Select Page

Kali ini saya akan membahas mengenai jajanan pasar yang saat ini sudah susah dicari. Saya bagi resep membuat lupis ketan yang khas banget nih.

Pasti banyak dari anda yang telah tahu resep membuat lupis ketan. Namun tak sedikit dari kita yang belum tau secara detail mengenai resep membuat lupis ketan.

Beriring dengan perkembangan waktu menjadi salah satu faktor banyaknya macam resep membuat lupis ketan. Simak nih beberapa macam resep membuat lupis yang nikmat.

4 Macam Resep Membuat Lupis Ketan yang Nikmat

1. Resep Cara Membuat Lupis Beras Ketan

resep membuat lupis ketan

Bahan yang Dipersiapkan Dalam Membuat Lupis Ketan :

  • 500 gram beras ketan
  • gula merah
  • 1 sdt tepung kanji
  • kelapa parut 1/2 butir
  • air kapur sirih 100 ml
  • 1 sdt garam
  • 500 ml air untuk merendam ketan

Langkah Pembuatan Lupis Ketan :

  1. Cuci beras ketan lalu rendam minimal satu hari setelah itu tiriskan.
  2. Campur beras ketan dengan menggunakan air kapur sirih dan garam.
  3. Aduk semua sampai merata dan bungkus dengan menggunakan daun pisang.
  4. Panaskan air sampai mendidih setelah itu lalu rebus kue lupis sampai masak kira kira kurang lebih selama satu jam.
  5. Buat saus lupis dengan cara mengiris gula merah dan tambahkan tepung kanji serta 100 ml air putih.
  6. Rebus bahan saus tersebut dengan api sedang sampai mendidih dan matikan api.
  7. Setelah semua siap anda dapat menghidangkannya sesuai selera anda. Biasanya dihidangkan dengan cara lupis dilumuri dengan saus gula merah dan kelapa.

2. Lupis Ketan Gula Merah

resep membuat lupis ketan

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 1 kg beras ketan
  • secukupnya Daun pisang
  • Tali untuk mengikat
  • Perisai pandan
  • Gula merah
  • 1 butir kelapa parut

Lang Membuat Lupis Ketan Gula Merah :

  1. Cuci bersih beras ketan kemudian rendam kurang lebih selama 1 jam, kemudian cuci kembali lalu tiriskan, parut kelapa campurkan sedikit garam kemudian kukus sebentar
  2. Cuci bersih daun pisang, kemudian kukus sebentar biar tidak keras atau agar tidak mudah sobek, sobek membentuk selembaran
  3. Campur, beras ketan, dan kelapa parut, beri perisai pandan, aduk sampai rata, kemudian bungkus, satu per satu hingga adonan habis, setelah selesai.
  4. rebus kurang lebih selama 1 jam, jika air rebus an, berkurang, tambah lagi,kalau sudah matang tutup dan biarkan sampai dingin kemudian tiriskan
  5. Untuk saus rebus gula merah, dengan tekstur yang kental agar kelihatan cantik seperti madu,kelapa parut yang sudah di kukus,
  6. Cara menghidangkan yaitu dengan cara buka daun pisang taruh di piring taburi kelapa parut yang sudah di kukus dan kasih sedikit garam, kemudian gula merah, lupis ketan gula merah siap di hidang kan sesuai selera anda

3. Lupis Ketan Ubi Kuah Durian

Bahan yang Dibutuhkan Dalam Pembuatan Lupis Ketan :

  • 1/4 kg beras ketan
  • Ubi Ungu 1/5 kg
  • 1 buah durian
  • 2 Liter Santan
  • 10 sdm gula
  • 3 sdm gula merah
  • 2 daun pandan
  • 1 roll daun pisang
  • Tusuk lidi

Langkah untuk Membuat Lupis Ketan :

  1. Rendam beras ketan dengan air selama kurang lebih 30 menit. Kemudian kukus ubi ungu hingga matang. Lalu hancurkan dan tambahkan 3 sdm gula pasir
  2. Kemudian tiriskan beras ketan dan potonglah daun pisang dengan lebar sekitar 6 cm. Lalu buatlah membentuk corong, masukkan beras ketan dan lipat hingga membentuk segitiga. Setelah itu tusuk dengan menggunakan lidi
  3. Lakukan hal yang sama pada ubi ungu
  4. Kemudian rebus ketan dengan air hingga matang. Kemudian tiriskan
  5. Setelah itu membuat kuah. Pisahkanlah durian dari biji atau boleh juga langsung memasukkan bersama biji.
  6. Kemudian panaskan juga santan, masukkan pandan, gula pasir dan gula merah aduk hingga semua mendidih
  7. Tunggu hingga dingin. Lalu masukkan ke dalam kulkas
  8. Enaknya dinikmati saat dalam keadaan dingin. Buka kulit lupis kemudian tuangkan kuah durian diatasnya.

