Select Page

Kali ini saya akan membahas mengenai kue yang manis rasanya. Apa itu? Olahan ini adalah Dadar Gulung dan saya akan memberi beberapa resep kue dadar gulung

Simak nih beberapa macam resep kue dadar yang bisa anda coba dirumah.

Beberapa Resep Kue Dadar Gulung yang Lezat

1. Resep Kue Dadar Gulung Coklat isi Vla

Bahan yang Dipersiapkan :

  • 150 gram Tepung terigu
  • 250 ml Susu UHT coklat (bisa campur UHT putih dan coklat)
  • secukupnya Air
  • Sejumput Garam
  • 1 sdt Baking powder
  • 2 sdm Margarin, cairkan
  • Vla instan, seduh dengan air hangat
  • 1 butir Telur

Langkah Membuat Dadar Gulung :

  1. Kocok telur, susu UHT, garam, baking powder sampai rata. Masukkan margarin yang sudah dicairkan.
  2. Dadar gulung isi vla siap disajikan.
  3. Tambahkan tepung terigu. Kocok adonan sampai menyatu. Tambahkan air sampai adonan agak cair. Ini penting biar si dadar bisa tipis tapi gak kering.
  4. Siapkan teflon antilengket. Buat dadar. Lakukan berulang sampai adonan habis. Gunakan satu centong sedang adonan untuk membuat satu dadar. Sisihkan.
  5. Seduh vla instan dengan air panas sampai kekentalan yang pas. Tidak cair dan tidak terlalu padat. Aduk rata.
  6. Taruh satu sendok makan vla di atas dadar coklat. Gulung. Sisihkan. Lakukan sampai dadar habis.

2. Dadar Gulung Pisang Coklat

Bahan Kulit Dadar :

  • 275 gr tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 buti rtelur
  • 50 ml minyak goreng
  • Secukupnya pasta dan pewarna coklat
  • 600 ml air

Bahan Vla Coklat :

  • 50 gr DCC
  • 2 sachet/ 80 gr SKM coklat
  • 3 sdm gula pasir
  • 150 ml air matang
  • 1 sdm tepung terigu dilarutkan dengan 100 ml air

Bahan Isian :

  • 13 buahPisang raja

Langkah Membuat Kue Dadar Gulung :

  1. Buat vla nya terlebih dahulu.. Campur semua bahan vla kecuali larutan tepung. Masak di atas kompor dengan api sedang sambil di aduk sampai mendidih. Kemudian masukkan larutan tepung dan terus aduk sampai vla mengental. Matikan kompor dan biarkan vla dingin. Sisihkan
  2. Selanjutnya buat adonan kulit. Campur semua bahan kulit dan aduk menggunakan whisk. Saat memasukkan air sebaiknya perlahan saja sambil diaduk sampai rata. Setelah tercampur rata, saring adonan agar tidak ada yg bergerindil. Diamkan adonan sebentar kira2 selama 15 menit.
  3. Sambil menunggu adonan kulit di diamkan, biat isiannya. Kupas pisang dan belah menjadi 2 bagian memanjang. Panggang di atas teflon dengan margarin. Sisihkan.
  4. Setelah 15 menit adonan di diamkan, panaskan teflon lalu olesi dengan minyak. Pastikan teflon sudah panas, yaitu kalo di oles minyak bunyak bunyinya ceeesssss.
  5. Lalu ambil adonan sebanyak 1 centong sayur dan dadar di atas teflon dengan api sedang sampai tidak ada bagian yang masih mentah. Angkat kulit dari teflon
  6. Olesi lagi teflon dengan minyak. Setiap akan menuang adonan, olesi dulu dengan minyak agar kulit bisa bopeng seperti khas dadar gulung. Kalo tidak dioles minyak dan api kurang panas, permukaan kulit akan halus seperti kulit risol
  7. Sambil menunggu kulit selanjutnya matang, isi kulit yang sudah matang dengan pisang dan vla coklat. Rapihkan lalu gulung. Lakukan sampai adonan habis.

