger Kelapa Jelly

Resep Cara Membuat Es Doger Kelapa Jelly

Bahan-Bahan:

  • 1 bh kelapa muda utuh
  • 1 bh nutrijell jelly (rasa bebas)
  • Susu kental manis
  • Sirup Cocopandan
  • Air

Cara Membuat Es Doger Kelapa Jelly:

  1. Masak nutrijell jelly sesuai dengan petunjuk pada kemasan, dinginkan, dan potong-potong dadu
  2. Campurkan semua bahan : kelapa, jelly, sirup cocopandan, dan susu kental manis. Tambahkan air dan es.

Resep Cara Membuat Es Doger Campur

Bahan-Bahan:

  • 1 sachet Nutrijel plain
  • 1 Nutrijel kelapa muda
  • Stefia drop 7 tetes
  • 70 ml Santan klatu
  • 3 pewarna makanan @ 2 tetes

Bahan Minuman Es Doger:

  • 3 sachet santan klatu 70 ml
  • 2 lembar daun pandan diikat simpul
  • 1/2 sdt garam
  • 7 sachet diabetasol
  • 300 ml air
  • 1/4 sdt vanila bubuk

Hiasan:

  • Parutan Keju

Cara Membuat Es Doger Campur:

  1. Masak nutrijel kelapa muda dgn 350 ml air,stefia drop 4 tetes dan 1 bungkus santan klatu,sambil sesekali diaduk sampai mendidih,angkat tuang di cetakan
  2. Masak nutrijel plain,tambahkan air 300 ml dan 3 tetes stefia,mendidih angkat
  3. Bagi menjadi 3 wadah,tiap wadah diberi pewarna yg berbeda(me: merah,ungu,hijau)
  4. Warna ungu
  5. Warna hijau
  6. Masak minuman doger,sambil sesekali diaduk sampai mendidih
  7. Setelah dingin,potong kotak jelly berwarna,dan serut jelly kelapa
  8. Tempatkan di gelas saji,tata potongan jelly,tuang minumannya,kasih topping keju parut
  9. Sajikan

Manfaat Mengkonsumsi Es Doger

Jika  tadi saya sudah jelaskan macam-macam cara membuat es doger yang pastinya enak, maka saat ini saya akan menjelaskan manfaat dari mengkonsumsi es doger. Semoga bermanfaat bagi temen-temen.

  • Pelindung Mata

Bisa meningkatkan tingkat lutein sehingga bisa melindungi dari terjadinya degenerasi makular dan juga pembentukan katarak.

  • Mengurangi Kolesterol

Beta-sitosterol yang terkandung pada alpukat ini bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

  • Pencegah Stroke

Tingkat folat yang tinggi pada alpukat selain sangat baik untuk ibu hamil juga bisa berperan sebagai pencegah stroke.

  • Penyerapan Nutrisi Yang Lebih Baik

Mengkonsumsi Alpukat bisa meningkatkan jumlah karotenid yang diserap dari makanan sampai 5 kali. Selain itu nutrisi yang terkandung pada alpukat juga bisa mengurangi peradangan lambung dan juga peradangan pada lapisan mukosa usus halus.

  • Makanan Sehat Untuk Otak

Alpukat ini memiliki khasiat bisa mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Nutrisi alami pada alpukat misalnya saja seperti vitamin E, omega, dan lemak sudah terbukti secara klinis bisa menghentikan penyakit Alzheimer.

  • Untuk Kesehatan kulit

Kandungan dari lemak dan juga vitamin E yang ada pada alpukat ini dipercaya bisa menjaga keindahan kulit serta dapat memperlambat datangnya keriput.

  • Sumber Makanan Berserat

Selain mengandung serat larut, alpukat juga mengandung serat tidak larut. Jadi selain bisa membantu mengurangi kadar kolersterol, juga memiliki kemampuan untuk menjaga fungsi usus dan juga membantu menghindari lonjakan gula darah paska makan.