4. Lupis Ketan

Bahan yang Dibutuhkan :

  • 500 gr beras ketan, cuci bersih, rendam 30 menit-1 jam
  • Secukupnya lidi/tusuk gigi/ benang elastis
  • Bahan taburan:
  • 1/2 butir kelapa parut kasar
  • Daun pisang untuk membungkus Secukupnya
  • Garam 1/4 sdt
  • 1 lembar daun pandan

Bahan Sirup Gula Merah :

  • 300 gr gula merah, sisir halus
  • 1 lembar daun pandan
  • 125 ml-150 ml air atau secukupnya (saya 125 ml)
  • Sejumput garam
  • 1 sdm maizena+sedikit air, supaya kental (optional)

Langkah Membuat Lupis Ketan :

  1. Ambillah selembar daun pisang, buat membentuk contong, isikan beras ketan sesuai dengan selera anda (saya sampai penuh, padatkan)
  2. Setelah itu lipat contong membentuk segitiga, padatkan, semat dengan menggunakan tusuk gigi/lidi agar rapat dan tidak ada celah yang terbuka. Lakukan hal yang sama hingga beras ketan habis.
  3. Panaskan air (sekiranya dirasa cukup untuk merebus semua lupis hingga terendam) hingga mendidih
  4. Masukkan lupis dan 2 lembar daun pandan (tambahan dari saya). Rebus selama kurang lebih 1, 5 jam (saya 2 jam). Jika air mulai menyusut, tambahkan lagi air panas supaya lupis tetap terendam air.
  5. Setelah kurang lebih selama 2 jam, matikan api. Angkat lupis, tiriskan hingga dingin.
  6. Rebuslah gula merah, air, garam, dan daun pandan hingga gula mencair keseluruhan. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga rata, biarkan hingga beberapa saat mendidih. Angkat, lalu dinginkan, saring.
  7. Kukus kelapa parut, garam, daun pandan sekitar 15 menit (saya 10 menit). Jika sudah matang angkat, dinginkan
  8. Cara menyajikan lupis ketan yaitu dengan cara buka bungkus kue lupis, taburi atau gulingkan ke kelapa parut yang telah dikukus. Siram menggunakan sirup gula merah

Manfaat Beras Ketan

1. Sebagai Sumber Energi

Secangkir beras ketan yang dimasak mengandung 169 kalori atau sekitar 8% dari rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori.

Bagian besar dari kandungan kalori tersebut, 83% berasal dari kandungan karbohidrat beras ketan, dimana dalam setiap porsinya menyediakan sekitar kurang lebih 36.7 gr karbohidrat.

Tubuh memerlukan karbohidrat kompleks, termasuk yang ditemukan dalam beras ketan yang nantinya akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian digunakan untuk bahan bakar  otak, hati dan fungsi otot.

Selain itu, dalam secangkir beras ketan memiliki sekitar 4%  tiamin, niacin yang juga sangat bermanfaat sebagai sumber energi yaitu dengan membantu metabolisme makanan menjadi bahan bakar.

2. Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan serat dalam secangkir beras ketan yang dimasak adalah kurang lebih 1,7 gr. Serat pada beras ketan juga menawarkan manfaat kesehatan, yaitu memberikan kontribusi untuk program diet tinggi serat.

Itu lah yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Membantu Menangkal Radikal Bebas

Selenium yaitu mineral penting yang diperlukan oleh tubuh kita  yang banyak terkandung dalam beras ketan.

Senyawa ini bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Mengatur Aktivitas Hormon Tiroid

Kandungan Selenium dalam beras ketan juga bermanfaat untuk kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktivitas hormon tiroid dan membantu pembuluh darah berfungsi dengan baik.

Setiap cangkir beras ketan yang dimasak mengandung kurang lebih sebanyak 9,7 mg selenium, atau sekitar 18% dari rekomendasi asupa harian tubuh kita.

5. Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh agar Tetap Sehat

Beras ketan juga menawarkan kandungan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan karena zat tersebut berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

Metabolisme yang sehat akan membantu memproses karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh.

Vitamin B-6 mencegah anemia dengan membuat sel-sel darah merah, dan menghasilkan neurotransmitter serotonin, yang mengatur nafsu makan dan suasana hati.