3. Dadar Gulung Pandan

Bahan Isian :

  • 1/2 butir kelapa (jangan terlalu tua )
  • 3 butir gula merah (sesuai selera)
  • 2 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 1 sachet vanili
  • secukupnya Garam

Bahan Adonan :

  • Air pandan suji (secukupnya)
  • 1/4t epung terigu (merk m*la)
  • 3 sdm tepung kanji
  • 1 sachet vanili
  • sejumput Garam
  • 1 butir telur

Langkah Membuat Kue Dadar Gulung :

  1. Siapkan perasan pandan suji, gunakan untuk membuat adonan
  2. Tambahkan (tepung terigu, kanji, telur, vanili dan garam). Atur ke enceran adonan seperti membuat kulit lumpia.
  3. Untuk isiannya, siapkan wajan, masukkan (kelapa, gula merah, gula pasir, vanili, garam dan air)
  4. Siapkan teflon untuk membuat kulitnya, biarkan agak dingin, lalu isikan dengan isian yg sudah matang tadi
  5. Gulung, dan jadi deh. Yang tengah emang sengaja isi pake ubi ungu, hehehe enak juga kokšŸ˜

4. Dadar Gulung Pisang Coklat Keju

resep kue dadar gulung

Bahan Kulit :

  • 1 sdm gula halus
  • 5 sdm terigu (segi tiga biru)
  • 1 sdm maizena
  • 50 gram SKM coklat
  • 1 sdm santan instan
  • 240 ml air (air gelas kemasan)
  • 1 butir telur

Bahan Isian :

  • 3 biji Pisang (kepok kuning)
  • Blue band
  • Keju (Kraft Cheddar)
  • Meses Ceres Milk
  • SKM coklat

Langkah Membuat Kue Dadar Gulung :

  1. Pertama kita akan buat kulit dadar gulung
  2. Masukkan SKM coklat,gula,santan dan air dalam satu wadah dan aduk sampai semua tercampur merata
  3. Tuang pada wadah yang berisi terigu dan maizena dan campur sampai rata
  4. Agar kulit bisa halus saring adonan kulit
  5. Panaskan pan yang anti lengket dan tambah sedikit blue band
  6. Setelah pan panas dadar sedikit adonan sampai rata…(miringkan sedikit pan dan tuang adonan kulit ke bagian paling tinggi dari pan dan putar pan) jika sudah bergelembung angkat dan tuang ke piring..lakukan langkah ini sampai adonan habis
  7. Setelah selesai membuat kulit, selanjutnya kita siapkan isian
  8. Panggang pisang yang sudah di kupas dan di potong menjadi 4 bagian per pisang
  9. Tunggu sampai pisang matang dan berwarna kuning dan sedikit coklat
  10. Potong keju berbentuk persegi panjang sesuai panjang pisang
  11. Ambil kulit dadar gulung tambah pisang,keju,meses dan SKM coklat dan gulung seperti menggulung risol

5. Dadar Gulung Polkadot Ceria

  • 125 gr tepung terigu serbaguna
  • Sedikit margarin untuk olesan awal di teflon
  • 1 butir kuning telur
  • Secukupnya selai coklat untuk isian (boleh digantiĀ  sesuai selera saja)
  • 1/4 sdt garam
  • 325 ml larutan fibercreme (65 gr fibercreme+260 ml air, jumlah air bisa ditambah yang penting ukuran pas)
  • 1 sdm minyak sayur
  • Secukupnya pewarna makanan, warna apa saja sesuai selera

Langkah Membuat Kue Dadar Gulung :

  1. Campur semua bahan kulit, aduk sampai licin, saring adonan supaya hasilnya bagus, tidak bergerindil. Sisihkan secukupnya dalam wadah lain, lalu beri pewarna.
  2. Siapkan teflon, oles tipis dengan margarin, panaskan, gunakan api sedang cenderung kecil. Setelah panas, buat polkadotnya, ambil adonan menggunakan sendok teh, masukkan setetes-setetes hingga membentuk bulatan, lalu siramkan adonan kulit di atasnya.
  3. Kalau permukaan sudah terlihat kering, angkat. Lakukan sampai adonan habis
  4. Jika kulit sudah siap semua. Ambil satu per satu, isikan dengan selai coklat atau isian lainnya, gulung. Lakukan yg sama sampai habis. Siap disajikan.

Selain resep kue dadar gulung diatas ini nih ada juga manfaat yang terkandung di dalam daging kelapa muda. Kan di dalam olahan kue dadar gulung terdapat parutan kelapa.

Manfaat Mengkonsumsi Daging Kelapa Muda :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat bermanfaat dalam membantu penyerapan nutrisi yang masuk melalui makanan yang dikonsumsi. Nutrisi yang masuk itu di serap melalui bagian usus halus kemudian diedarkan melalui darah. Sistem pencernaan disebut sehat itu ditandai dengan lancarnya proses buang air besar.

Selain itu untuk melancarkan sistem pencernaan diperlukan serat yang cukup. Kandungan itu berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Salah satu buah yang kaya akan kandungan serat adalah daging kelapa. Kandungan serat didalam daging kelapa berjumlah sekitar kurang lebih 20 persen.