  • Sumber Vitamin E

Alpukat juga dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin E paling tinggi. Dan vitamin E ini sangat penting untuk tubuh Anda. Sebab bisa membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  • Buah Yang Kaya Akan Lemak

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau yang dikenal juga dengan lemak baik. Lemak ini bisa membantu kesehatan jantung dan juga dapat menurunkan tekanan darah.

  • Untuk Ibu Hamil

Buah alpukat ini merupakan sumber alami dari asam folat. Sedangkan asam folat ini sangat diperlukan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin yang sehat.

Analisa Peluang Bisnis Es Doger

Siapa sih yang tidak kenal dengan es doger. Minuman yang menyegarkan ini digandrungi mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kesegaran dari es doger memang tidak ada yang mampu menolaknya terlebih dengan kenikmatan rasa yang dimiliki.

Es doger menjadi salah satu minuman segar yang paling banyak sekali dicari serta diminati oleh masyarakat.  Sajian dari es doger tampil menggoda dengan isian bahan dari paduan buah segar, daging kelapa muda, sirup dan juga es batu.

Minuman nikmat yang berasal dari kota bandung ini digandrungi oleh banyak orang. Untuk mencari es doger ini pun tidaklah sulit dimana banyak dijumpai di pinggiran jalan hingga pusat kota.

Es doger sangat mampu menyedot perhatian banyak orang sehingga menjadi sangat popular. Laris manisnya bisnis minuman ini menjadikan peluang bisnis es doger semakin menguntungkan.

Popularnya es doger dengan banyak peminatnya membuat pemasaran es doger menjadi sangat mudah. Sehingga menjalankan usaha bisnis es doger merupakan pilihan tepat dimana laba sangat menguntungkan.

  • Peluang Bisnis Untuk Es Doger

Peluang untuk bisnis es doger cukup terbilang sangat bagus dan sangat cerah. Bisnis es doger menjadi suatu pilihan sebuah bisnis minuman dari minuman segar yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni bisnis tersebut.

Peluang usaha minuman dari sebuah minuman segar yakni es doger masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja.

  • Prospek Dalam Menjalankan Bisnis Usaha Es Doger

Prospek dalam bisnis usaha es doger dapat dikatakan sangat cemerlang dan menguntungkan. Dimana melalui bisnis es doger ini dapat mendatangkan keuntungan bombastis. Bisnis yang bergelut dengan olahan es doger ini memiliki prospek sangat bagus dalam jangka ke depan.

  • Strategi Promosi Usaha Bisnis Es Doger

Pemasaran bisnis es doger juga bisa dilakukan dengan membuat es doger yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi minuman dari berbagai bahan campuran es doger dari media sosial baik faceboook, instagram, bbm, juga situs jual beli online dan lainnya.

  • Lokasi Strategis Dalam Usaha Bisnis Es Doger

Dalam berjualan miuman es doger, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis es doger dapat membuka booth atau stand di pusat perbelanjaan, dekat rumah sakit, pinggiran jalan raya, taman kota, sekitar kampus, tengah kota, dekat sekolah, pasar, dll.

  • Harga Jual

Patokan harga untuk minuman es doger dapat Anda buat dalam hitungan per porsi minuman dimana harga mulai Rp 4.000 hingga Rp 7.000.

Jadi sampai disini dulu pembahasan kita ya temen-temen dimulai dari asal mula tentang es doger lalu resep nikmat cara membuat es doger hingga analisa peluang usaha es doger. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat bagi temen-temen semuanya.

Oh iya temen-temen bagi temen-temen yang sudah melewatkan artikel saya yang menarik pada sebelumnya, kalian bisa melihatnya juga dengan ulasan Resep Cara Membuat Buras Bugis Lezat, dan Resep Rahasia Cara Membuat Nasi Liwet Lezat.

 

× Whatsapp Kami!