Dalam dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness, namun konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil lebih dari 100 miligram setiap hari karena terlalu banyak vitamin B-6 dari suplemen dapat menyebabkan masalah neurologis.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat beras ketan yang cukup berperan salah satunya yaitu berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Menurut Institute of Medicine, kandungan mangan dalam beras ketan juga dapat membantu membuat proteoglikan

Proteoglikan merupakan sejenis protein yang diperlukan untuk menjaga tulang rawan serta jaringan tulang lainnya agar tetap dalam keadaan yang sehat.

Setiap porsi ketan menyajikan asupan mangan sekitar kurang lebih 0,5 miligram atau sekitar 22% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 28% untuk perempuan.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh agar Tetap Sehat

Beras ketan menjadi sumber prebiotik yang baik bagi tubuh yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik yang biasanya hidup di usus kita dan yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kita.

Selain itu kandungan zinc dalam beras ketan juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sepanjang tahun.

Seorang wanita membutuhkan sekitar 8 mg kandungan zinc atau seng setiap harinya, kecuali bagi mereka wanita yang sedang hamil, mereka membutuhkan lebih banyak yaitu sekitar 11 mg zinc

Karena hal itu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin secara normal. Satu cangkir nasi ketan memiliki kurang lebih sekitar 0,7 mg atau 9% dari rekomendasi harian.

8. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat didalam beras ketan sangat baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh kita.

Dalam secangkir sajian beras ketan yang dimasak mampu menghasilkan sekitar 1,7 gr serat atau sekitar 7% dari asupan harian yang direkomendasikan bagi seorang wanita yaitu sekitar 25 gr.

9. Membantu Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B-6 didalam beras ketan mampu mencegah penyakit anemia dengan cara membantu memproduksi sel-sel darah merah pada sistem peredaran darah ditubuh kita.

Dalam secangkir beras ketan itu menyajikan sekitar 4% vitamin B6 dari rekomendasi asupan harian bagi tubuh kita.

10. Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Vitamin B6 yang terkandung didalam beras ketan mampu menghasilkan neurotransmitter serotonin yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan juga suasana hati.

Dalam dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness.

11. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan asam amino dan anti-oksidan yang ada dalam beras ketan dapat membantu merwat kesehatan kulit, yang nantinya dapat mencegah penuaan dini.

Memang beras ketan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi sebaiknya selalu memperhatikan batas konsumsi yang aman bagi tubuh kita.

Beras ketan digunakan dalam berbagai macam jenis masakan di beberapa negara karena memiliki glikemik yang tinggi karena kandungan amilopektin.

Karena beras ketan memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu 87, maka  membuat ketan tersebut tidak sehat bagi penderita diabetes.

Makanan dengan glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan komplikasi kardiovaskular pada penderita diabetes.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B-6 dapat menyebabkan masalah neurologis.

Cara Membuat Santan Kental

Bahan-Bahan Cara Membuat Santan Kental

  • ½ buah kelapa parut
  • 750ml air panas

Langkah-Langkah Cara Membuat santan kental

  • Masukkan kelapa parut dengan 250ml air panas dalam satu wadah. Diamkan sesaat hingga turun suhunya.
  • Remas-remas campuran tersebut hingga keluar sari dari kelapa.
  • Berikutnya peras kelapa parut di atas saringan. Pisahkan ampas di wadah lain. Remas terus hingga seluruh parutan kelapa terperas.
  • Siapkan mangkuk untuk menampung santan beserta saringan di atasnya.
  • Tuang kembali 250ml air panas ke mangkuk berisi ampas kelapa yang sudah diperas tadi. Diamkan sesaat lalu lakukan remas kembali seperti cara sebelumnya.

Tips-Tips Memilih  Kelapa Yang Baik Untuk Membuat Santan

Agar dapat menghasilkan sebuah santan kelapa yang baik seharusnya kalian juga dapat memilih beberapa kriteria kelapa-kelapa yang baik agar dapat menghasilkan santan yang bekualitas tinggi. Karena makanan sehat adalah idaman semua manusia, langsung saja berikut tips-tipsnya:

  • Tentukan keperluannya
  • Membedakan kelapa yang tua dan yang muda
  • Aroma dan bau
  • Proses pengolahan

5 Tips Cara Menyimpan Santan Agar Tidak Mudah Basi

Jika pada pembahasan awal tadi saya sudah membahas tentang cara membuat santan kental maka kali ini saya akan membahas cara menyimpan santan yang sudah dibuat tadi agar tidak mudah basi jadi berikut langkah-langkahnya.