2.Ā Mencegah Penyakit Anemia

Anemia yaitu penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kadar hemoglobin di dalam sel darah merah tubuh kita. Hemoglobin pada sel darah merah tersebut berguna untuk mengikat oksigen yang diperlukan oleh darah kita. Tanda ā€“ tanda penyakit anemia antara lain sebagai berikut :

  • Mudah merasa lelah dan tidak bersemangat dalam melaksanakan aktifitas sehari ā€“ hari.
  • Sering merasakan pusing pada kepala.
  • Terlihat lebih pucat dari biasanya.

Tanda ā€“ tanda diatas bisa mengidentifikasi Anda menderita penyakit anemia. Untuk memastikannya lebih baik langsung ke klinik untuk melakukan pengecekan terhadab penyakit tersebut. Selain itu untuk pengobatan anemia secara alami Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi daging buah kelapa muda.

Ini sebab daging kelapa muda mengandung vitamin B yang baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah tubuh anda.

3.Ā Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol didalam tubuh tersebut berfungsi membantu pertumbuhan jaringan syaraf dan otak pada tubuuh. Cairan yang berwarna kuning emas ini setiap harinya diproduksi oleh organ hati. Selain berasal dari dalam tubuh, kolesterol berasal pula dari makanan seperti halnya kuning telur, jeroan dan daging.

Namun yang perlu untuk anda perhatikan yaitu kadar dari kolesterol tersebut. Karena kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi bagi tubuh yaitu salah satunya penayakit jantung.

Penyakit mematikan nomor satu ini banyak mengintai para orang yang menjalankan hidup yang tidak sehat. Untuk penyembuhannya sendiri banyak alternatif yang ditawarkan. Jika Anda berniatan untuk mencoba mendapatkan manfaat dari bahan alami.

Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi daging buah kelapa. Sebab daging buah kelapa mengandung lemak jenuh yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

4. Menambah Energi

Energi didalam tubuh kita berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari ā€“ hari. Makanan yang mengandung energi banyak berasal dari kandungan karbohidrat. Contoh antara lain adalah nasi putih, nasi merah, roti gandum dan daging kelapa muda.

Energi juga berguna untuk menambah stamina tubuh dalam melakukan berbagai aktifitas setiap harinya. Kekurangan energi didalam tubuh dapat menyebabkan tubuh kita menjadi mudah letih dan lemas. Hal ini tentu akan sangat menganggu pekerjaan Anda.

Oleh sebab itu setiap orang membutuhkan energi setiap harinya yang dihitung berdasarkan banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh tersebut. Semakin tinggi kalorinya berarti ketersedian energi semakin baik pula.

Daging kelapa muda mengandung energi sehingga dapat membantu Anda untuk menambah energi. Daging kelapa muda juga mengandung karbohidrat yang cukup. Sehingga saat mengonsumsi daging kelapa muda Anda akan merasakan rasa kenyang yang lebih lama dari biasanya.

Kandungan Dalam Satu Potong Kue Dadar Gulung

Kandungan Gizi :

  1. Kilo joule 581,576 kj
  2. Kalori 139 kkal
  3. Lemak tak Jenuh Ganda 0,265 g
  4. Kolesterol 45 mg
  5. Protein 2,82 g
  6. Lemak tak Jenuh Tunggal 0,708 g
  7. Karbohidrat 17,15 g
  8. Lemak 6,79 g
  9. Serat 1,1 g
  10. Gula 3,48 g
  11. Lemak Jenuh 5,273 g
  12. Sodium 40 mg
  13. Kalium 96 mg

5 Tips Membuat Kulit Dadar Gulung dengan Tekstur Sempurna

1. Pastikan Tekstur Adonan Sudah Pas

Untuk membuat kulit dadar yang sempurna, usahakan adonan memiliki tingkat kekentalan yang pas dan tercampur rata, hingga tidak menggumpal. Adonan kulit dadar yang baik adalah yaang tidak terlalu encer namun juga tidak terlalu kental.

Tuangkan air secara perlahan saat mencampur bahan-bahan sehingga kita bisa mengatur konsistensi adonan.

2. Saring Adonan

Bila adonan dadar gulung masih terlihat bergerindil atau menggumpal, saring terlebih dahulu agar lebih halus dan licin. Hal ini akan mencegah permukaan kulit dadar pecah dan tidak rata.

3. Panaskan Wajan Terlebih Dahulu

Sebelum memulai membuat dadar gulung, pastikan permukaan wajan sudah panas untuk menghasilkan permukaan kulit dadar yang ‘berpori-pori’. Setelah itu, oleskan margarin tipis hingga merata agar kulit dadar mudah diangkat dan dipindahkan.

4. Gunakan Sendok Sayur

Hindari membuat kulit dadar gulung yang terlalu tipis atau terlalu tebal. Kulit yang terlalu tipis akan membuatnya mudah sobek, sedangkan kulit yang terlalu tebal membuatnya sulit untuk dilipat.