1. Simpan Santan Di Wadah Tertutup

Santan merupakan salah satu bahan makanan yang rentan busuk bila disimpan di wadah terbuka. Menggunakan sembarang tempat untuk menyimpan santan hanya akan meningkatkan risiko santan terkontaminasi kotoran, debu, serta bakteri yang akan mempercepat pembusukan.

Agar santan lebih awet, sebaiknya saring santan sebanyak dua kali hingga kotoran benar-benar hilang. Lalu, simpanlah santan di dalam wadah kedap udara yang sebelumnya sudah dicuci menggunakan air panas.

2. Rebus Santan Dengan Garam Sebelum Disimpan

Santan segar hanya dapat bertahan selama dua hari sebelum akhirnya mengalami pembusukan. Bila kamu ingin menyimpan santan dalam waktu lama, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah merebusnya bersama beberapa jumput garam.

Taburkan setengah hingga satu sendok teh garam ke dalam santan, lalu biarkan hingga mendidih dan mengeluarkan letupan. Selain membuat santan lebih awet, garam dapat meningkatkan rasa gurih dan lezat pada santan.

3. Simpan Di Dalam Freezer

Santan yang telah direbus akan bertahan hingga empat hari bila disimpan di dalam kulkas. Namun, kamu dapat memperpanjang usia kesegaran santan dengan menyimpannya ke dalam freezer.

Dengan menyimpannya ke dalam sebuah freezer, santan akan tetap segar selama satu hingga dua bulan lamanya. Ketika akan diolah, pindahkan santan dari freezer lalu biarkan hingga santan benar-benar mencair.

4. Beri Lebel Tanggal Pada Wadah Pembungkus

Sebelum dibekukan ke dalam sebuah freezer, jangan lupa untuk mencantumkan tanggal penyimpanan santan. Dengan begitu anda akan mengetahui masa kedaluwarsa santan buatan anda tersebut.

Selain itu, pencantuman tanggal tersebut akan menurunkan risiko pembusukan santan, karena terlalu lama santan tersebut disimpan di dalam kulkas.

5. Hindari Penggunaan Wadah Berbahan Logam

Dan, yang terakhir adalah jangan menyimpan santan menggunakan wadah yang terbuat dari besi atau logam lainnya. Menyimpan santan menggunakan wadah logam akan mempengaruhi rasa asli santan.

Bukan hanya itu, bagian tutup pada wadah logam umumnya tidak serapat wadah kedap udara, sehingga bakteri lebih mudah atau rentan menempel dan merusak santan.

Ciri-Ciri Santan Yang Baik

Agar anda tau bahwa santan yang anda buat atau beli itu adalah santan yang sehat dan baik maka saat ini saya juga akan memberikan pembahasan sedikit tentang ciri-ciri santan yang baik.

  • Tidak bau tengik
  •  Rasanya gurih dan sedikit manis
  •  Tidak pecah/memisah ketika dimasak

Manfaat Dari Santan

Nah dari tips-tips tersebut dan cara membuat santan kental tadi saya juga akan memberikan informasi tentang berbagai macam manfaat santan yang dapat kamu ketahui, dengan demikian hal ini juga dapat memberikan sedikit pengetahuan lagi untuk kalian semuanya.

1. Nutrisi

Santan mengandung vitamin, mineral, elektrolit, potasium, kalsium, dan khlorida. Hanya pada satu jenis bahan makanan, Anda bisa memperoleh berbagai nutrisi di dalamnya.

Jadi santan sangat meiliki banyak sekali nutrisi yang dikandungnya.

2. Lemak Jenuh

Santan memiliki kandungan lemak jenuh yang tersusun dari asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai sedang.

Lemak-lemak tersebut cepat berubah menjadi energi daripada menumpuk di dalam tubuh.Maka dari itu meski santan mengandung lemak jenuh, Anda tetap bisa mengkonsumsinya ketika sedang diet.

3. Asam Laurat

Setengahnya dari sebuah asam lemak jenuh rantai sedang terdiri atas asam laurat yang memiliki fungsi sebagai anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-jamur.

Dalam arti lain, santan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meredakan Sakit

Ketika anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul,cobalah untuk mengkonsumsi santan. Cara tersebut dipercaya dapat meredakan penyakit tersebut.

Jadi disamping untuk bahan makanan santan juga bisa digunakan sebagai obat.

5. Perawatan Kulit

Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Dan bisa juga digunakan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur.

Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.

Selain olahan ini ada juga nih masakan yang tak kalah nikmatnya buat anda yang penasaran dan ingin coba

Cara Membuat Agar Agar Santan Gula Merah yang Lezat

Selamat mencoba dan semoga berhasil serta sedikit pemaparan tentang manfaat ketan dan santan tadi bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk anda semua.