Gunakan sendok sayur untuk mendapatkan takaran adonan yang pas saat menuang adonan ke dalam wajan. Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atas wajan dan lebarkan hingga rata.

5. Perhatikan Tingkat Kematangannya

Kulit dadar gulung yang sudah matang ditandai dengan munculnya pori-pori dan tekstur adonan yang agak kering. Jangan tunggu adonan hingga menjadi kering karena akan membuatnya mudah sobek saat dilipat.

Tips Membuat Kulit yang Berpori-Pori Cantik :

matang sempurna dengan pori-pori cantik di permukaannya. Mau tahu rahasianya? Simak yang satu ini!

1. Pastikan Tekstur Adonannya Tepat

Pada dasarnya, adonan kulit dadar gulung dibuat menggunakan terigu, air, santan, telur, sejumput garam, dan air suji atau pasta pandan untuk pewarna alami. Anda bisa mencampur semua bahan tersebut secara merata hingga teksturnya lembut, licin, dan tidak bergerindil.

Hal penting untuk membuat kulit dadar yang sempurna adalah konsistensi pada adonan tersebut. Sesuaikan takaran air dengan resep atau coba tuangkan air secara perlahan hingga menjadi tekstur yang agak kental tapi tidak begitu encer.

Jika andonan tersebut terlalu encer, hasilnya kulit dadar akan mudah sobek ketika sudah matang nanti.

2. Pastikan Wajan Panas Sebelum Adonan Masuk

Setelah adonan siap,kemudian panaskan wajan datar anti-lengket dengan menggunakan api sedang. Ketika sudah panas merata, lalu tuang adonan secukupnya di atas wajan.

Tanda bahwa wajan sudah benar-benar panas adalah bunyi desis yang muncul saat adonan dituang di atasnya. Kalau sudah seperti itu, dijamin kulit dadar gulung akan terlihat bentuk berpori. Namun jika anda masih ragu, bisa di cek dengan menuangkan setetes adonan di atas wajan terlebih dulu.

Cara menuangkan adonan, yaitu dengan cara angkat wajan panas sedikit menjauh dari api kompor tersebut. Di tangan yang satunya, ambil adonan secukupnya dengan sendok sayur, lalu tuang di atas wajan panas yang tadi.

Putar wajan hingga adonan tersebut dapat menutupi permukaannya secara merata dan kembalikan wajan di atas api komppor. Kecilkan api agar kulit dadar tak cepat gosong dan matang dengan rata.

Selain menggunakan wajan datar anti lengket, anda juga bisa membuat kulit dadar gulung dengan baik. Cara membuatnya, tinggal tuang adonan ke wadah penampung, kemudian celupkan bagian bawah wajan ke dalam adonan. Masak dengan posisi wajan terbalik hingga matang.

3. Perhatikan Kematangan Kulit Dadar

Kulit dadar yang matang dengan sempurna akan memunculkan pori-pori dengan tekstur yang agak kering. Jika sudah seperti itu, kulit dadar bisa diangkat dari wajan dengan mudah.

Tak perlu pakai spatula karena kulit dadar tersebut akan mudah lepas dari wajan anti-lengket, sehingga bisa langsung menelungkupkan wajan ke atas piring untuk wadah.

Perhatikan tekstur kulit dadar selama memasak supaya tidak terlalu kering ya, karena jika terlalu kering bisa-bisa menjadi crespes nantinya.

4. Simpan Kulit Dadar dalam Wadah jika Tak Ingin Langsung Dipakai

Jika anda akanĀ nyicilĀ membuat kulit dadar dari semalam sebelumnya. Nah kalau anda tak langsung mengolahnya jadi kudapan, masukkan kulit dadar yang sudah matang ke dalam wadah yang kedap udara memiliki ukuran cukup besar agar tidak cepat kering.

Setiap menumpuk kulit dadar tersebut, bisa beri alas plastik, daun, atau kertas agar kulit dadar tak saling menempel satu sama lainnya. Simpan dalam suhu ruang dan pastikan untuk mengolahnya sebelum 24 jam.

Nah itu tadi pemaparan mengenai beberapa macam resep kue dadar gulung yang bisa anda coba dirumah. Selain itu saya juga sedikit mengulas mengenai gizi yang terkandung didalam kue dadar gulung tersebut dan juga sedikit tips untuk memasak kue dadar gulung.

Bagi anda yang berkeinginan untuk membuat sesuatu olahan yang berbau santan ini nih ada sedikit reverensi yang bisa anda coba.

Resep Botok Udang yang Mudah dan Lezat Memanjakan Lidah Keluarga